Senin, 05 Juni 2017 11:30:00

BI dan Perbankan Layani Penukaran Uang Baru, Nilainya Rp167 T

Loading...
NUSANTARA, - Bank Indonesia bersama bank-bank yang beroperasi di Indonesia akan serentak membuka layanan penukaran uang di lapangan Monas pada 5 Juni 2017. Dan penukaran uang maksimal Rp 3,7 juta per orang.
 
"Penukarannya, maksimal Rp 3,7 juta per orang," kata Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang BI Suhaedi di Gedung Bank Indonesia.
 
Untuk bisa melakukan penukaran, Bank Indonesia mewajibkan penukar untuk menyertakan KTP atau identitas diri lainnya. Identitas ini difungsikan untuk pencatatan.
 
"Jadi jangan orang yang sama berkali-kali dalam satu hari. Jadi di Monas dan bersama-sama perbankan kita catat. Jadi kalau sudah tukar sekali pada hari itu, kalau mau pindah ke bank lain sudah tidak bisa. Supaya beri kesempatan ke masyarakat lebih banyak," jelas dia.
 
Mengenai pecahan yang bisa ditukarkan, setiap pecahan masing-masing pack akan berisi 100 lembar uang. Dengan begitu satu pak  uang pecahan Rp 20 ribu total Rp 2 juta, pecahan Rp 10 ribu total-nya Rp 1 juta, pecahan Rp 5.000 total Rp 500 ribu, dan pecahan Rp 2.000 totalnya Rp 200 ribu.
 
‎Seperti diketahui, dalam menghadapi lebaran kali ini, Bank Indonesia menyediakan tambahan uang kartal, baik uang logam atau uang kertas mencapai Rp 167 trilun. Jumlah ini meningkat 14 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya.
 
Hingga 29 Mei 2017 lalu, realisasi penukaran uang di Monas sudah mencapai Rp 2,6 miliar. Adapun jumlah masyarakat yang sudah menukarkan uangnya di Monas sekitar 600 orang.
 
Suhaedi memperkirakan, puncak penukaran uang tunai ini diperkirakan terjadi setelah Tunjangan Hari Raya (THR) para pekerja sudah cair atau maksimal satu minggu sebelum Lebaran. (ind/net).
 
Share
Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Walikota Pekanbaru Terima Penghargaan Satya Lencana Karyabhakti Praja Nugraha

    PEKANBARU-Walikota Pekanbaru, Firdaus, kembali menerima anugerah nasional. Kali ini, orang nomor satu di Pekanbaru itu menerima penghargaan Satya Lencana Karyabhakti Praja Nugra

  • 18 jam lalu

    Jack Ma Mundur, Alibaba Group Rombak Manajemen

    SHANGHAI - Alibaba Group Holding Ltd mengatakan pada Selasa (17/6) bahwa direktur keuangan Maggie Wu, akan mengawasi unit akuisisi strategis dan investasi perusahaan, sebagai ba

  • 21 jam lalu

    SHOPLINE, Asia's Biggest Smart Commerce Platform, Strengthens Foothold in Southeast Asia following Malaysia Launch


    KL adds to SHOPLINE’s expanding network in bid to support more merchants go digital and go global

    HONG KONG, CHINA, - 18 June 2019 - SHOPLINE, the global smart

  • 15 jam lalu

    Demo Sidang MK, Hehamahua: Anak Perusahaan BUMN adalah BUMN

    JAKARTA - Mantan penasihat di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abdullah Hehamahua angkat suara soal defenisi perusahaan anak BUMN sebagai usaha milik negara. Menurut dia, ana

  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2019 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.