• Home
  • Kilas Global
  • Jorok, Kebiasaan Tiup Lilin Kue Ulang Tahun Justru Sebar Ribuan Bakteri!
Minggu, 13 Agustus 2017 09:50:00

Jorok, Kebiasaan Tiup Lilin Kue Ulang Tahun Justru Sebar Ribuan Bakteri!

KESEHATAN, - Salah satu kebiasaan yang tak pernah ketinggalan ketika perayaan ulang tahun pasti adalah tiup lilin ulang tahun. Tapi tahu tidak, bahwa ternyata kebiasaan itu nggak sehat, bahkan jorok sekali.
 
Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan tim peneliti Clemson University di South Carolina menemukan bahwa meniup lilin di atas kue ulang tahun bisa meningkatkan jumlah bakteri hingga lebih dari 14 ribu kali lebih banyak.
 
Peneliti melakukan uji kesehatan makanan dengan kelompok mahasiswa dengan cara makan pizza terlebih dahulu sebelum tiup lilin untuk membantu kelenjar liur bekerja, menghitung berapa jumlah bakteri sebelum dan sesudah melakukan tiup lilin, mereka menemukan bahwa jumlah bakteri pada kue meningkat 14 kali lebih banyak dibanding sebelumnya.
 
Tentu saja ini bukan jumlah yang pasti, mengenai berapa banyak bakteri yang kemudian tertinggal di kue setelah seseorang meniup lilin dan menyebar udara dari mulutnya ke kue. Karena terkadang setiap mulut orang punya jumlah bakteri yang berbeda. Hanya saja, kesimpulan yang pasti, meniup lilin di atas kue ulang tahun membuat kue itu tidak higienis.
 
Meski penemuannya mengejutkan, peneliti bersikeras bahwa sekalipun mulut manusia penuh dengan bakteri, namun mayoritas tidak berbahaya dan tetap aman makan kue ulang tahun yang sudah ditiupi lilin di atasnya selama orang yang meniup lilin itu sehat atau tidak sedang sakit yang menular. (vem/*).
Share
Berita Terkait
Komentar
situspoker situspoker
Copyright © 2012 - 2017 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.