• Home
  • Advertorial
  • Bupati Rohul Suparman Hadiri Balimau Cono Di Ujung Batu, Janjikan Turap Miring
Sabtu, 27 Mei 2017 02:16:00

Bupati Rohul Suparman Hadiri Balimau Cono Di Ujung Batu, Janjikan Turap Miring

SURYA PATRIANTO
ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Bupati Rokan Hulu H.Suparman S.Sos M.Si pada Hari Jumat Sekitar Pukul 14:00 WIB menghadiri Acara Balimau Cono Dan Final Lomba Pacu Perahu Sampan Di Tepian Sungai Rokan Desa Suka Damai Kecamatan Ujung Batu.
 
Dalam Acara tersebut turut Hadir Ketua DPRD Rokan Hulu Kelmi Amri, serta Anggota DPRD dari Partai Nasdem Teddy Mirza Dal, Nono Patria dari Patai Golkar, Gusri dari Partai Demokrat, Waka Polres Rohul Forkompinda,Ka Lapas Rohul, Dandim, Camat Ujung Batu Fisman Hendri S.Hut, Kapolsek Ujung batu, KOMPOL Kari Amsah Ritonga SH, SIK, dan juga Para Tokoh Masyarakat Ujung batu. 
 
Balimau Cono adalah Sebuah Tradisi Masyarakat Ujung batu Dalam menyambut bulan Suci Ramadhan dengan Melakukan Mandi di Sungai, yang diselenggarakan satu hari sebelum menjalankan Ibadah Puasa, konon menurut cerita Balimau Cono itu sebagai wujud untuk membersihkan badan dari segala kotoran, yang sudah dilakukan turun temurun, sehingga menjadikan tradisi tahunan bagi Masyarakat Ujung batu dan sekitarnya.
 
"Tradisi Balimau cono adalah sebagai budaya dari Masyarakat Ujung Batu yang patut dikembangkan sebagai Obyek wisata, untuk lebih menarik dan menjadi daya tarik para wisata harus lebih meriah lagi dengan Event Event lainnya, tak hanya lomba pacu perahu",Pinta Bupati Rokan Hulu.
 
"Masyarakat Ujung Batu yang beragam dari berbagai suku, harus bersatu padu, demi menghindari gesekan gesekan dan benturan antar golongan, Ujung batu ibaratnya adalah Texas nya Rokan Hulu, dan belum lama ini ada kejadian di sebuah Kafe, yang menelan Korban"Papar Suparman.
 
Sementara itu Tokoh Masyarakat Ujung Batu sekaligus Ketua Partai Nasdem Rokan Teddy Mirza Dal mengatakan Balimau Cono Dicanangkan pada tahun 1989 menjadi tradisi oleh Masyarakat Desa Suka Damai, diharapkan event ini sebagai Wisata adat desa Suka damai dan khususnya Ujung Batu dan umumnya Rokan Hulu.
 
Selanjutnya Teddy menanggapi tentang Isu Diskriminasi Suku, Ras dan Agama "Saya selama ini tidak membeda bedakan antara beberapa tokoh dari berbagai suku, Saya berada di tengah tengah suku yang ada, saya Nasionalis, saya sebagai tokoh putra daerah yang membawahi desa Suka Damai dan Pematang Tebih, selalu menjaga hubungan dengan pemerintah dan pihak Kepolisian juga TNI dalam menjaga keamanan daerah ini, saya berpesan kepada Dewan  Dewan Perwakilan Rakyat yang lain yang punya massa yang punya pengikut agar tidak memanfaatkan suku suku ini dijadikan kepentingan pribadi, tetapi harus dijadikan sebagai keaneka ragaman ini, yang menjadikan Rokan Hulu Indah dan Damai".
 
Camat Ujung Batu Fisman Hendri S.Hut mengatakan pacu sampan berjalan dengan baik dan untuk Acara di tahun depan akan ditingkatkan lagi untuk menjadikan sebagai obyek pariwisata Rokan Hulu Tahunan di kecamatan Ujung Batu.
 
"Dalam Acara ini. Semua Pemuda Mendukung, dulu Para pemuda mengadu kepada saya seperti Ayam kehilangan Induk, maka Saya bimbing dan Alkhamdulillah Pak Bupati pun Dapat Hadir dalam Acara ini dan mendukung",Ungkap Fisman.
 
"Untuk mendukung Sebagai tempat Pariwisata Pak Bupati mengutarakan akan dibikin Turap miring di sisi tepi air di areal Balimau cono, agar tidak terjadi longsor dan membuat para pengunjung merasa aman".Pungkas Camat Ujung Batu.(Sur)
 
Share
Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Diapresiasi Pusat, Bupati Wardan Ekspos Keberhasilan Progam DMIJ

    TEMBILAHAN, RIAU,  - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan menggelar ekpos terhadap pencapaian program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) di Kementerian Desa Pembangunan D
  • 4 hari lalu

    Dihari Ketiga Pencarian Korban Tenggelam Di Sungai Rokan, Belum Membuahkan Hasil

    ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Dihari ketiga pencarian korban tenggelam di sungai Rokan belum mendapatkan hasil, Debit air sungai Rokan naik serta kondisi air keruh.
  • 6 hari lalu

    Kembali Sungai Rokan Menelan Korban, Kali Ini Di Muara Dilam

    ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Seorang kernet mobil truck pengangkut buah sawit, tenggelam di Sungai Rokan, saat mandi di sekitar tempat penyebrangan ponton PT. SAMS Muara Dilam
  • 2 minggu lalu

    Beginilah Posisi Korban Tenggelam Di Sungai Rokan Ditemukan

    ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Telah ditemukannya korban orang tenggelam di sungai Rokan, pagi tadi pukul 07:00 WIB selasa (5/12/17) membuat buat hati lega pihak keluarga korban
  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2017 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.