• Home
  • Riau Raya
  • Beginilah Posisi Korban Tenggelam Di Sungai Rokan Ditemukan
Selasa, 05 Desember 2017 17:42:00

Beginilah Posisi Korban Tenggelam Di Sungai Rokan Ditemukan

Surya Patrianto
Loading...
ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Telah ditemukannya korban orang tenggelam di sungai Rokan, pagi tadi pukul 07:00 WIB selasa (5/12/17) membuat buat hati lega pihak keluarga korban dan para relawan dari Desa Airpanas dan Rokan, selama 36 jam dalam pencarian korban.
 
 
Berbagai upaya telah dilakukan dalam pencarian korban, selain dilakukan pencarian korban oleh Team Basarnas Pekanbaru, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rokan Hulu, TNI, POLRI dan Team relawan dari Desa Airpanas dan Rokan dengan menggunakan perahu sampan serta dilakukan penyelaman, pembacaan Doa bersama di posko pelabuhan Rokan oleh masyarakat Rokan dan juga dilakukan juga di Rumah korban di desa Airpanas, serta dengan upaya meminta petunjuk orang pintar.
 
 
Tempat kejadian tenggelamnya Sinto warga blok 3 RW.01 desa Airpanas, Pendalian IV Koto, pada hari minggu ( 3/12/17) sekitar pukul 19:15 WIB di lokasi Batu Naga, Sungai Rokan Desa Rokan Koto Ruang. Yang berjarak sekitar 10 KM dari pelabuhan Rokan ke arah hulu sungai, dengan waktu tempuh menggunakan perahu mesin sekitar 1 jam perjalanan.
 
 
Minggu pagi itu. Sinto bersama 5 orang temannya, Subagyo. Sukardi, Singgih, Soleh yang semuanya warga desa Airpanas, pergi memancing ke arah hulu sungai Rokan dengan diantar menggunakan Perahu mesin yang dikemudikan Tenten, hanya Soleh lah yang mengambil posisi tempat memancing yang paling terdekat dari Desa Rokan koto ruang, yang 4 orang jauh ke arah hulu sungai Rokan sana.
 
 
Seperti biasanya Pengemudi Perahu setelah mengantar pemancing pada pilihan posisi tempat memancing yang dipilihnya, Tenten kembali pulang Ke Rokan, Penjemputan kembali menunggu permintaan Para pemancing panggilan melalui handphone.
 
 
Tenten diminta untuk menjemput sekitar pukul 18:00 Wib (3/12/17) dan selesai menemui 4 orang pemancing tersebut sekitar pukul 19:15 Wib dan menuju ke hilir sungai Rokan, derasnya aliran air sungai Rokan disertai adanya bebatuan besar di tengah sungai, perahu oleng dan menghempas bebatuan, perahu tumpah, denganposisi miring menyadar dibebatuan.
 
 
Subagyo yang duluan terpental dari perahu dan terbawa arus sungai hingga masuk ke pusaran air, perahu dihempas air deras hingga patah jadi dua, Sukardi dan Tenten berada di patahan bagian belakang perahu yang ada mesinnya, sedangkan Singgih serta Sinto bergelayutan di patahan perahu bagian depan, hingga terbawa arus air.
 
 
"Kami berdua bersama Sinto bergelayut dipatahan bagian depan, Sinto berpegang pas di pucuk perahu, kami panik dalam situasi gelap, di kepala sinto ada senter yang menyala, namun tak tentu arah sorotnya karena sama sama dalam kepanikan", Terang Singgih.
 
 
"Kami berdua sempat menepi kesisi yang bertebing bebatuan, yang berjarak sekitar 50 meter dari tempat kejadian, namun Sinto meminta agar disorong untuk menjauhi tebing, itulah komunikasi terakhir dengan Sinto, kami tak tau lagi karena gelap dan panik, selang beberapa menit nampak lampu senter berjalan menyusul, saya pikir itu Sinto, saya menemui tempat yang dangkal dengan jarak sekitar 150 meter," Imbuh Singgih.
 
 
Dari 4 orang yang selamat dengan posisi yang berbeda, masih beruntung Handphone yang milik Tenten masih bisa dipergunakan untuk meminta bantuan kepada orang yang di Rokan, Tenten berusaha Naik ke perbukitan dengan memanjat pohon untuk mencari Signal.
 
 
" Saya sedikit bisa berenang dan saya juga sempat masuk ke pusaran air, saya terus berusa naik dan menuju ke tempat kejadian, saya sempat dua kali kemasukan air". Papar Subagyo.
 
 
Team Basarnas dan BPBD Rohul sebelumnya sudah melakukan manuver di berbagai titik untuk mengaduk air agar supaya korban tenggelam terbawa air dan timbul kepermukaan air.
 
Selasa pagi (5/12/17) sekitar pukul 06:00 sudah mulai melakukan pencarian korban, yang sebelumnya sempat dihentikan sementara untuk istirahat pada senin pukul 22:00 Wib.
 
 
Pantauan wartawan riauone yang turut dalam team relawan semenjak kemarin, nampak perahu milik Basarnas melintas ke arah hulu sungai sekitar pukul 06:15 WIB  tak lama kemudian mendengar kabar dari Basarnas dan BPBD Rohul bahwa posisi korban sudah ditemukan di lokasi Penyabungan Sungai Rokan dalam keadaan terapung posisi miring di dekat pusaran air pada pukul 07:00 Wib.
 
 
Selanjutnya korban dibawa ke Posko menggunakan perahu Basarnas dan Ratusan orang berdatangan ingin menyaksiakan kondisi korban, Lantas korban dibawa ke Puskesmas Rokan IV Koto untuk dilakukan pemeriksaan.
 
 
Setelah itu korban dibawa ke rumah duka menggunakan Ambulance ke desa Airpanas untuk diserahkan kepihak keluarga untuk disemayamkan, puluhan pelayat sudah menunggu di rumah duka dan hari itu juga korban dikebumikan.(Sur)
 
Share
Loading...
Berita Terkait
  • kemarin

    Gadis Umur 5 Tahun Dicabuli Kakek Umur 59 Tahun

    ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Anak Umur 5 tahun jadi korban pencabulan oleh seorang kakek yang usianya sudah 69 tahun, di Desa Rambah M

  • kemarin

    Maticboy Backpacker Dan Lenggok Media Production Membuka Objek Wisata Bernuansa Literasi.

    ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Pada tanggal 13-14 Januari 2018. Komunitas sadar wisata Maticboy backpacker bergandengan dengan komunitas

  • 4 hari lalu

    Sertijab Kapolsek Ujung Batu Dan Kapolsek Bonai Darussalam Di Mapolres Rohul

    ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Kapolres Rokan hulu AKBP Yusup Rahmanto SIK. MH  bertindak sebagai Inspektur Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kapolsek Ujungbatu dan B
  • 6 hari lalu

    Kelenjar Getah Bening Dan Kanker Mulut Sembuh Dengan Obat Herbal Prozant

    RIAUONE.COM - Kini telah hadir Obat herbal yang sangat mujarab, dengan ribuan testimoni dari pengakuan oleh penderita berbagai penyakit yang sudah sembuh dengan menggunakan
  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2018 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.