Senin, 18 Desember 2017 19:53:00

Bupati Inhil Resmi Tutup Festival Ekowisata Solop

Bupati beserta rombongan Berjalan sepanjang pantai solop
RIAUONE.COM, MANDAH - Festival Ekowisata Solop tahun 2017 secara resmi ditutup oleh Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan di Pantai Solop Desa Pulau Cawan Kecamatan Mandah, Minggu, (17/12/2017) siang.
 
Kegiatan Festival Ekowisata Solop yang dilaksanakan Dinas Pariwisata, Kepemudaan, Olahraga dan Kebudayaan (Disparporabud) Inhil ini sudah dilaksanakan sejak tanggal 12 hingga 17 Desember 2017. Berbagai kegiatan lomba seperti pacu sampan di dalam kanal, festival lagu melayu dan pagelaran syair /baca puisi memeriahkan event wisata ini.
 
Kegiatan lomba pacu sampan dalam kanal sekitar area Sungai Keceng, pesertanya berasal dari masyarakat desa setempat dan telah menyelesaikan babak finalnya pada Jum’at (15/12/2017).
 
Sementara lomba lagu melayu Sersah Pantai Solop, babak audisi telah di mulai sejak 1 Oktober 2017 di Tembilahan dan menyisakan 10 peserta terbaik yang bertarung di pentas final sebelum acara penutupan Festival Ekowisata Solop.
 
Namun yang paling menarik dan berbeda dari pelaksanaan Festival ini adalah, pembacaan puisi /syair dan peluncuran buku Antologi Puisi 7 Penyair dari Indragiri Hilir “Sayap Waktu Mutiara Hikmah” yang diiringi Sanggar Teater Bengkel Kreasi Tembilahan dan Majelis Melayu Pekanbaru.
 
"Kegiatan ini didokumentasikan agar menjadi catatan sejarah perhimpunan karya terbaik putra putri Indragiri Hilir. Terima kasih kepada seluruh penyair dan Bengkel Kreasi Majelis Melayu yang telah berpartisipasi, semoga ini menjadi catatan jejak budaya Inhil, " ujar Junaidi, Kadis Parporabud Inhil, saat menyampaikan laporannya.
 
Sebelum mengakhiri laporannya, Junaidi juga membacakan antologi kumpulan puisi tujuh penyair dari Indragiri Hilir dengan judul Indragiri ku dari kumpulan puisi " SAYAP WAKTU MUTIARA HITAM,"
 
Bupati Inhil HM Wardan yang hadir didampingi Ketua TP PKK Inhil Hj. Zulaikhah Wardan, atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil menyanbut baik dan menyampaikan penghargaan yang setinggi – tingginya atas kegiatan yang telah dipersiapkan jauh – jauh hari ini.
 
Melihat potensi dan banyaknya segi positif dari penyelenggaraan Festival Ekowisata Solop, Bupati Inhil menganjurkan Disparporabud untuk terus melanjutkan iven dengan diisi kegiatan yang lebih menarik dan kemasan yang lebih baik lagi.
 
“Ke depan festival ini diprogramkan lagi akan datang dan lebih terprogram, kalau tahun ini diisi penyair Riau asal Inhil, tahun depan kita hadirkan penyair mancanegara,” imbuhnya.(san)
Penyerahan Hadiah kepada pemenang lomba lagu Melayu
Kadisparporabud menyerahkan hadiah pemenang
Ketua TP PKK Inhil menyerahkan hadiah pemenang lomba lagu Melayu
Bupati membacakan puisi hasil karyanya sendiri
Kadisparporabud Inhil membacakan puisi
Bupati menandatangani peluncuran buku kumpulan puisi 7 penyair Inhil
Penyair ternama asal Sei Gergaji Inhil Buya Syafruddin membacakan puisi perjalanan hidup Bupati Inhil HM Wardan
berdoa
Photo bersama seluruh peserta lomba lagu Melayu, para penyair dan peserta lomba pacu sampan dalam kanal
Pemenang lomba lagu Melayu menyalami Bupati Inhil beserta istri
Para Dewan juri Lomba Lagu Melayu
Seluruh peserta berdendang bersama sebelum pengumuman pemenang

Copyright © 2012 - 2018 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.