• Home
  • Riau Raya
  • Bupati Inhil Buka Festival Menongkah Heritage 2017
Sabtu, 12 Agustus 2017 22:58:00

Advertorial

Bupati Inhil Buka Festival Menongkah Heritage 2017

Menabur bibir kerang di Pantai Bidari Desa Tanjung Pasir Kecamatan Tanah Merah
RIAUONE.COM, TANAH MERAH - Festival Menongkah Heritage 2017 yang dilaksanakan di Pantai Bidari, Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) secara resmi dibuka Bupati Inhil HM Wardan. 
 
Agenda tahunan yang dilaksanakan Dinas Pariwisata, Kepemudaan, Olahraga dan Kebudayaan (Disparporabud) ini , Senin, (12/08/2017),  turut dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Herman, Sekda Inhil H Said Syarifuddin, Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan Olahraga dan Budaya (Disparporabud) Junaidy Ismail, Waka Polres Inhil H Azwar, Kasdim 0314/Inhil Mayor Suratno Fokopimda Inhil, Fokopimcam dan Kepala desa serta jajaran Pemerintah Desa.
 
Event Festival Menongkah Heritage ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan kepada dunia luar bahwa etnis Duanu juga memiliki kebudayaan yang menunjukan bahwa mereka memiliki semangat juang yang tinggi dan memperkaya khasanah budaya di Inhil. 
 
Selain Menongkah, ada beberapa kegiatan juga dilaksanakan pada tahun ini, diantaranya lomba merapah (berjalan diatas lumpur) dan lomba lompat lumpur. 
 
Mengangkat tema 'Lestarikan Budaya Menongkah sebagai Icon Budaya Daerah Kabupaten Indragiri Hilir', panitia pelaksana juga menampilkan aktraksi Menongkah, fenomena sampan Kajang, permainan titian lumpur dan peragaan aktivitas kesenian masyarakat Duano. 
 
Bupati Inhil HM Wardan mengakui menongkah ini merupakan bagian budaya yang unik dan eksotis. Ia menyebutkan,  kegiatan seperti ini hanya dapat ditemui di kalangan etnis Duanu saja. 
 
"Desa Tanjung Pasir merupakan daerah yang sangat berpotensi. Untuk mengembangkan potensi yang ada di Desa ini, anggarannya harus dikeroyok ramai-ramai. Baik melalui APBD Kabupaten, Provinsi maupun APBN, " ujar Bupati Wardan.(adv)
Share
Komentar
vipqiuqiu99 vipqiuqiu99

Copyright © 2012 - 2017 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.