• Home
  • Nusantara
  • Ini Pentingnya Menanamkan Pendidikan Agama Bagi Anak Sejak Dini
Senin, 02 Oktober 2017 07:15:00

Ini Pentingnya Menanamkan Pendidikan Agama Bagi Anak Sejak Dini

NUSANTARA, - Menyoal pendidikan anak, ini tak hanya tentang keterampilan, kecerdasan dan kemampuannya di mata pelajaran sekolah umum yang bersifat duniawi saja. Lebih jauh, anak-anak harus dibekali dengan ilmu agama yang cukup agar saat dewasa kelak ia benar-benar bisa membedakan mana yang benar dan mana salah. Agar anak-anak bisa menjaga dirinya dari segala sesuatu yang membahayakannya terkhusus bahaya akan pergaulan bebas. 
 
Dewasa ini, banyak anak-anak yang sikapnya kurang baik. Tidak sedikit pula anak-anak yang terjerumus ke berbagai pergaulan bebas karena bekal ilmu agamanya sangatlah kurang. Penting bagi setiap orang tua untuk selalu menjaga, merawat dan mengawasi aktivitas anak setiap harinya. Juga, yang tidak kalah penting adalah membekali anak dengan ilmu agama yang cukup.  
 
Kenapa Ilmu Agama Sangat Penting?
Sama halnya dengan ilmu pelajaran lain di sekolah, ilmu agama selalu mengedepankan kebaikan dan memberi manfaat yang luar biasa bagi kecerdasan anak. Melalui agama, anak bisa mengenal berbagai kebaikan dari yang paling dasar hingga yang paling tinggi tingkatannya. Melalui ilmu agama, anak-anak akan menjaga diri dan menjauhkan diri dari hal-hal yang dilarang norma masyarakat atau pun agama. 
 
Sebelum buah hati memasuki usia sekolah, alangkah baiknya jika orang tua memperkenalkan pendidikan agama yang dianut sesuai kepercayaan masing-masing. Ajarkan anak dengan cara yang baik, ramah dan tidak terlalu menuntut. Selama mengajarkan ilmu agama ini, pastikan bahwa orang tua juga memahami apa yang diajarkan. 
 
Jika memang orang tua kurang tahu tentang ilmu agama, tidak ada salahnya untuk mengirimkan anak ke sekolah agama. Undang seseorang yang dirasa memiliki ilmu agama cukup untuk mengajar anak.
 
Belajar Agama Mengenalkan Anak Pada Tuhan
Melalui pelajaran agama, anak akan dikenalkan pada Tuhan. Yakinkan pada anak bahwa Tuhan itu ada dengan mengenalkan kebesaran-kebesaranNya. Ceritakan pula kisah-kisah inspiratif yang lahir dari agama masing-masing. 
 
Terangkan pada anak bahwa apa yang ada di bumi, yang ada di sekitar dan semua hal lainnya adalah ciptaan Tuhan. Misalnya, kenalkan anak pada hembusan angin, air di sungai, burung-burung, turunnya hujan, adanya gunung-gunung, langit, bintang, manusia, bunga dan lainnya sebagai wujud kebesaran Tuhan. Mengenalkan anak pada Tuhan, juga sebagai langkah awal mengenalkan anak segala kebaikan. Mengenalkan bagaimana harusnya bersikap, sopan santun dan berperilaku sehari-hari. 
 
Belajar Agama Membentuk Karakter Anak
Dengan pengetahuan ilmu agama yang cukup, sadar atau tidak hal ini akan membentuk karakter anak di masa depan. Seorang anak yang telah dibekali ilmu agama cukup saat usianya masih dini, ketika dewasa umumnya ini akan membuatnya bisa memahami dirinya sendiri. Ini juga membuatnya tak mudah terpengaruh dengan nilai-nilai negatif yang ada di sekitarnya. 
 
Jadi mom, ketika kita berharap memiliki buah hati yang baik budi pekertinya saat usia dini ataupun ketika ia dewasa nanti, sangat penting untuk memberinya ilmu agama yang cukup. Sangat penting pula mengajarkan mereka tentang nilai-nilai kehidupan yang ada tanpa mengesampingkan pelajaran umum. Bagaimana karakter anak, pada dasarnya ini tergantung bagaimana ia dibentuk di keluarganya, sekolah maupun lingkungannya.  (vem/*).
Share
Berita Terkait
  • 5 bulan lalu

    Mendikbud Wacanakan Pendidikan Agama Bakal Dihapus?

    NUSANTARA, - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy kembali mengeluarkan wacana yang mengagetkan anggota Komisi X DPR RI yaitu dihapuskannya pendidi
  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2017 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.