• Home
  • Advertorial
  • Bupati Rohul H. Sukiman Keluarkan Surat Edaran Terkait Pencegahan Virus Corona
Sabtu, 14 Maret 2020 14:55:00

Bupati Rohul H. Sukiman Keluarkan Surat Edaran Terkait Pencegahan Virus Corona

SURYA PATRIANTO

ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Pemkab Rokan hulu dalam menindaklanjuti Surat Edaran Kementrian Kesehatan RI Nomor: SR 03.04/II/55/2020 tanggal 06 Januari 2020 tentang kesiapsiagaan dalam upaya Pencegahan dan Pemyebaran Penyakit Pneumonia dari Negara Republik Rakyat Tiongkok (RRT) ke Indonesia dan juga atas Surat Edaran Gubernur Riau Nomor 43/SE/2020 Tetang tidak lanjut Kesiapsiagaan dan Penyebaran penyakit Pneumonia dari RRT Ke Indonesia.

Pemkab Rokan hulu menerbitkan Surat Edaran yang ditanda tangani oleh Bupati H. Sukiman pada tanggal 9 Maret 2020, diharapkan kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu untuk mengitruksikan kepada setiap Puskesmas untuk melakukan pengamatan terhadap kasus Pneumonia yang terjadi di wilayahnya. 

Mengintruksikan kepada setiap Puskesmas agar petugas kesehatan memantau lebih ketat terhadap pasien dengan gejala Pneumonia dan Riwayat perjalan ke Negara terjangkit selama 14 hari sebelum munculnya gejala.

Memberikan komunikasi, Informasi dan edukasi kepada masyarkat cara pencegahan dan penularannya dengan memaparkan cara penanggulangan dan pencegahannya.

Segera melaporkan kasus suspect Pneumonia berat yang memiliki riwayat perjalanan dari negara terjangkit yang ditemukan oleh Dinkes Kabaputen Rohul serta membentuk team terpadu kesiapsiagaan penanggulangan infeksi Virus Corona di Kabupaten Rohul.

Dilayangkan juga surat edaran kepada Direktur RSUD Pasirpangaraian agar meningkatkan kewaspadaan deteksi dini dan melakukan isolasi terhadap pasien yang datang ke RSUD dengan gejala atau tanda Pneumonia dan ada riwayat perjalanan dari Negera yang terjangkit selama 14 hari dari sebelumnya munculnya gejala.

Ditekankan agar pihak RSUD Memberikan pengobatan dan perawatan yang sesuai terhadap pasien dengan tanda atau gejala diatas. Melakukan pengambilan sample, pengepakan dan pengiriman spesimen dengan berkoordinasi terlebih dahulu dengan UPT Laboratorium Kesehatan dan Lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

Pihak RSUD Pasirpangaraian juga harus memberikan informasi dan edukasi kepada keluarga pasien dan masyarakat  tentang cara mencegah penularannya serta memberi anjuran.

Dihimbau kepada Camat se kabupaten Rokan hulu untuk berkoordinasi dengan kepala Puskesmas, Lurah dan Kepala desa untuk melakukan pengamatan ketat terhadap kasus Pneumonia, melakukan koordinasi ditingkat kecamatan dan pemangku kepentingan terkait pemberian Komunikasi, informasi, dan edukasi kepada masyarakat, dan melaporkan hambatan dan hasil pengamatan secara periodik kepada Bupati Rohul.

Diharapkan juga kepada seluruh lurah dan kepala desa se kabupaten Rokan hulu agar melakukan kerjasama dengan Puskesmas dan petugas kesehatan melaksanakan sosialisasi, informasi dan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang penyakit Pneumonia, memberikan cara pencegahan dan cara penularan.

Melakukan pergerakan masyarakat dalam upaya pencegahan penularan penyakit Pneumonia melalui perilaku hidup sehat; dengan cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, terapkan etika batuk, saat anda batuk atau bersin. Konsumsi makanan bergizi, masak daging dan telur sampai matang. Hindari menyentuh hewan atau burung secara langsung. Memakai masker jika sakit flu atau batuk. Segara ke Puskesmas, klinik, atau Rumah sakit terdekat apabila mengalami gejala demam, batuk, sesak dan gangguan pernafasan, serta memiliki riwayat perjalanan dari negara yang terjangkit virus corona.***(ADV/Diskominfo/PemkabRohul/Sur)


Share
Berita Terkait
  • kemarin

    UPDATE: Positif 1.046, Meninggal 87, Sembuh 46, Situasi Virus Corona 27 Maret 2020

    RIAUONE.COM - Terjadi peningkatan yang sangat tajam dalam 2 hari ini, Terkait kasus virus corona atau Covid-19 di Indonesia, peningkatan yang sangat mencolok bertambahnya yang p

  • 2 hari lalu

    Relawan Pemuda Dalu Dalu, Tambusai Sterilisasi Masjid Guna Mencegah Penyebaran Virus Corona

    ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Dalam upaya pencegahan merebaknya pandemi Corona Virus Diseas 2019 yang biasa disebut Covid-19 para pemuda dalu dalu yang tergabung sebagai Relawan mel

  • 4 hari lalu

    Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Corona di Desa Sei Kandis

    ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Babinsa Koramil 13/Rokan Kodim 0313/Kpr Serda Aan Setiawan Bersama Bhabinkamtibmas dan Kepala Desa Sei Kandis Kecamatan Pendalian IV Koto, Rokan hulu,

  • 5 hari lalu

    Kisah Pilu Kedua Orangtuanya Meninggal Karena Terpapar Virus Corona

    RIUAONE.COM - Kisah pilu dari anak yang kedua orangtuanya meninggal karena terinfeksi virus corona, ungkapan itu diunggah melalui akun instagramnya @evarahmisalama yang mendapat

  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.