• Home
  • Advertorial
  • Tuan Rumah Muskomwil I APEKSI Regional Sumatera Tahun 2018, Walikota Se-Sumatera Kagumi Perkembangan Kota Pekanbaru
Selasa, 06 Februari 2018 10:37:00

Tuan Rumah Muskomwil I APEKSI Regional Sumatera Tahun 2018, Walikota Se-Sumatera Kagumi Perkembangan Kota Pekanbaru

Loading...
PEKANBARU - Pekanbaru terus berkembang pesat seiring waktu berjalan. Denyut roda perekonomian masyarakat seakan tak pernah berhenti berdetak, menjadikan ibukota Provinsi Riau ini salah satu daerah di Sumatera yang diperhitungkan. Bahkan baru-baru ini, Pekanbaru didaulat menjadi tuan rumah Musyawarah Komisariat Wilayah I (Muskomwil) Regional Asosiasi Pemerintah (APEKSI) Kota se-Indonesia.
 
24 walikota Se-Sumatera turut hadir dalam acara yang berlangsung hingga tanggal 3 Februari 2018 tersebut. Selama itu, para walikota ini dibuat terkagum-kagum akan program, visi, misi serta hasil yang dibuahkan dari kerja keras pemerintah kota Pekanbaru tersebut. Kekaguman ini tentunya sebagai bentuk apresiasi atas kesuksesan yang didulang.
 
Bahkan pula, kemajuan pesat Kota Pekanbaru menjadi study banding oleh kepala daerah lainnya yang hadir. Dalam kesempatannya, Walikota Pekanbaru, Firdaus MT memaparkan seperti apa Smart City Madani, yang selama ini menjadi visi dan misi Pemerintah Kota, dihadapan para Walikota yang hadir dalam acara tersebut.
 
Smart City dirasa penting seiring dengan kemajuan teknologi yang pesat seperti sekarang ini. Hal itulah yang terus digaungkan Pemko Pekanbaru, dengan enam pilar di dalam progam tersebut. Keenam pilar itu lah yang terus menyokong dalam segala aspek, membuat Kota Pekanbaru semakin pesat.
 
Enam pilar ini diantaranya Smart people (Masyarakat pintar), Smart govermance (Tata kelola pemerintahan pintar), Smart economy (Ekonomi pintar), Smart environment (Lingkungan pintar), Smart living (Kehidupan yang pintar) dan Smart Mobility (mobilitas yang pintar).
 
Dihadapan tamu yang hadir, Firdaus meyakinkan, bahwa Pilar ini menjadi komponen yang selaras untuk 'mendongkrak' Kota Pekanbaru semakin maju dalam berbagai aspek, termasuk diantaranya pembangunan. Dalam kesempatannya, Ia juga memaparkan aplikasi berbasis online milik Pemko Pekanbaru.
 
Aplikasi berbasis online tersebut tentunya bertujuan memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, agar lebih cepat, tepat, akurat dan tuntas. "Demi percepatan untuk menjadikan Pekanbaru menuju kota cerdas, kami membuat Smart Card (Kartu pintar)," terang Firdaus. Kegunaannya multi fungsi, bisa dipakai sebagai ATM, prabayar, ATM, identitas dan lainnya.
 
Walikota Padang Mahyeldi Ansharulla yang juga Ketua Komwil I APEKSI periode 2015-2018 mengakui perkembangan pesat Kota Pekanbaru. Dirinya juga mengapresiasi kehadiran seluruh anggota dalam Muskomwil yang bertempat di Pekanbaru. Besarnya antusias para anggota APEKSI yang hadir menunjukkan telah terjadi koordinasi yang baik.
 
"Ramainya kehadiran anggota APEKSI tak terlepas dari daya tarik Kota Pekanbaru. Kehadiran 24 walikota bersama rombongan di wilayah Sumatera ini lantaran ingin melihat kemajuan Kota Pekanbaru yang kian pesat, sehingga bisa menjadi acuan dalam pengembangan kota di wilayah masing-masing," katanya.
 
Sangat tepat rasanya jika Kota Pekanbaru menjadi tuan rumah Muskomwil I Apeksi tahun 2018 ini, sesuai dengan temanya "Kesiapan Pemerintah Daerah Dalam Rangka Menjaga Keberlanjutan Program Pembangunan Daerah Bidang Kependudukan dan Insfrastruktur" yang dinilai cocok dengan kondisi terkini Kota Pekanbaru.
 
Bahkan Walikota Pekanbaru Firdaus pun didaulat menjadi Ketua Komwil I APEKSI yang baru menggantikan Mahyedi. Firdaus sendiri terpilih setelah sidang pleno yang dilakukan 24 Walikota dari 5 Provinsi Se-Sumatera dalam perhelatan acara tersebut, bertempat di Hotel Aryaduta.
 
