Minggu, 12 Januari 2020 14:09:00

Bagaimana Memilih Ikan yang Masih Segar? ini 3 Cara-nya

KESEHATAN, - Ikan memiliki kandungan kandungan gizi yang baik bagi tubuh. Kandungan gizi yang ada di dalam ikan seperti protein, vitamin, mineral, kalsium, dan lemak sangat baik untuk perkembangan tubuh terutama untuk anak-anak. Nutrisi tersebut dapat dijumpai di dalam ikan laut maupun ikan air tawar.

Beberapa nutrisi penting tersebut hanya dapat kita temukan pada ikan yang masih segar. Untuk ikan yang sudah tidak segar biasanya tidak mengandung nutrisi melainkan bakteri yang dapat menyerang tubuh. Sebaiknya lebih teliti saat akan membeli ikan. Pilih ikan yang masih segar dan layak dikonsumsi.

Berikut ini adalah 3 tips untuk memilih ikan yang masih segar.

Hal yang pertama dilakukan ketika memilih ikan segar yaitu dengan mengenali baunya. Kenali bau ikan segar dan tidak segar, ikan yang masih segar biasanya berbau amis yang tidak begitu menyengat. Apabila menemui bau ikan yang amis terlalu menyengat biasanya ikan telah melalui proses pembusukan.

Perhatikan Warna Insang dan Tubuh Ikan

Pastikan tubuh ikan berwarna segar dan mengkilap. bagian dari tubuh ikan mulai remuk atau mudah dikelupas, maka hati-hati bisa jadi ikan tersebut tidak segar. Selain warna tubuh bisa juga perhatikan bagian insang ikan, apabila berwarna merah segar maka dapat dipastikan ikan masih segar. Namun sebaliknya apabila mendapati insang ikan yang sudah kusam dan warnanya pucat, kemungkinan ikan sudah tak segar.

Daging Ikan Memiliki Tekstur Elastis

Ketika hendak membeli ikan, sebaiknya teliti tekstur dagingnya. Apabila teksturnya bila disentuh lembek dan tidak menempel pada tulang, bisa jadi ikan tersebut sudah tidak segar lagi. Pilih daging ikan yang memiliki warna cerah segar, dan dagingnya masih menempel pada tulang.

Setelah membeli ikan yang segar, sebaiknya segera masak. Apabila ikan dibiarkan di suhu ruangan makan ikan akan lebih cepat busuk. Atau bisa juga menyimpannya di lemari es untuk menjaga kesegarannya. Semoga informasi ini bermanfaat ya. (*).

Share
Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Pelegalan Cantrang Jadi Bukti Negara Berpihak kepada Investor

    NASIONAL, - Setelah regulasi yang melegalkan pemanfaatan usaha benih Lobster disahkan dan diberlakukan, Pemerintah Indonesia segera mengesahkan dan memberlakukan regulasi yang m

  • 2 bulan lalu

    Aktivis TRC PPA Dan Srikandi Masuri Akan Bantu Terdakwa Pencuri 3 Tandan Buah Sawit Di Rohul

    RIAU, RIAUONE.COM - Beredar berita mengenai Seorang Ibu Rumah Tangga beranak 3 yang didakwa mencuri 3 Tandan Buah Sawit Segar di Areal Lokasi Perkebunan milik BUMN PTPN V Sei Ro

  • 6 bulan lalu

    Darurat Virus Mematikan di China, Hong Kong Hentikan Layanan Kereta dan Kapal Feri ke China Daratan

    HONGKONG - Pemimpin Hong Kong Carrie Lam mengumumkan rencana untuk menghentikan layanan kereta cepat dan kapal feri dengan China daratan saat pusat keuangan global itu berupaya

  • 8 bulan lalu

    [FOTO]: Mengintip Pabrik Kaviar dari China yang Mendunia

    DUNIA, - Kaviar merupakan makanan mewah yang disajikan di hotel berbintang. Tak banyak yang tahu, China merupakan salah satu negara penghasil kaviar terbesar dunia.

    Kaviar

  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.