• Home
  • Kilas Global
  • Bikin Curiga? Mendekati Pilpres Pertamina Turunkan Harga BBM Hingga Rp800 per Liter?
Minggu, 10 Februari 2019 07:17:00

Bikin Curiga? Mendekati Pilpres Pertamina Turunkan Harga BBM Hingga Rp800 per Liter?

NASIONAL, - PT Pertamina (Persero) kembali melakukan penyesuaian harga BBM mulai 10 Februari 2019 pukul 00.00 waktu setempat (WIT, WITA dan WIB). Kebijakan penyesuaian harga ini ditempuh menyusul tren menurunnya harga minyak mentah dunia dan penguatan rupiah terhadap dolar Amerika Serikat. 

Selain itu, Pertamina juga senantiasa memperhatikan daya beli masyarakat.  Besaran penyesuaian harga BBM menjadi lebih murah ini bervariasi sampai dengan Rp 800 per liter.

Direktur Pemasaran Retail Pertamina, Mas'ud Khamid, menjelaskan sesuai ketentuan pemerintah, sebagai badan usaha hilir Migas Pertamina tunduk pada mekanisme penentuan harga dengan mempertimbangkan dua faktor utama, yakni harga minyak mentah dan nilai tukar rupiah.

"Komponen utama penentu harga bersifat fluktuatif, sehingga kami terus melakukan evaluasi terhadap harga jual BBM," kata Mas'ud Khamid dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (9/2).

Lebih lanjut Mas'ud menjelaskan, penyesuaian harga bervariasi untuk produk-produk BBM yang dijual Pertamina. Untuk wilayah Jakarta, berikut komposisi harga BBM non subsidi : 

1. Pertamax Turbo turun dari Rp 12.000 menjadi Rp 11.200 per liter 

2. Pertamax turun dari Rp 10.200 menjadi Rp 9.850 per liter 

3. Dexlite turun dari Rp 10.300 menjadi Rp 10.200 per liter 

4. Dex turun dari Rp 11.750 menjadi Rp 11.700 per liter

5. Pertalite tetap Rp 7.650 per liter

Selain itu, Pertamina juga melakukan penyelerasan harga Premium (JBKP di wilayah Jawa, Madura, dan Bali) menjadi Rp 6.450 per liter sehingga sama dengan harga di luar Jawa, Madura, Bali.

Sebagai informasi, harga BBM di beberapa wilayah berbeda karena adanya pemberlakuan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) yang berbeda untuk setiap wilayah.

Semua harga BBM ini juga sesuai dengan peraturan pemerintah yang mengatur harga BBM Jenis Bahan Bakar Minyak Umum sebesar minimal 5 persen dan maksimal 10 persen dari harga dasar. (*).
sumber: kumparan.

Share
Berita Terkait
  • 2 tahun lalu

    ldul Fitri 1438H Pertamina Siapkan 16 Lokasi SPBU di Jalur Mudik

    PEKANBARU - Dalam menyambut hari raya ldul Fitri 1438H, PT Pertamina (Persero) MOR I menyiapkan 16 kantong SPBU yang berada di jalur Iintas mudik dan wisata.
  • 2 tahun lalu

    Pertamina Pastikan Stok BBM Aman Pada Saat Mudik Lebaran

    JAKARTA - Pertamina memastikan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) selama Ramadhan dan Idul Fitri aman. Hal itu diungkapkan Direktur Pemasaran Pertamina Muchamad Iskandar Selasa
  • 2 tahun lalu

    Rencanakan Tarif Baru BBM, Pertamina No Komen

     
    PEKANBARU, RIAU, - Rencana pemerintah menetapkan tarif baru untuk harga Bahan Bakar Minyak (BBM) akan memberikan dampak bagi perekonomian masyarakat.
  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2019 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.