• Home
  • Otonomi
  • Badan Restorasi Gambut terus Lakukan langkah-langkah untuk memaksimalkan Peran gambut
Jumat, 19 Mei 2017 10:37:00

Badan Restorasi Gambut terus Lakukan langkah-langkah untuk memaksimalkan Peran gambut

PEKANBARU - Badan Restorasi Gambut (BRG) terus melakukan langkah-langkah untuk memaksimalkan peran gambut. Ini menjadi perhatian, karena gambut memiliki peran besar dalam ekologis.
 
Salah satu peran substansi gambut adalah dengan menekan emisi karbon. Dalam hal ini Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki lahan gambut terluas di dunia. Salah satu daerah yang memiliki kandungan terbesar terdapat di Riau. Kepala Badan Restorasi Gambut Nazir Foead menilai, potensi itu idealnya dapat dimaksimalkan.
 
Sehingga dapat mendukung upaya pelestarian lingkungan dengan menekan emisi karbon. Dengan potensi tersebut, Riau dan Indonesia umumnya tentunya mendapat perhatian nasional hingga internasional.
 
Khususnya untuk penanganan dan pengelolaan gambut yang berperan dalam menurunkan suhu bumi. "Saat ini kita bersama PBB dan negara lainnya memperkuat kerja sama untuk mengelola lahan gambut di negara-negara tropis.
 
Ini yang aka terus ditingkaykan,'' imbuhnya. Hal senada disampaikan Pemerhati Lingkungan Prof Adnan Kasir, Kamis (18/5/2017). Menurutnya, pengelolaan gambut harus dimaksimalkan dan proporsional dengan adanya pendekatan ekologi.
 
Ia menilai, pengelolaan gambut yang benar akan memberikan imbas positif di lingkungan. Begitu juga dalam upaya mengeliminir dan mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan di Riau. 
 
"Kawasan gambut memang tidak terpisahkan dengan sistem hidrologi. Untuk itu, memaksimalkan peran gambut akan memberikan hal positif. Begitu juga untuk membantu mengeliminir dampak terjadinya karhutla di Riau. (mcr/roc).
Share
Berita Terkait
  • 6 hari lalu

    Pemanfaatan Lahan Gambut Bukan Penyebab Perubahan Iklim

    NASIONAL, - Sejumlah pakar mengungkapkan pemanfaatan lahan gambut untuk budi daya pertanian ataupun perkebunan untuk menyediakan bahan pangan bukan penyebab utama perubahan
  • 2 bulan lalu

    Sepekan ini Aroma Asap Gambut di Riau Kembali Menyengat, Welcome Back Karhutla

    RIAU, NUSANTARA, - Sudah beberapa pekan ini beberapa daerah di Riau mulai berasap, aroma asap gambut pun di pagi hari terasa pekat, anak-anak hingga orang dewasa mulai ters
  • 2 bulan lalu

    Sumsel Menjadi Provinsi Pertama, yang Menerapkan Perda Perlindungan Gambut?

    NUSANTARA, - Pemerintah Sumatera Selatan (sumsel) bakal menjadi provinsi pertama di Indonesia yang melahirkan Peraturan Daerah (Perda) Perlindungan Gambut.
  • 2 bulan lalu

    APRIL Abaikan Komitmen Presiden Terhadap Perlindungan Gambut

    PELALAWAN, RIAU, - Pemerintahan Joko Widodo telah berkomitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, salah satunya melalui perlindungan lahan gambut sebagai upaya mencegah
  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2017 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.