• Home
  • Kilas Global
  • Everlight memulai transformasi strategis dan berdedikasi dalam pasar B2B ASEAN
Rabu, 23 September 2020 06:55:00

Everlight memulai transformasi strategis dan berdedikasi dalam pasar B2B ASEAN

TAIPEI, TAIWAN - 21 September 2020 - Setelah upaya selama bertahun-tahun dalam melakukan pengembangan di berbagai negara ASEAN, baru-baru ini Everlight memiliki pendekatan baru bagi beberapa pasar penting ini.

Dengan bantuan dari Green Trade Project Office (GTPO), Taiwan External Trade Development Council and Industrial Technology Research Institute (ITRI), Everlight memulai strategi bisnis baru dengan cara mengkhususkan diri dalam ekspor solusi turnkey B2B di niche market, alih-alih membatasi diri dan berkecimpung dalam saluran pemasaran harga rendah seperti hypermarket dan toko peralatan listrik. Melalui cara ini, Everlight mendapatkan tanggapan positif dari pebisnis Taiwan lokal yang menjalankan usaha di ASEAN.

Direktur Senior Everlight, Richard Hsu, menuturkan bahwa Everlight merupakan salah satu perusahaan LED asal Taiwan yang memasuki pasar ASEAN pada fase awal. Berbagai tantangan yang dihadapi Everlight di pasar lokal di antaranya level harga yang rendah, dan kurangnya sertifikasi keselamatan yang ketat, yang menempatkan perusahaan yang berfokus pada kualitas dalam posisi yang kurang menguntungkan.

Pabrik garmen di Laos menerapkan solusi Everlight, dan menjadi juru bicara bagi Everlight

Oleh karena itu, William Kuo selaku konsultan Everlight memutuskan untuk melakukan transformasi strategis, dan pergeseran fokus dari pemasaran melalui saluran distribusi di Thailand dan Indonesia, menjadi proyek pengadaan B2B dan pemerintah. Tidak lama kemudian, peluang bisnis bermunculan di Vietnam, Indonesia, dan Filipina. Salah satu contoh yang sukses adalah ketika Everlight bergabung dalam delegasi promosi dagang ITRI dan mengunjungi Laos, yang saat itu infrastrukturnya masih belum lengkap, dan sangat memerlukan solusi Everlight. Everlight juga mampu menemukan banyak ‘juara yang tak terlihat’ di Laos, yang menerapkan solusi Everlight.

Sebagai contoh, Lin Chung-I, Overseas Chinese Affairs Commissioner Taiwan di Vientiane, memperkenalkan produk Everlight kepada pabrik garmen Taiwan lokal, yang merupakan produsen asli dari merek fashion AS. Tidak lama berselang, pabrik garmen tersebut kemudian meminta penawaran dari Everlight, yang disusul dengan rencana penggantian pencahayaan LED di dalam pabrik. Keunggulan pencahayaan LED adalah penghematan daya hingga 50%-60%, dan peningkatan kualitas garmen sehingga mampu memenuhi permintaan pelanggan AS dengan lebih baik.

Juara yang tak terlihat dalam skala kecil dan menengah memerlukan pencahayaan LED

Waktu dua tahun telah berlalu sejak pabrik garmen tersebut mengganti seluruh pencahayaan lini produksi. Efisiensi yang terlihat jelas dalam penghematan daya telah menjadikan sang pemilik sebagai juru bicara dan distributor bagi Everlight di Laos, dan juga memperkenalkan pencahayaan LED kepada banyak pebisnis Taiwan.

Selain Laos, Everlight juga menemukan peluang bisnis yang seluruhnya baru di Indonesia. Pada awalnya, pabrik tekstil terbesar di wilayah Jakarta menggunakan integrator sistem ESCO untuk mengganti pencahayaan dan sistem penyejuk udara di lini produksi. Karena pertimbangan biaya yang tinggi, sang pemilik memutuskan untuk melakukan instalasi pencahayaan LED terlebih dahulu. Mereka memutuskan untuk menggunakan solusi Everlight dalam proyek tersebut.

Solusi pintar Everlight untuk pencahayaan jalan termasuk dalam daftar penyedia untuk kepentingan pengadaan oleh pemerintah kota Jakarta

Pencahayaan LED untuk pabrik tekstil tersebut merupakan proyek besar Everlight yang pertama di Indonesia. Sejak saat itu, Everlight mengembangkan basis pelanggan dengan bantuan distributor setempat. Sejauh ini, Everlight telah melaksanakan beberapa proyek B2B. Di Bali, ada belasan resort yang telah menerapkan sistem pencahayaan LED Everlight. Ada satu terobosan penting pada akhir tahun 2019, ketika Everlight berhasil mendapatkan pengakuan oleh pemerintah, dan disertakan dalam Katalog Elektronik atau e-Catalogue, yaitu daftar penyedia dalam pengadaan barang/jasa pemerintah.

Di Vietnam, juga dengan bantuan MOEA dan ITRI, Everlight dapat menyediakan sistem pencahayaan pintar sebagai pengganti bagi biro sertifikasi dan standar resmi lokal. Everlight menukar seluruh pencahayaan jalan tradisional menjadi LED di kampus biro tersebut, dan menambahkan sistem transmisi IoT sehingga tiap lampu jalan dapat dipantau, dintalakan, dan diatur untuk pemeliharaan preventif di pusat kendali.

Strategi Everlight di pasar ASEAN adalah menetapkan tumpuan yang kuat, dan terus membangun citra merek yang baik bagi Taiwan.  (*).

Share
Komentar

Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.