Senin, 05 Juni 2017 11:30:00

BI dan Perbankan Layani Penukaran Uang Baru, Nilainya Rp167 T

NUSANTARA, - Bank Indonesia bersama bank-bank yang beroperasi di Indonesia akan serentak membuka layanan penukaran uang di lapangan Monas pada 5 Juni 2017. Dan penukaran uang maksimal Rp 3,7 juta per orang.
 
"Penukarannya, maksimal Rp 3,7 juta per orang," kata Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang BI Suhaedi di Gedung Bank Indonesia.
 
Untuk bisa melakukan penukaran, Bank Indonesia mewajibkan penukar untuk menyertakan KTP atau identitas diri lainnya. Identitas ini difungsikan untuk pencatatan.
 
"Jadi jangan orang yang sama berkali-kali dalam satu hari. Jadi di Monas dan bersama-sama perbankan kita catat. Jadi kalau sudah tukar sekali pada hari itu, kalau mau pindah ke bank lain sudah tidak bisa. Supaya beri kesempatan ke masyarakat lebih banyak," jelas dia.
 
Mengenai pecahan yang bisa ditukarkan, setiap pecahan masing-masing pack akan berisi 100 lembar uang. Dengan begitu satu pak  uang pecahan Rp 20 ribu total Rp 2 juta, pecahan Rp 10 ribu total-nya Rp 1 juta, pecahan Rp 5.000 total Rp 500 ribu, dan pecahan Rp 2.000 totalnya Rp 200 ribu.
 
‎Seperti diketahui, dalam menghadapi lebaran kali ini, Bank Indonesia menyediakan tambahan uang kartal, baik uang logam atau uang kertas mencapai Rp 167 trilun. Jumlah ini meningkat 14 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya.
 
Hingga 29 Mei 2017 lalu, realisasi penukaran uang di Monas sudah mencapai Rp 2,6 miliar. Adapun jumlah masyarakat yang sudah menukarkan uangnya di Monas sekitar 600 orang.
 
Suhaedi memperkirakan, puncak penukaran uang tunai ini diperkirakan terjadi setelah Tunjangan Hari Raya (THR) para pekerja sudah cair atau maksimal satu minggu sebelum Lebaran. (ind/net).
 
Share
Loading...
Berita Terkait
  • 6 jam lalu

    Tolak Bantuan Gubernur DKI Jakarta, BPBD Riau Dinilai Arogan

    PEKANBARU - Keinginan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk membantu memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhurla) di Riau dengan mengirimkan 65 personel ke Bumi Lancang K

  • 7 jam lalu

    Majlis Rakyat Riau Terbentuk, Suhardiman: ini tidak Sama Dengan GAM atau OPM

    PEKANBARU-Datuk Panglimo Dalam, Suhardiman Ambi mengklaim sejumlah tokoh adat, para panglima dan pendekar tanah melayu Riau bersepakat membentuk sebuah perkumpulan yang bernama

  • 8 jam lalu

    Wiranto Sebut Karhutla Riau Tidak Parah, BNPB Keluarkan Data Udara Masih Berbahaya

    NASIONAL, -  Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto menyebut kebakaran hutan yang terjadi di Provinsi Riau tidak sama dengan kabar yang disampaikan s

  • 8 jam lalu

    Menko Polhukam Wiranto Sebut: Karhutla di Riau Tak Separah yang Diberitakan

    Jangan Masukin Hati

    NASIONAL, - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menilai kebakaran hutan dan lahan ( karhutla) yang terjadi

  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2019 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.