• Home
  • Hukrim
  • Oknun PNS BPN Rohul Tertangkap Team Saber Pungli Polres Rokan hulu
Sabtu, 10 Juni 2017 02:43:00

Oknun PNS BPN Rohul Tertangkap Team Saber Pungli Polres Rokan hulu

SURYA PATRIANTO
ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Oknum pegawai Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Rokan Hulu, Jumat (9/6/17) sekitar Pukul 14:30 WIB, Tertangkap Tangan Oleh Team Saber Pungli (Sapu Bersih Pungutan Liar) Polres Rokan Hulu.
 
JR.AP (47) Oknum PNS yang menjabat sebagai Kasi Hubungan Hukum Pertanahan di kantor BPN Kabupaten Rokan Hulu, diduga telah Melakukan pungutan liar terhadap Notaris dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT), Eni Endahwati.SH dan Sepriyandi.SH.CN.
 
Jumat (9/6/17) Sepriyandi SH.CN dengan Eni Endahwati SH, beserta kedua Stafnya Erus Laini dan Noviani, mendatangi Kantor BPN dalam pengurusan Pengajuan pendaftaran Sertifikat Hak Tanggungan sejumlah 35, permohonan serta 2 permohonan pengurusan pendaftaran turun waris. 
 
Yang sebelumnya pada bulan Februari 2017 telah melakukan pembayaran PNBP Resmi di loket BPN sebesar Rp. 10.600.000,- untuk Pembayaran biaya surat tesebut, namun tak kunjung selesai hingga 23 Mei 2017 yang akhirnya diperintahkan Erus Laini Staf Dari Eni Endahwati SH, untuk menanyakan kelanjutan atas pengurusan Berkas Tersebut.
 
 Ketika Erus Laini menanyakan kepada staf BPN tentang kelanjutan pengurusan berkas tersebut, mendapat jawaban "Harap menghadap ke pak Junaidi".
 
Pada hari Rabu, tanggal 7 Juni 2017, Eni Endahwati.SH, menemui Pejabat Kasi Bagian Hukum Pertanahan yaitu JR.AP yang lulusan Diploma 4 STPN, dan dimintai biaya tambahan (Pungli/red) sebesar Rp. 22.980.000 diluar biaya PNPB resmi sebesar Rp.10.609.000,- yang telah dibayarnya pada bulan Februari 2017, oleh Eni.
 
Dengan konsekuensi tanpa adanya biaya tambahan tersebut dokumen sertifikat hak tanggungan yang sudah diparaf oleh JR.AP tidak dinaikkan ke Kepala Kantor BPN Rohul untuk ditanda tangani.
 
Di hari Jumat itulah Sepriyadi, Eni Endahwati beserta kedua stafnya menyepakati untuk membayar Uang yang diminta oleh JR.AP sebesar Rp.22.980.000,- Namun Sepriyandi meminta dibayar dengan bertahap dikarenakan uangnya tidak cukup hanya 11 juta adapun sisanya sebesar Rp.11.980.000,- akan mengambil di ATM terlebih dahulu untuk melunasinya.
 
Namun sebelum dilakukan transaksi pelunasan tersebut Sepriyandi menghubungi Team Saber Pungli Polres Rokan Hulu.
 
Team yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Rohul AKP. M. Wirawan Novianto, S.Ds, SIK beserta 6 Personilnya melakukan tindakan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap JR.AP Oknum PNS di Kantor BPN Kabupaten Rohul, seorang warga Jalan Kuantan Raya no. 2.A Kelurahan Sekip RT001/002  Kecamatan Lima Puluh Kota Pekanbaru.
 
Kapolres Rokan Hulu AKBP. Yusup Rahmanto SIK.MH melalui Paur Humas IPDA Suheri Sitorus menjelaskan Team saber melakukan penyelidikan atas transaksi tersebut untuk memastikan adanya tindak Pungli dan selanjutnya dilakukan penangkapan.
 
Penangkapan tersebut berdasarkan laporan tentang dugaan Tindak Pidana 
Korupsi dan atau penyalahgunaan wewenang sebagaimana dimaksud dalam rumusan pasal 12 Huruf e UU 20 tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi, dan juga atas keterangan saksi saksi.
 
Adapun barang bukti yang diamankan Uang Tunai 11juta yang terdiri dari 200 lembar pecahan 50ribuan dan 10 lembar pecahan 100 ribuan, 2 buah sertifikat Hak Tanggungan, 29 buah sertifikat Hak Guna Bangunan
dan 2 lembar data berkas permohonan yg belum selesai beserta catatan besaran uang biaya pengurusan.
 
Diamankan juga tersangka pelaku tidak pidana korupsi tersebut di Mapolres Rokan hulu, untuk proses lebih lanjut, terang Paur Humas.(sur)
 
Share
Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    Kapolri Perintahkan Beri Penghargaan Pengunggah Video Pungli

    NUSANTARA, - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian memerintahkan Kapolda Kalimantan Selatan Brigadir Jenderal Polisi Rachmat Mulyana untuk memberikan penghargaan kepada so
  • 7 hari lalu

    Satu Napi Dapat Remisi Bebas, 298 Napi Dapat Pengurangan Hukuman

    ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Dalam Rangka HUT RI ke 72, 1 Orang Narapidana (Napi) mendapat remisi bebas, 298 Napi mendapat pengurangan masa hukuman, dari 740 warga binaan Lapa
  • satu minggu lalu

    Bunuh Diri, Wanita Honorer RSUD Pasirpangaraian Minum Racun Rumput

    ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Seorang Ibu tenaga Honorer di RSUD Pasirpangaraian Tewas mengenaskan, Bunuh diri dengan menenggak Racun Rumput merk gramoxon.
     
  • 2 minggu lalu

    Ujung Batu Adventure Team Gelar Ajang RACE1 Indonesia Berkumpul Di Riau

    ROKAN HULU, RIAUONE.COM -  
    Gubernur Riau yang diwakili oleh Dinas Pariwisata Provinsi Riau Fahmizal melepas Ribuan Raiders peserta trabas yang di kemas
  • Komentar
    situspoker situspoker
    Copyright © 2012 - 2017 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.