• Home
  • Advertorial
  • Bupati Rohul Tanam Perdana Pohon Aren Di Rokan Timur, Program Bapak Angkat PT Mohas Resty Kolaka
Selasa, 17 April 2018 05:24:00

Bupati Rohul Tanam Perdana Pohon Aren Di Rokan Timur, Program Bapak Angkat PT Mohas Resty Kolaka

SURYA PATRIANTO
Loading...
ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Bupati Rokan Hulu (Rohul)  H Sukiman melakukan tanam perdana pohon aren di bukit piang  Kelurahan Rokan Kecamatan Rokan IV Koto, Rokan hulu, yang dikelola oleh PT. Mohas Resty Kolaka, pada hari senin (16/4/2018) sekitar pukul 10:30 Wib.
 
 
Dalam acara penanaman pohon aren tersebut dihadiri Kapolres Rokan hulu yang diwakili Kapolsek Rokan IV Koto AKP Inafri,  Dandim yang diwakili oleh Kapten Raflis Jon dari Pabung, Para kepala Dinas Pemda Rohul, Camat Rokan IV Koto  Muhammad Abrar, para kepala desa, tokoh masyarakat dan para undangan.
 
 
Bupati Rokan hulu dalam sambutanya meminta agar pihak pengusaha yaitu PT Mohas Resty Kolaka agar benar benar mengawal, membina, serta memfasilitasi dari hasil panen petani tersebut, "Pada awalnya pengusaha dan petani harus jujur, petani harus selalu bekerja sama dengan pengusaha, dan pengusaha jangan menelantarkan petani, harus dikawal hingga sampai berhasil".
 
 
"Kalau dengan program ini akan meningkatkan taraf hidup petani dan lebih bagus penghasilannya daripada menanam kelapa sawit, saya juga tertarik ingin menanam pohon aren" papar Bupati Rohul.
 
 
Direktur PT. Mohas Resty Kolaka
Dr.Restyarto Efiawan.SE MM memulai program penanaman pohon aren seluas 10 hektar di lokasi yang terletak di Bukit piang dan 100 Hektar si Rokan timur, Kecamatan Rokan IV Koto, Rokan Hulu, Riau yang akan dijual ke petani dengan cara Perkapling luas 1000 meter persegi.
 
 
Dalam setiap kapling akan ditanam 10 pohon kelapa dan 20 pohon Aren, petani hanya bayar 10 juta perkapling dan sisanya 20 juta akan diajukan pinjaman ke Bank Riau dengan pembayaran cicilan setelah kebun sudah berproduksi.
 
 
Pihak Perusahaan, bertanggung jawab hingga atas penanaman pohon kelapa dan Aren, "Saya akan ganti jika ada pohon yang mati, dan biaya perawatan selama 4 Tahun dari perusahaan" Ungkap Restyarto yang juga sebagai Ketua Asosiasi Aren Indonesia.
 
 
Dalam perhitungan nilai hasil, pohon aren lebih besar hasilnya dibandingkan kelapa sawit, dalam luas 1hektar kebun aren yang ditanam 125 pohon, akan menghasilkan sekitar 560 juta rupiah pertahun.
 
 
Melalui program ini, Harapan Restyarto, Kabupaten Rokan hulu sebagai pemasok terbesar gula aren, mengingat luasnya tanah di Wilayah Rokan hulu yang masih belum produktif, sedangkan kekurangan gula aren untuk kebutuhan dunia masih belum terpenuhi.
 
 
Pihak perusahaan juga akan mengajarkan ke masyarakat cara proses pengolahan produksi hingga bisa, dan kedepan PT Mohas Resty Kolaka juga akan mendirikan pabrik  di Rokan hulu.
 
 
Alasan memilih Rokan hulu, menurut Restyarto dikarenakan masyarakat Rokan hulu sudah terbiasa berkebun, dan selama ini petani banyak mengandalkan kelapa sawit, sedangkan penghasilan dari Kelapa sawit sekarang ini sudah menurun, agar penghasilan masyarakat tidak stagnan, Kami arahkan untuk beralih berkebun aren yang kebutuhannya mendunia.
 
 
"Disamping itu juga kita memperhitungkan dampak lingkungan, kita tidak mau wilayahnya banjir, sedangkan tanah dari pohon aren sebagai pencegah erosi"Jelas Restyarto.***(SUR)
 
 
 
Share
Loading...
Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    BEM UPP Rohul Desak Bupati Rohul,Segera Ajukan Calon Wakil Bupati

    ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Badan Eksekutif Mahasiswa - Universitas Pasir Pangaraian (BEM-UPP) Rokan hulu (Rohul) Mendesak Agar jabatan wakil Bupati Rohul segera diisi agar t
  • 6 bulan lalu

    Bupati Kuansing H Mursini, Doa Bersama Masyarakat menyambut Bulan Suci Ramadhan 1439 H

    KUANSING,- Bupati Kuantan Singingi H Mursini sambut masyarakat dalam acara silaturahmi dalam rangka syukuran dan doa bersama menyambut Bulan Suci Ramadhan 1439 H Selasa (15
  • 8 bulan lalu

    Mobil dan Motor Mewah Sitaan Milik Bupati Non-aktif Hulu Sungai Tengah

    NASIONAL,  - Delapan buah mobil dan delapan buah motor yang disita Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) dari tangan tangan Bupati non-aktif Hulu Sungai Tengah Abdul Lat
  • 8 bulan lalu

    Bupati Rohul H. Sukiman Deklarasikan Anti Berita Hoax, Baca Ikrar Bersama ASN, Tokoh Masyarakat Dan Ormas

    ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Bupati Rokan hulu H. Sukiman memimpin Upacara dalam memperingati Hari Kesadaran Nasional ( HKN) di lingkungan Pemerintah Daerah Rokan Hulu, Besert
  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2018 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.