• Home
  • Advertorial
  • Bupati Suparman Dan Mantan Bupati Rohul, Achmad, Bokoba di Stand LAMR Rokan Hulu EXPO 2017
Jumat, 13 Oktober 2017 14:35:00

Bupati Suparman Dan Mantan Bupati Rohul, Achmad, Bokoba di Stand LAMR Rokan Hulu EXPO 2017

Surya Patrianto
ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Bupati Rokan Hulu (Rohul), H. Suparman.S.Sos yang bergelar Datuk Setia Amanah Sutan Betua bersama mantan Bupati Rohul, Drs,H Achmad.M.Si bergelar Datuk Malin Betuah, menyampaikan pesan lewat Bokoba atau Bekabar di stand Rokan Hulu Expo 2017, lapangan Dataran Tinggi Pematang Baih, Desa Pematang Berangan, Kecamatan Rambah.
 
 
Dalam melakukan kegiatan  bakoba yang digelar Rabu (11/10/17) oleh LAMR Rohul, juga dihadir sejumlah Tokoh Adat Riau yang ikut mampir ke stand LAMR yang ada di Rokan Hulu Expo 2017, seperti sejumlah pengurus Himpunan Keluarga Rokan Hulu (HKR) Pekanbaru, salah satunya Yuherman Yusuf yang juga ketua salah satu bidang di MKA LAM Riau.
 
 
Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri SH, turut hadir dalam acara tersebut dan didampingi oleh Ketua LAMR Rohul H. Zulyadaini bergelar Datuk Saudagar Kayo.
 
 
Menurut Sekretaris Panitia Stand LAMR Rohul Andry Jusny Yusuf, yang didampingi Ketua Panitia Stand LAMR Rohul‎ Laksmana Heri‎ mengungkapkan, semula Bupati Rohul Suparman Bokoba, sambil menabuh berudah diiringi musik dengan pembawa acara ‎Bokoba oleh Maestro Bakoba Rohul Datuk Taslim.
 
 
Pada saat Bokoba, Bupati Suparman, menyampaikan beberapa nasehat, salah satunya nasehat untuk anak-anak Rohul agar rajin bersekolah, "elok-eloklah nak, copek godanglah, godang bersekolahlah nak. Jangan jahat, maklumlah nak sayang, pergaulan kini. Jadilah nak urang beguno untuk nogori", (baik-baiklah nak, cepat besar, kalau sudah besar bersekolahlah nak. Jangan jahat, maklumlah nak sayang, pergaulan saat ini. Jadilah nak orang berguna untuk negeri).
 
 
Pada saat Bupati Suparman Bakoba, stand LAMR Rohul ramai oleh pengunjung yang lewat. Karena mereka ingin melihat bagaimana seorang Bupati Bakoba yang merupakan sudah budaya turun menurun di suku Melayu Rohul.
 
 
Setelah Bupati Suparman Bokoba, sekitar 30 menit mantan Bupati Rohul dua periode, Achmad, juga berkunjung ke stand LAMR Rohul dan kebetulan Bupati lewat, dirinya meminta Achmad juga Bokoba di stand LAMR Rohul.
 
 
Pesan Achmad dalam Bokobanya seperti ini, "kok gamak-gamak udang, motan juo yang diliekkannyo. Kalau awak bomamak ko mamak urang, nan tido-tidokan dibueknyo". Kata Achmad dalam bahasa Melayu Rohul.
 
 
Menurut Andry Jusny, budaya Bokoba sudah jadi turun temurun di adat Melayu Rohul. Dan hal ini telah menjadi tugas LAMR dalam melestarikan budaya daerah yang mulai dilupakan para generasi muda.
 
 
Andry Jusny mengakui baru pertama kalinya,  LAMR Rohul ikut berkontribusi dan membuat stand di Rokan Hulu Expo 2017, sebagai salah satu kegiatan untuk melestarikan budaya Melayu Rohul, upaya membangkitkan semangat generasi muda atas identitas Melayu itu sendiri.
 
 
“Tidak bisa dipungkiri, fakta sejarahnya Rohul berdiri atas lima Luhak (kerajaan) yang ada," jelas Andry Jusny.
 
 
Kemudian, di stand LAMR Rohul, pengunjung bisa selfie di miniatur singgasana‎ dengan dikawal Hulu Balang yang memegang tombak dan pedang, merupakan senjata peninggalan dari suku asli Melayu Rohul. Selama kegiatan, stand LAMR Rohul juga tetap menyajikan ‎Beceloteh Melayu.(ADV/HUM/Sur)
 
 
Share
Berita Terkait
  • 9 jam lalu

    Sang Ayah Bejad Cabuli Anak Kandungnya Hingga Berulang Kali

    ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Perbuatan seorang ayah yang sangat bejad, anak kandungnya sendiri yang masih dibawah umir, sedang beranja

  • 5 hari lalu

    HUT Rohul Ke 18, Bupati Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Bangun Rohul

    ROKAN HULU, RIAUONE
    COM - Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Suparman S.Sos, M.Si pimpin upacara hari jadi Ro

  • 2 minggu lalu

    Kartika..!! Dimana Kini Engkau Berada Sudah 3 Hari Tak Pulang

    ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Kartika (45) Warga Desa Pasir maju kecamatan Rambah, Rohul, sejak hari Senin pagi 2 Oktober 2017 hingga saat berita ini ditulis belum juga pulang
  • 2 minggu lalu

    Open Turnamen Sepak Bola Sontang Cup. Resmi Dibuka

    ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Sedikitnya 35 klub sepak bola dari berbagai daerah ikut meramaikan Open Turnamen Sepak Bola Sontang CUP tahun 2017, Kecamatan Bonai Darussalam kab
  • Komentar
    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99

    Copyright © 2012 - 2017 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.