• Home
  • Advertorial
  • Acara Pencanangan Bhakti Sosial TNI Manunggal KB Kes Nasional 2017 Di Kabupaten Rokan Hulu
Jumat, 07 April 2017 01:32:00

Acara Pencanangan Bhakti Sosial TNI Manunggal KB Kes Nasional 2017 Di Kabupaten Rokan Hulu

Surya Patrianto
IRJEN TNI Letjen Muhammad Setyo Sularso SIP dalam Sambutan dan Pembukaan Bhakti Sosial TNI Manunggal KB Kes Tingkat Nasional 2017 yang di pusatkan di kabupaten Rokan Hulu
ROKANHULU, RIAUONE.COM - Panglima TNI diwakili oleh IRJEN TNI Letjen Muhammad Setyo Sularso SIP Secara Resmi membuka Acara Pencanangan Bhakti Sosial TNI Manunggal KB Kes Tingkat Nasional 2017 yang dipusatkan di Kabupaten Rokan Hulu, dilaksanakan di lapangan Kantor Bupati Rokan Hulu, Riau, pada Hari Kamis (6/4/17).
 
Dalam acara tersebut dihadiri IRJEN TNI Letjen TNI Setyo Sularso SIP, SESTAMA (Sekretaris Utama) BKKBN RI H.Nofrijal SP MA, Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnaen Adinegara. Pangdam I Bukit Barisan Mayjen Cucun Sumantri, Danrem 031 Wirabima Brigjen Abdul Karim, Plt Bupati Rokan Hulu H.Sukiman, perwakilan dari Pemprov Riau, perwakilan dari kabupaten/kota se-Riau, para perwira TNI se-Riau, Forkompinda di Provinsi Riau, anggota DPRD Riau Hj. Magdalisni dan Masgaul Yunus, Dandim 0313/ KPR Letkol Kav. Yudi Prasetyo, Kapolres Rohul AKBP Yusup Rahmanto dan jajaran, Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri SH, para pejabat di lingkungan Pemkab Rohul, Ormas, dan undangan lainnya.
 
Amanat Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, yang disampaikan oleh Letjen TNI Muhammad  Setyo Sularso SIP, dalam acara yang dipusatkan di lapangan kantor Bupati Rohul, mengatakan, bahwa TNI dengan Babinsa hanya sebagai ujung tombak di wilayah yang selama ini telah ikut serta membantu mensukseskan program Keluarga Berencana (KB).
 
Pada tahun-tahun sebelumnya, TNI hanya mendapat porsi tugas sebagai pembantu petugas lapangan KB, atau hanya berperan sebagai pelaksana belakang.
 
Namun saat ini, peran para Babinsa, TNI ikut dalam mensukseskan program KB, dan sudah semakin nyata dengan telah diberikan kemampuan para aparat, khususnya Danramil dan Babinsa sehingga dapat membantu terwujudnya program 'Kampung Keluarga Berencana' di setiap kecamatan, dengan tetap menjalin sinergitas antar dinas dan instansi terkait di wilayah tetorialnya masing-masing.
 
"Pada kesempatan ini saya menyampaikan apresiasi atas dukungan Pemerintah Daerah Provinsi Riau, khususnya Bupati Rokan Hulu dan jajarannya yang telah dengan penuh dedikasi menyumbangkan segala tenaga dan pikirannya menfasilitasi penyelenggaraan kegiatan ini sehingga berjalan dengan lancar," Papar Letjen Muhammad Setyo Sularso SIP, Pria yang Lahir di Purworejo, Jawa Tengah, pada tahun 27 Mei 1959 ini.
 
Kepala BKKBN RI diwakili Sekretaris Utama BKKBN RI H.Nofrijal SP, MA, mengatakan Babinsa TNI sebagai tenaga penggerak dan motivator di lini lapangan sangat membantu mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada dengan adanya integrasi kegiatan yang sinergis antara BKKBN dengan TNI dan lintas sektor, baik lembaga eksekutif dan legislatif, LSM sektor swasta maupun tokoh masyarakat.
 
Setidaknya, Babinsa ikut memperkuat kembali program KKBPK di lapangan, yakni Pencanangan Bakti Sosial TNI KB-Kes. Pemerintah sangat mengharapkan TNI terus berkontribusi nyata dalam meningkatkan kesertaan masyarakat dalam program KKBPK, dan dapat menjangkau sasaran sampai dengan daerah-daerah terpencil tertinggal.
 
BKKBN, diakui Nofrijal, mendapat mandat untuk turut mewujudkan sembilan agenda prioritas pembangunan Nawacita di pemerintahan Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) 2015-2019.
 
Melalui Program KKBPK, BKKBN mendukung upaya mewujudkan Nawacita, seperti membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam rangka negara kesatuan.
 
