Senin, 13 September 2021 23:17:00

6 Manfaat Memainkan Lego City

Lego merupakan mainan yang sangat populer di berbagai kalangan mulai dari anak berusia balita hingga orang dewasa. Hal ini karena lego dapat mengembangkan kreativitas anak dan menjadi penghilang stress bagi orang dewasa.

Salah satu seri lego yang terkenal adalah Lego City, yang menggambarkan suasana berbagai tempat di sebuah kota. Berikut merupakan 6 manfaat dari Lego City yang harus diketahui oleh orang banyak.

1. Mengasah kreativitas

Lego sendiri merupakan permainan memasang puzzle dan karena itulah lego dapat mengasah kreativitas yang memainkan karena yang memainkan lego tersebut bebas menuangkan kreativitas dan inovasinya. Apalagi jika membeli Lego City yang memiliki banyak jenis.

Dengan banyaknya jenis tersebut akan membuat pembeli membuat lebih banyak objek dan objek yang dibuat pasti lebih beragam. Karena alasan itulah Lego City dikatakan dapat mengasah kreativitas.

2. Tidak membuat anak bosan

Lego City memiliki banyak jenis mulai dari set pantai, set tempat ski, bahkan ada juga set luar angkasa. Dengan beragam jenis tersebut, maka anak akan mengeksplor lebih banyak hal dan tidak akan bosan karena beragam.

Lego City juga menyediakan orang yang berprofesi dekat dengan tempat tersebut. Misalnya pada Lego City yang memiliki  set luar angkasa, maka terdapat lego orang yang berprofesi sebagai astronot.

3. Lebih banyak mengetahui mengenai dunia luar

Lego City menggambarkan berbagai tempat yang relatif umum seperti pantai, tempat liburan ski, dll. Karena itulah anak akan lebih mengetahui berbagai tempat hanya dengan bermain lego.

Hal ini jelas penting untuk perkembangan anak dan dapat menjadi perkenalan pertama antara anak dengan suatu tempat. Jangan sampai sang anak menjadi pasif dan pendiam karena kurang mengetahui hal mengenai dunia luar.

4. Referensi cita-cita anak

Pada poin 2 sudah dijelaskan bahwa dalam Lego City juga ada lego orang yang sedang melakukan pekerjaannya. Seiring berjalannya waktu, maka anak akan penasaran mengenai profesi tersebut dan ia akan menanyakan pada orang tuanya.

Orang tua pun akan menjelaskan mengenai profesi tersebut. Bisa jadi anak menjadi tertarik dengan profesi tersebut dan akhirnya memiliki cita-cita. Orang tua tinggal membimbingnya karena anak sudah memiliki tujuan ingin menjadi apa.

5. Melatih kemampuan memecahkan masalah

Pada Lego City, tidak semua bricks bisa menyatu dengan bricks lainnya. Itu membuat anak harus mencari mana bricks yang cocok untuk disatukan sehingga secara tidak langsung melatihnya untuk memecahkan masalah.

Kemampuan memecahkan masalah sendiri sangat terpakai ketika sudah dewasa. Salah satu aspek yang dinilai oleh HRD dalam mencari karyawan adalah aspek kemampuan karyawan dalam memecahkan masalah.

6. Melatih kemampuan koordinasi dan peletakan

Bermain lego sendiri sudah melatih koordinasi antara tangan dan mata karena anak harus menyatukan bricks yang berpasangan. Apalagi Lego City yang memiliki bentuk bricks yang sangat beragam. 

Selain itu, pemetaan atau peletakan objek juga merupakan sesuatu yang dapat dilatih dengan bermain lego. Misalnya pada Lego City yang memiliki set toko donat, anak tidak boleh menaruh mobil van di depan toko karena hanya akan menutupi toko. Meskipun sepele, namun kemampuan untuk memetakan sesuatu juga penting dan perlu dilatih semenjak berusia dini.

Itulah 6 manfaat ketika bermain lego khususnya seri Lego City. Sedikit demi sedikit anak akan tumbuh dan berkembang hingga menjadi orang yang hebat. (*).


Share
Komentar
Copyright © 2012 - 2021 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.