Senin, 15 Januari 2018 18:26:00

Tahun ini produksi kelapa diperkirakan akan meningkat

Loading...
NASIONAL, -  Tahun ini produksi kelapa diperkirakan akan meningkat. Ketua Umum Dewan Kelapa Indonesia, Irawadi Jamaran pun berharap produksi kelapa akan terus meningkat dari tahun ke tahun.
 
“Kami harap produksi kelapa terus meningkat setiap tahunnya. Peningkatan ini bukan hanya secara teknis, tetapi juga dari sisi budaya,” ujar Irawadi, Ahad (14/1).
 
Menurut Jamaran, perkebunan kelapa harus dibenahi dengan serius. Pembenahan tersebut bisa dimulai dengan adanya perbaikan di sektor hulu, yakni dengan adanya upaya peremajaan. Menurut Irawadi, peremajaan kelapa sudah mulai gencar dilakukan.
 
Irawadi mengatakan, pemerintah sudah mulai menyediakan benih untuk peremajaan kelapa-kelapa ini. Dia bilang, peremajaan seharusnya rutin dilakukan setiap tahun. Terlebih, kelapa memiliki batas umur masimal. Nantinya, bila petani tersebut sudah mencapai umur maksumal maka petani dapat menebang kelapa tersebut dan kayunya dapat diolah kembali.
 
Jamaran menambahkan, peningkatan produksi kelapa bisa didorong dari sisi harga yang membaik dari sisi petani. Tidak hanya harga yang meningkat, namun dia berharap ada pebaikan cara pembayaran dari industri atau tengkulak.
 
“Saat ini cara pembayaran sudah mulai dilakukan secara tunai. Dulu pembayaran masih dilakukan dengan kredit, karena itulah banyak petani yang memilih menjual kepada pembeli dari luar negeri karena pembelian dilakukan secara tunai,” katanya.
 
Tak hanya itu, dibutuhkan pula upaya meyakinkan masyarakat bahwa kelapa adalah salah satu komoditas yang menjanjikan. Dengan begitu, petani akan tertarik merawat tanaman kelapanya dengan baik. (ktn/roc/*).
sumber: kontan.
 
 
 
 
 
 
Share
Loading...
Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    Pasokan kelapa diprediksi meningkat 20% di tahun ini

    NASIONAL, - Industri pengolahan kelapa dalam negeri memperkirakan produksi olahan kelapa akan meningkat. Hal ini didukung oleh peningkatan produksi kelapa serta permintaan
  • 10 bulan lalu

    Kebijakan Menteri Perdagangan Larang Ekspor, Petani Kelapa di Inhil Merugi

    INDRAGIRI HILIR - Kebijakan Pemkab Inhil melakukan pelarangan ekspor kelapa akan merugikan petani kelapa, dikarenakan perusahaan lokal tidak akan sanggup rampung hasil pane
  • tahun lalu

    Kopra di Selatpanjang Tembus Rp2.200 per Kilogram

    SELATPANJANG, RIAU, - Beberapa komoditas perkebunan saat ini mengalami kenaikan. Tak terkecuali harga kelapa. 
     
    Jika sebelumnya har
  • 2 tahun lalu

    Setiap Tahun 4,5 Miliar Butir Kelapa Dihasilkan Inhil

    NUSANTARA, - Dengan luas kebun kelapa yang mencapai 439 Ribu hektar, Kabupaten Indragiri Hilir setiap tahunnya memproduksi 4,5 miliar butir kelapa.
     
  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2018 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.