• Home
  • Kilas Global
  • Tapi Kebun Sawit Penyebab Karhutla? Riau Dapat Jatah Replanting 2.400 Ha Kebun Kelapa Sawit?
Minggu, 13 Agustus 2017 13:03:00

Tapi Kebun Sawit Penyebab Karhutla? Riau Dapat Jatah Replanting 2.400 Ha Kebun Kelapa Sawit?

PEKANBARU, -- Provinsi Riau mendapat jatah replanting atau peremajaan kebun kelapa sawit sebanyak 2.400 hektare dari anggaran Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).
 
Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengatakan peremajaan kebun kelapa sawit memang belum secepat harapan petani sawit.
 
"Memang replanting ini belum secepat harapannya di lapangan, tahun ini Riau dapat juga [anggaran replanting] sekitar 2.400 hektare dari BPDPKS," katanya Sabtu (12/8/2017).
 
Andi, sapaan gubernur mengatakan pemerintah daerah berharap bisa mendapatkan anggaran peremajaan sawit lebih besar.
 
Hal itu disebabkan dari perhitungan dinas terkait, luasan kebun kelapa sawit yang harus diremajakan sudah mencapai 50.000 hektare.
 
Bila kondisi ini tidak segera diantisipasi dengan menanam ulang, dikhawatirkan nantinya bakal berpengaruh pada turunnya produksi sawit asal Riau.
 
"Kalau produksi turun, ini berbahaya bagi ekonomi masyarakat karena hampir 50% orang Riau ini bergantung ke sawit," katanya.
 
Adapun anggaran BPDPKS memang bertujuan salah satunya meremajakan perkebunan kelapa sawit masyarakat yang sebagian besar sudah mencapai usia tua, dan harus segera ditanam ulang. (bis/*).
Share
Berita Terkait
  • 7 bulan lalu

    2018 Ada Bantuan Replanting Bagi Petani Sawit di Rohul

    ROKANHULU-Para petani swadaya kelapa sawit di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), nantinya bisa dapatkan bantuan dana replanting tanaman sawit, dari program peremajaan yang akan
  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2017 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.