• Home
  • Kilas Global
  • Dunia Maya Geger Gegara Peserta MTQ Pilih Mundur karena Diminta Buka Cadar oleh Panitia MTQ
Kamis, 10 September 2020 16:12:00

Dunia Maya Geger Gegara Peserta MTQ Pilih Mundur karena Diminta Buka Cadar oleh Panitia MTQ

F/Ilustrasi

NASIONAL, - Jagat media sosial digegerkan dengan beredarnya video mengenai salah satu peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-37 di Provinsi Sumatera Utara, yang diminta membuka cadarnya oleh panitia kegiatan itu.

Dalam video tersebut terlihat seorang perempuan peserta lomba tafsir memasuki sebuah ruangan. Saat itu, peserta yang memakai cadar itu berjalan masuk dan duduk di tempat yang telah disediakan untuk bersiap-siap.

"Tolong bisa dibuka cadarnya, supaya tahu kita bacaannya," kata seorang pria diduga panitia MTQ, seperti terekam dalam video tersebut.

Peserta itu sempat terdiam, lalu terjadi percakapan dalam bahasa Arab antara peserta asal Labuhan Batu Utara itu dan seorang pria yang diduga dewan hakim.

"Sudah dibuat aturan secara nasional kalau enggak mau buka langsung didiskualifikasi," ujar pria tersebut.

Peserta itu sempat meminta agar tetap menggunakan cadar, namun ditolak. Dia kemudian langsung berdiri dan meninggalkan panggung. 

Ketua Dewan Hakim MTQ ke-37 Sumatera Utara, Yusuf Rekso, mengatakan, pendiskualifikasian yang terjadi pada seorang peserta saat mengikuti perlombaan tafsir merupakan kejadian murni kesalahpahaman. Ia menegaskan, tidak ada pelarangan dalam menggunakan cadar bagi peserta yang berpartisipasi.

"Kita di Sumut itu menerapkan bahwa silakan orang memakai cadar, tetapi yang bersangkutan harus terlebih dahulu sebelum tampil kita adakan pemeriksaan. Artinya yang bersangkutan bersedia untuk diperiksa pada suatu tempat yang tentunya terlindung, oleh seorang hakim perempuan dilihat, dibuka cadarnya," kata Yusuf dalam wawancara tvOne, Kamis 10 September 2020.

Yusuf menyebut, nantinya setelah sudah diperiksa oleh hakim perempuan, maka akan disesuaikan apakah memang orang tersebut adalah orang yang sesungguhnya akan tampil. Panitia telah membujuk peserta tersebut untuk tampil ulang, namun yang bersangkutan menolak. (vva/net/*).

Share
Berita Terkait
  • 4 minggu lalu

    Dulu Tampil Seksi, Kini Artis Ini Putuskan Hijrah hingga Bercadar

    ENTERTAIN, - Tidak ada seorang pun yang tahu apa yang akan terjadi esok. Begitu pun dengan hidayah yang Allah SWT turunkan kepada umatnya. Bisa saja kehidupan kita sekarang bias

  • 11 bulan lalu

    Menteri Agama soal Polemik Celana Cingkrang dan Cadar: Maaf Kalau Ada Gesekan

    NASIONAL, - Setelah dilantik menjadi Menteri Agama, Fachrul Razi menuai banyak kontroversi soal pernyataannya terkait penggunaan celana cingkrang dan cadar di kalangan Aparatur

  • 2 tahun lalu

    Dosen Bercadar Melawan Diskriminasi Dan Pelanggaran HAM

    RIAUONE.COM - Tersiarnya berita tentang kasus pemberhentian seorang  Dosen yang bernama Hayati Syafri, Dosen Bercadar di IAIN Bukittinggi Sumatera Barat, akun Facebook Hoir

  • 2 tahun lalu

    Tetap Bercadar, Dosen Hayati Terancam tak Bisa Mengajar Lagi?

    PADANG, NUSANTARA, -- Masih ingat polemik penggunaan cadar di lingkungan akademik Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi di Sumatra Barat? Sejak semester genap tahu
  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.