Sabtu, 02 November 2019 21:58:00

Bupati Inhil Serahkan Zakat Produktif di Pasar Kembang

Bupati Indragiri Hilir HM Wardan

RIAUONE.COM, KERITANG - Bupati Indragiri Hilir (Inhil), Drs HM Wardan MP menghadiri acara pendistribusian zakat produktif yang berupa perahu nelayan bermesin di Desa Pasar Kembang Kecamatan Keritang, Jumat (1/11/2019)

Acara ini ditaja oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) Kabupaten Inhil bekerjasama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Inhil.

Turut hadir dalam kesempatan itu Camat Keritang, Unsur Forkopimcam Keritang, Ketua BAZNas Kabupaten Inhil, Kepala Desa Pasar Kembaang, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta masyarakat setempat.

BAZNas Kabupaten Inhil dibiayai langsung oleh Pemkab Inhil. Diutarakan Yunus Hasbi, selama 2 tahun terakhir dana operasional BAZNas yang diberikan oleh Pemkab Inhil adalah sebesar 2 miliar rupiah.

Sebelum menyampaikan sambutannya, Bupati menyerahkan zakat produktif tersebut. Sebanyak 10 unit perahu nelayan bermesin resmi menjadi milik nelayan yang terpilih menjadi mustahik di Desa Pasar Kembang.

Selain perahu, Bupati juga menyerahkan uang tunai serta perangkat alat solat laki-laki dan perempuan kepada para mustahik tersebut. Total zakat yang disalurkan kepada 10 mustahik di Desa Pasar Kembang ialah Rp.12.089.100 perorang.

Bupati berharap perahu tersebut dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya oleh para penerima. Dirinya juga berharap agar para mustahik yang menerima perahu tersebut, pada tahun depan dapat menjadi muzakki (orang yang membayar zakat).

Sedangkan perangkat solat tersebut, diharapkan Bupati Agamis ini agar selalu dibawa oleh para nelayan sehingga tidak meninggalkan solat.

"Kain dan baju yang di tas kuning itu dibawa melaut, jadi pas terdengar adzan, tidak sempat pulang, bisa digunakan untuk solat. Jangan tinggalkan solat, karena solat adalah tiang agama. Jangan sampai kesibukan membuat kita lupa beribadah," tegas Bupati.(Galeri)


Copyright © 2012 - 2019 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.