Selasa, 01 Maret 2016 08:04:00

Diskes Inhil Imbau Satu Rumah Satu "Jumantik "

Tenaga Kesehatan Inhil menaburkan bubuk abate di saluran air
Loading...
RIAUONE.COM,TEMBILAHAN,ROC - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir mengimbau kepada masyarakat agar melakukan gerakan Satu Rumah Satu "Jumantik".
 
Gerakan ini dalam upaya untuk melakukan pencegahan dini terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di daerah ini.
 
"Jumatik itu merupakan singkatan dari juru pemantau jentik. Anggotanya yah  masyarakat itu sendiri yang secara sukarela memantau keberadaan jentik nyamuk Aedes aegypti di lingkungannya, melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) secara rutin," jelas Kepala Dinas Kebersihan Inhil, H Zainal Arifin, kepada riauone.com disela-sela kegiatan Gerakan Jumat Bersih di Puskesmas Tembilahan Hulu belum lama ini.
 
Jumantik juga Menurut Zainal, berperan untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapaan masyarakat menghadapi demam berdarah dengue (DBD). 
 
Salah satu faktor penular penyakit DBD, dikatannya yaitu nyamuk Aedes aegypti senang berkembang biak di genangan air yang bersih di sekitar lingkungan kita.
 
"Musim hujan airnya cukup bersih, banyak genangan di talang rumah, bak mandi, bahkan di daun.Nyamuk senang sekali bertelur di sana sehingga banyak jentik nyamuk. Memang yang harus kita basmi ya jentik-jentik nyamuk ini," ujarnya.
 
Kadis Kesehatan juga menambahkan bahwa menghilangkan jentik-jentik nyamuk (larva) itu lebih mudah daripada mengendalikan saat sudah menjadi nyamuk dewasa.
 
"Untuk pemberantasan jentik ini kita bisa lakukan berbagai cara, salah satunya adalah menaburkan bubuk abate (abateisasi) di tempat-tempat yang sulit dijangkau. Membasmi jentik lebih lebih muda dari pada mengendalikan nyamuk yang sudah dewasa, "tambahnya.(san).
 
Share
Loading...
Berita Terkait
  • 2 tahun lalu

    Diskes Inhil Ajak Seluruh Pihak Lakukan Survei PHBS

    RIAUONE.COM, TEMBILAHAN, ROC - Seluruh pihak terkait di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) diajak untuk turut bersama dengan tenaga kesehatan melakukan survei Perilaku Hidup
  • 2 tahun lalu

    Diskes Inhil Laksanakan Workshop Pemahaman Standar dan Instrumen Akreditasi Puskesmas

    RIAUONE.COM, TEMBILAHAN, ROC - Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar workshop pemahaman standar dan instrumen akreditasi puskesmas yang diikuti oleh s
  • 2 tahun lalu

    Pelatihan Kader PHBS di Kempas, Dinkes Inhil Harapkan Seluruh Rumah Tangga Berprilaku Hidup Bersih dan Sehat

    RIAUONE.COM,TEMBILAHAN,ROC - Dengan dukungan seluruh lintas program dan lintas sektor, Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mengharapkan seluruh rumah tangga y
  • 2 tahun lalu

    Photo Galery, Kadis Kesehatan Inhil Buka Rangkaian Kegiatan HUT ke 42 PPNI

    RIAUONE.COM,TEMBILAHAN,ROC- Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) membuka secara resmi rangkaian kegiatan HUT ke 42 Persatuan Perawat Nasional Indonesia
  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2018 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.