Selasa, 20 November 2018 07:15:00

Chairman Nissan Ditangkap, Manipulasi Keuangan Bertahun-tahun

DUNIA, - Chariman Nissan Carlos Ghosn akhirnya ditahan karena diduga melakuakan tindak pidana keuangan berdasarkan hukum Jepang. Ghosn dan direktur perseroan Greg Kelly diduga sudah melakukan praktik tersebut selama bertahun-tahun, seperti yang ditulis Nissan dalam rilisnya, Senin (19/11/2018. 

Keduanya dinilai tidak melaporkan jumlah kompensasi yang diterima secara jujur kepada otoritas Bursa Tokyo atau Tokyo Stock Exchange.

Pihak Nissan juga menyebutkan Ghosn telah melakukan banyak tindakan pelanggaran yang signifikan lainnya telah ditemukan, seperti penggunaan pribadi aset perusahaan. Perusahaan itu mengatakan Ghosn juga melakukan investasi yang tidak sesuai.

Dalam konferensi pers Senin, Chief Executive Nissan Hiroto Saikawa, mengatakan kedua orang itu telah ditangkap dan Kamis ini dia akan mengusulkan kepada Dewan Direksi Nissan untuk meniadakan peran mereka.

Kepala eksekutif Nissan mengatakan ada pembisik "whistle blower" yang telah memberikan informasi kepada auditor Nissan yang kemudian memulai penyelidikan yang lebih luas. Bukti itu kemudian diteruskan ke jaksa penuntut umum Jepang.

Saikawa mengatakan baik Ghosn dan Kelly jelas "mendalangi" tuduhan kesalahan tetapi menolak untuk mengatakan berapa banyak orang yang bisa terlibat. Dia mengatakan bahwa karena kerahasiaan operasi, sebagian besar eksekutif puncak lainnya di firma hanya mengetahui kesalahan Ghosn dalam beberapa jam terakhir dan bahwa hanya "beberapa" orang yang tahu tentang penyelidikan.

Dalam menghadapi media saja, lanjut Saikawa, Ghosn telah membiarkan konsentrasi kekuasaan dalam satu individu. Saikawa mengatakan kesalahan terjadi selama periode panjang dan kelihatannya Kelly diizinkan untuk mengendalikan operasi internal, karena ia mendapat dukungan langsung dari Ghosn. (cnbc/ind/net/*).

Share
Berita Terkait
  • 2 tahun lalu

    Gilee, Waw! Gaji Bos Nissan di tahun 2016 Rp11 Miliar Per Bulan?

    YOKOHAMA - Pertemuan tahunan Nissan di Yokohama, Jepang, sekitar bulan Juli 2016 yang lalau, mengungkap, pendapatan CEO perusahaan, Carlos Ghosn, tahun itu mencapai 1,07 miliar

  • 2 tahun lalu

    Siapa sih Carlos Ghosn, Bos Nissan yang Ditangkap Pihak Berwajip Jepang


    DUNIA, - Chairman Nissan Carlos Ghosn akhirnya ditanggkap oleh pihak berwajib Jepang karena diduga melakukan penyelewengan keuangan. Ghosn dituduh melakukan hal terse

  • 3 tahun lalu

    Nissan and Mitsubishi Motors Team Up on Spare Parts Warehousing in Japan's Kanto Region

    Companies also join forces on delivery for increased synergies
     
    TOKYO, Apr 24, 2018 - (JCN Newswire) - Nissan Motor Co., Ltd. and Mitsub
  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.