"Program KKBPK harus dapat menjangkau wilayah-wilayah dengan kriteria miskin padat penduduk, wilayah nelayan, daerah kumuh dan daerah tepi," terang Nofrijal.
 
Salah satu upaya nyata pencapaian Program KKBPK, pemerintah telah membentuk Kampung KB, sesuai program Presiden Jokowi disampaikan saat hadiri acara di Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat pada 14 Januari 2016.
 
Berdasarkan laporan pelaksanaan program dan kegiatan di kampung KB, TNI diharapkan bersama lintas sektor untuk menggerakkan dan memfasilitasi pembangunan di Kampung KB.
 
Ketua Panitia Pencanangan TNI KB-Kes Nasional 2017, Kolonel Inf. Amrin Ibrahim SIP, menjabat Kasiter Korem 031/ Wira Bima, mengatakan tujuan acara nasional ini adalah pencapaian Program KKBPK (Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga), melalui Bakti Sosial KB-Kes untuk mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan masyarakat sehat.
 
Sasaran dari Pencanangan TNI KB-Kes sendiri, ungkap Kolonel Inf. Amrin Ibrahim SIP, menurunkan laju pertumbuhan penduduk (LPP), menurunnya angka kelahiran total (TFR) per wus (15-49 tahun), meningkatkan pemakaian kontrasepsi (CPR), menurunnya kebutuhan ber-KB yang tidak terpenuhi, menurunkan angka kelahiran pada rema usia 15-19 tahun (ASFR 15-19 tahun), serta menurunkan kehamilan yang tidak diinginkan dan WUS (15-49 tahun).
 
Pada acara nasional dipusatkan di Pasirpangaraian, ungkap Kolonel Inf. Amrin Ibrahim SIP, ada beberapa rangkaian seperti Gelanggang Dagang, pelayanan operasi katarak di RSUD dengan target 500 orang, pelayanan KB MOW 250 akseptor, MOP 22 akseptor, IUD dan Implan 200 akseptor.
 
Adalagi sunatan massal 100 anak, Jambore Kader Kampung KB melibatkan 12 Kampung KB mulai 4-6 April 2017, perkemahan Saka Kencana diikuti 150 anggota Pramuka Rohul, Pencanangan Kampung KB di 12 lokasi di Rohul.
 
Plt Bupati Rohul H. Sukiman selaku tuan rumah, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang ke para undangan, dan ucapan terimakasih yang tidak terhingga, serta penghargaan setinggi-tingginya ke Panglima TNI dan Kepala BKKBN RI karena telah menunjuk Kabupaten Rohul sebagai lokasi Pencanangan TNI KB-Kes Nasional Tahun 2017.
 
Sukiman mengungkapkan, Kabupaten Rohul yang merupakan kabupaten pemekaran terbentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 53 Tahun 1999 dengan luas wilayah sekira 7.449 kilometer persegi.
 
Namun dalam kurun waktu 17 tahun, perkembangan penduduk di Kabupaten Rohul telah mencapai lebih kurang 212.278 jiwa atau mengalami kenaikan sekitar 95 persen.
 
Untuk mencegah laju perkembangan penduduk yang demikian cepat, diakui Sukiman, sangat tepat bila Program Bhakti Sosial TNI KB-Kes Nasional 2017 dilaksanakan di daerahnya.
 
"Terima kasih kepada Panglima TNI dan Kepala BKKBN sudah menunjuk Rokan Hulu sebagai tuan rumah," Ucap Plt Bupati Rohul Sukiman dalam sambutannya.(Adv/Hum/Sur)
Share
Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    Dihari Ketiga Pencarian Korban Tenggelam Di Sungai Rokan, Belum Membuahkan Hasil

    ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Dihari ketiga pencarian korban tenggelam di sungai Rokan belum mendapatkan hasil, Debit air sungai Rokan naik serta kondisi air keruh.
  • 6 hari lalu

    Kembali Sungai Rokan Menelan Korban, Kali Ini Di Muara Dilam

    ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Seorang kernet mobil truck pengangkut buah sawit, tenggelam di Sungai Rokan, saat mandi di sekitar tempat penyebrangan ponton PT. SAMS Muara Dilam
  • 2 minggu lalu

    Beginilah Posisi Korban Tenggelam Di Sungai Rokan Ditemukan

    ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Telah ditemukannya korban orang tenggelam di sungai Rokan, pagi tadi pukul 07:00 WIB selasa (5/12/17) membuat buat hati lega pihak keluarga korban
  • 2 minggu lalu

    Upaya Pencarian Korban Tenggelam Di Sungai Rokan Belum Ada Titik Terang

    ROKAN HULU, RIAUONE.COM -  BPBD Rohul, TNI, POLRI, dan Masyarakat berupaya melakukan pencarian korban tenggelam sekitar pukul

  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2017 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.