• Home
  • Kilas Global
  • Terbukti! Bawang Merah Lebih Kuat Bunuh Kanker dari Bawang Putih!
Sabtu, 17 Juni 2017 18:12:00

Terbukti! Bawang Merah Lebih Kuat Bunuh Kanker dari Bawang Putih!

f/Shutterstock.com
KESEHATAN, - Jika disuruh memilih mana yang lebih sehat antara bawang merah dan bawang putih, kamu mungkin tak bisa memilih karena keduanya punya kandungan yang cukup berbeda dan punya khasiat tersendiri.
 
Tapi jika kamu mencari yang punya potensi besar mencegah serangan kanker, maka pilihlah bawang merah. Menurut sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan Food Research International, bawang merah lebih kuat membunuh sel kanker daripada bawang putih dan bawang bombay.
 
Para peneliti mencoba memaparkan sel kanker manusia (yang digunakan adalah sel kanker kolorektal) dengan lima jenis bawang berbeda dan menemukan bahwa ekstrak bawang merah membunuh tiga sampai empat kali lipat jumlah sel dibandingkan dengan ekstrak bawang berwarna terang, begitu yang dijelaskan Suresh Neethirajan, PhD, Profesor bioteknologi sekaligus penulis penelitian.
 
Semua jenis bawang sangat bagus dalam membunuh sel kanker, tapi bawang merah mengandung lebih banyak quercetin. Peneliti mengatakan bahwa bawang merah tidak hanya memiliki kadar quercetin yang tinggi, tapi juga kaya akan antosianin, yaitu pigmen tumbuhan yang meningkatkan kemampuan molekul kuersetin untuk memburu dan menghancurkan radikal bebas berbahaya.
 
Anthocyanin juga terdapat pada banyak buah dan sayuran berwarna merah, ungu, biru hingga hitam. Bahkan penelitian baru-baru ini juga menemukan bahwa bawang merah juga efektif membunuh sel kanker payudara.
 
Untuk saat ini, menurut peneliti, cara terbaik mendapatkan nutrisi terbaik adalah dengan memakan bawang merah dalam keadaan mentah, karena memasaknya mampu mengurangi kandungan antioksidannya.
 
Jadi jangan ragu memasukkan potongan bawang merah ke dalam salad sayuran jika kamu ingin mendapatkan manfaat sehatnya ya ladies.
 
(vem/feb)
Share
Berita Terkait
  • 3 minggu lalu

    Atasi Sakit Kepala dengan Bawang Putih

    MEDIS, - Sering merasa pusing atau sakit kepala? Stres dan kurang istirahat bisa menjadi penyebab sakit kepala. 
     
  • 3 bulan lalu

    Bulog Pantau Harga Bawang Merah & Bawang Putih

    JAKARTA- Bulog tengah mengkaji cara untuk mengangkat harga bawang merah yang saat ini sedang menurun.
     
    Berdasarkan Sistem Pemantauan Pas
  • 3 bulan lalu

    Pemerintah Berikan Sanksi kepada Importir Bawang Putih Lakukan Penimbunan

    NUSANTARA, - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengingatkan importir bawang putih yang terbukti melakukan penimbunan komoditas tersebut bakal dijatuhi sanksi.
  • 3 bulan lalu

    Stabilkan Harga, Bulog Mulai Distribusikan Bawang Putih

    JAKARTA - Perum Bulog mendistribusikan 100 ton bawang putih ke Jakarta dan sekitarnya mulai Jumat (12/5/207) untuk menstabilkan harga bawang putih yang masih tinggi di ting
  • Komentar
    situspoker situspoker
    Copyright © 2012 - 2017 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.