• Home
  • Otonomi
  • Badan Restorasi Gambut terus Lakukan langkah-langkah untuk memaksimalkan Peran gambut
Jumat, 19 Mei 2017 10:37:00

Badan Restorasi Gambut terus Lakukan langkah-langkah untuk memaksimalkan Peran gambut

PEKANBARU - Badan Restorasi Gambut (BRG) terus melakukan langkah-langkah untuk memaksimalkan peran gambut. Ini menjadi perhatian, karena gambut memiliki peran besar dalam ekologis.
 
Salah satu peran substansi gambut adalah dengan menekan emisi karbon. Dalam hal ini Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki lahan gambut terluas di dunia. Salah satu daerah yang memiliki kandungan terbesar terdapat di Riau. Kepala Badan Restorasi Gambut Nazir Foead menilai, potensi itu idealnya dapat dimaksimalkan.
 
Sehingga dapat mendukung upaya pelestarian lingkungan dengan menekan emisi karbon. Dengan potensi tersebut, Riau dan Indonesia umumnya tentunya mendapat perhatian nasional hingga internasional.
 
Khususnya untuk penanganan dan pengelolaan gambut yang berperan dalam menurunkan suhu bumi. "Saat ini kita bersama PBB dan negara lainnya memperkuat kerja sama untuk mengelola lahan gambut di negara-negara tropis.
 
Ini yang aka terus ditingkaykan,'' imbuhnya. Hal senada disampaikan Pemerhati Lingkungan Prof Adnan Kasir, Kamis (18/5/2017). Menurutnya, pengelolaan gambut harus dimaksimalkan dan proporsional dengan adanya pendekatan ekologi.
 
Ia menilai, pengelolaan gambut yang benar akan memberikan imbas positif di lingkungan. Begitu juga dalam upaya mengeliminir dan mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan di Riau. 
 
"Kawasan gambut memang tidak terpisahkan dengan sistem hidrologi. Untuk itu, memaksimalkan peran gambut akan memberikan hal positif. Begitu juga untuk membantu mengeliminir dampak terjadinya karhutla di Riau. (mcr/roc).
Share
Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    Jalan Tol di Sumsel Lewati Lahan Gambut, Menkeu Cemas : Kalau Terbakar?

    PALEMBANG - Menteri Keuangan Sri Mulyani sempat mencemaskan keberadaan tanah gambut tebal sepanjang 10 km yang bakal dilalui jalan tol Pematang Panggang-Kayu Agung di Kabup
  • satu bulan lalu

    Riau Dukung Pengelolaan Gambut

    PEKANBARU - Kawasan gambut memiliki peran substansi di alam. Pengelolaan yang proporsional dan ramah lingkungan berdampak positif dalam upaya mengeliminir dampak kebakaran
  • satu bulan lalu

    Lahan Gambut digarap habis-habisan

    BONN, JERMAN - Lahan Gambut dan lahan basah telah digarap habis-habisan secara nyata, tanpa batas hingga menyebabkan potensi buruk bagi bumi, serta potensi gambut untuk ber
  • 2 bulan lalu

    Menteri : Populasi Orangutan Sempat Terancam karena Kebakaran Gambut

    PEKANBARU - Menteri LHK Siti Nurbaya mengajak Direktur Eksekutif UN Environment, Erik Solheim berkunjung ke Taman Nasional Sebangau di Kalimantan Tengah, Sabtu (13/05/2017)
  • Komentar
    situspoker situspoker
    Copyright © 2012 - 2017 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.