Pengukuhan dilakukan langsung oleh Ketua Umum Apeksi Airin Rahmi Diany yang juga merupakan Walikota Tangerang Selatan, Jumat (2/2/2018) . Sedangkan untuk wakil ketua I dipercayakan kepada Walikota Banda Aceh Aminullah Usman dan Wakil Ketua II dijabat Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias serta Wakil Ketua III diisi Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk.
 
Bahkan bukan hanya ketua, perwakilan dari Kota Pekanbaru juga diamanahkan memegang dua jabatan lagi yakni posisi Sekretaris dipercayakan kepada Asisten I Azwan, dan Bendahara kepada Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Pekanbaru Alek Kurniawan.
 
Usai didapuk menjadi Ketua, Walikota Pekanbaru Firdaus pun berpesan agar seluruh kota se-komisariat wilayah I bersinergi mengembangkan potensi di daerahnya masing - masing, sehingga terwujud percepatan pengembangan ekonomi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.
 
Airin Rahmi Diany selaku Ketua APEKSI Pusat berharap hal ini dapat bermanfaat bagi anggota dan masyarakat di wilayah masing-masing. Dia pun menghaturkan selamat atas kepengurusan Komwil I APEKSI yang baru dikukuhkan.
 
"Kami berharap dengan kepengurusan yang baru terkait masalah kependudukan dan infrastruktur bisa teratasi dengan baik. Kita berharap rekomendasi yang dihasilkan akan menjadi suatu kebijakan strategis yang mendorong kemajuan di kawasan Sumatera khususnya di Komisariat Wilayah I," harapnya.
 
Acara ini dibuka secara resmi di Hotel Aryaduta, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Kamis (1/2/2018). Berbagai agenda dilaksanakan dalam kegiatan ini. Kota Pekanbaru sebagai tuan rumah juga memanjakan para tamu dengan pelayanan yang baik hingga acara usai pada Sabtu (3/2/2018).
 
Ramainya peserta yang hadir dalam agenda ini, disebut karena Kota Pekanbaru memiliki daya tarik tersendiri. Hal ini dikatakan Walikota Padang H Mahyeldi Ansharulla SP, yang juga Ketua Komwil I APEKSI periode 2015-2018.
 
Dalam susunan kepengurusan yang baru ini, ditetapkan Wakil Ketua I ditunjuk Walikota Banda Aceh Aminullah Usman, Wakil Ketua II ditunjuk Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias dan Wakil Ketua III Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk.
 
Dalam rangkaian kegiatan ini, rombongan APEKSI juga diajak city tour ke Pekanbaru Command Center yang berada di Kantor Dinas Kominfo Pekanbaru di Jalan Pepaya.
 
Kepala Diskominfo Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru Firmansyah Eka Putra ST MT mempersentasikan atau menjabarkan kepada rombongan tentang fungsi satu persatu dari aplikasi yang terdapat pada Pekanbaru Command Center.
 
Walikota Padang Mahyeldi dalam peninjauan ini memberi apresiasi kepada Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus MT sebagai tuan rumah Muskomwil I APEKSI yang telah mempersiapkan secara matang perhelatan ini.
 
"Terus terang saya kagum melihat Kota Pekanbaru ini, melihat ramainya yang hadir, kagum dengan tatanan Kota Pekanbaru yang bersih, rapi dan pembangunan yang pesat," ujar Mahyeldi kepada wartawan di sela-sela tinjauan itu.
 
Dari pemaparan pihak Pemko Pekanbaru, Mahyeldi juga mengagumi master plan dan rancangan kinerja Pemerintah Pekanbaru yang terkoneksi dalam program Smart City. Maka dengan adanya kegiatan ini, berharap agar para kepala daerah yang hadir dapat mengadopsi keberhasilan Pemerintah Kota Pekanbaru.
 
"Seperti kita lihat tadi di pusat Perkantoran Tenayan, Pekanbaru Command Center ini, menjadi inspirasi bagi kami yang hadir untuk mendatangkan ide cemerlang lainnya untuk membangun wilayah kerja kami masing-masing nantinya," terangnya.
 
Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus MT saat menanam pohon pulasan di kompleks perkantoran.
 
Mahyeldi juga memuji program Walikota Pekanbaru Firdaus MT yang begitu religius, yakni menjadikan Pekanbaru Kota Metropolitan yang Madani. Kemajuan yang terjadi di Kota Pekanbaru menjadi inspirasi bagi dirinya untuk dijadikan untuk program nantinya di Kota Padang.
 
Maka dari hasil sidang pleno yang dilakukan 24 Walikota dari 5 Provinsi Se-Sumatera, terpilihlah Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus MT sebagai Ketua Komwil I APEKSI periode 2018 hingga 2021.
 
"Terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada saya. Semoga tim yang baru dibentuk ini dapat bermanfaat lagi bagi pelayanan di masyarakat," kata Firdaus MT dalam pidatonya usai dikukuhkan.
 
Walikota Pekanbaru saat dikukuhkan sebagai Ketua Komisariat Wilayah I Regional Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (Komwil I APEKSI) untuk periode 2018 hingga 2021.
 
Firdaus MT mengakui jika kota memang tidak ada sumber alamnya. Namun sumber daya manusianya dapat dimanfaatkan. Sehingga bisa berinovasi lebih baik lagi.
 
"Dengan semangat berinovasi maka semua kendala dapat teratasi. Pasalnya, pada umumnya sektor unggulan yang bisa digerakkan di Kota ini adalah sektor jasa, perdagangan dan industri," terangnya.
 
Pemerintah, lanjut Firdaus MT, harus memiliki semangat jiwa usaha. Karena kota bisa hidup dari pelaku usaha-usaha. "Sebagai pelayan masyarakat juga harus mengerti apa yang menjadi nafasnya masyarakat," terangnya lagi.
 
Ketua Umum Apeksi Airin Rahmi Diany, yang juga merupakan Walikota Tangerang Selatan, dalam pidatonya menyampaikan, agar APEKSI ini dapat bermanfaat bagi anggota dan masyarakat di wilayahnya. Dalam waktu dekat juga akan diadakan Karnas, ada dua hal yang akan diangkat, yakni tentang kependudukan dan infrastruktur.
 
"Yang jelas, beberapa program kegiatan di masing-masing komisariat wilayah sudah dilakukan dan tentu akan bersinergi dengan program yang ada di tingkat pusat. Sekali lagi selamat atas terpilihnya Walikota Pekanbaru sebagai Ketua Komwil I APEKSI pada periode 2018 hingga 2021," katanya.
 
Airin Rahmi Diany juga dibuat kagum saat Pemko Pekanbaru memperlihatkan kecanggihan Pekanbaru Command Center, yang menjadi salah satu lokasi city tour dalam moment Muskomwil I Apeksi Regional Sumatera tahun 2018. Pada Jumat (2/2/2018) para peserta meninjau tempat tersebut.
 
Dalam tinjauan ini, Ketua Umum Apeksi Hj Airin Rachmi Diany SH MH yang langsung memimpin rombongan, didampingi langsung oleh Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT, menyaksikan kecanggihan teknologi di Pekanbaru Command Center yang berlokasi di Kantor Diskominfo Kota Pekanbaru Jalan Pepaya.
 
Dengan tijauan ini, tampak para peserta Muskomwil I Apeksi Regional Sumatera tahun 2018 terpesona dan mendapat ilmu tentang kecanggihan pengelolaan IT di tempat tersebut, karena saat ini hanya ada di Kota Pekanbaru alat tersebut. Para peserta kemudian mengenal lebih jauh tentang bagaimana fungsi dan manfaat dari perangkat IT yang ada di Pekanbaru Command Center.
 
Pada kesempatan itu, Kepala Diskominfo Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru Firmansyah Eka Putra ST MT mempersentasikan atau menjabarkan kepada rombongan tentang fungsi satu persatu dari aplikasi yang terdapat pada Pekanbaru Command Center tersebut.
 
"Pekanbaru Command Center ini sangat banyak manfaatnya, alat ini koneksi dengan CCTV yang canggih untuk melihat aktifitas kota, sehingga lebih cepat dan akurat dalam mematau perkembangan kota Pekanbaru," ujar Eka di depan para rombongan.
 
Selain itu, dalam peninjauan tersebut Walikota juga sempat melakukan video conferens dengan Kabid Pengelolaan dan Layanan Komunikasi dan Informasi Publik Mawardi SAg, yang saat itu tengah berada di RTH Tunjuk Ajar Integritas di Jalan Ahmad Yani.
 
"Assalamu'alaikum pak Wali. Saat ini saya di RTH Ahmad Yani. Pantauan disini masih terlihat lengang. Mungkin karena faktor cuaca yang panas belum ada masyarakat yang berdatangan. Sekian saya melaporkan pak Wali," ujar Mawardi saat video conferens tersebut dilakukan.
 
Walikota pun melalui Kadiskominfo juga mengenalkan tentang aplikasi "EKA" (Evaluasi Kinerja Anggaran), Sipadu, dan monitoring tentang lokasi pertanahan di Kota Pekanbaru.
 
Ketua Apeksi Airin Rachmi pun sontak tertarik dan memuji beberapa aplikasi berbasis IT yang ada di Pekanbaru Command Center tersebut. "Saya sangat suka dengan aplikasi tentang Sipadu dan pertahanan itu," kata Airin.
 
Walikota Pekanbaru tambah menjelaskan bahwa dua aplikasi tersebut digagas oleh Camat Bukitraya Masykur Tarmizi, dan Camat Rumbai Zulhelmi.
 
Para tamu walikota yang hadir sempat terkesima dan terpesona dengan alat layanan aplikasi yang canggih dalam percepatan smar city yang digagas oleh Diskominfo Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru tersebut. (grc/drc/Advetorial)
Share
Loading...
Komentar

Copyright © 2012 - 2018 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.