• Home
  • Kilas Global
  • Gile-gile, Komisi VI DPR Restui Pinjaman Rp11,5 Triliun ke Garuda dan Krakatau Steel
Kamis, 16 Juli 2020 11:36:00

Gile-gile, Komisi VI DPR Restui Pinjaman Rp11,5 Triliun ke Garuda dan Krakatau Steel

NASIONAL, - Komisi VI DPR RI merestui pemerintah untuk memberikan pinjaman berupa dana talangan kepada dua perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebesar Rp11,5 triliun.

Kedua perusahaan tersebut yakni PT Krakatau Steel (Persero) Tbk dan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Kedua perusahaan pelat merah itu terkena dampak dari pandemi covid-19 yang memukul kinerja keuangan.

Ketua Komisi VI Arya Bima merinci pinjaman tersebut diberikan pada Krakatau Steel sebesar Rp3 triliun yang akan digunakan untuk memberikan relaksasi di industri hilir dan industri pengguna. Sedangkan pinjaman untuk Garuda Indonesia sebesar Rp8,5 triliun akan digunakan perseroan untuk mendukung kinerja perusahaan yang terdampak pandemi covid-19.

"Pandemi covid-19 menyebabkan penurunan penumpang sebesar 95 persen," kata Arya membacakan kesimpulan rapat kerja bersama Menteri BUMN, Jakarta, Rabu, 15 Juli 2020.

Persetujuan tersebut pun diberikan dengan catatan, Komisi VI merekomendasikan Menteri BUMN Erick Thohir untuk meningkatkan fungsi pembinaan pada BUMN penerima dana pinjaman untuk memenuhi pengaturan dan tata kelola keuangan yang baik sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan.

Komisi VI juga meminta Krakatau Steel dan Garuda Indonesia harus menerapkan prinsip tata kelola perusahaan (good corporate governance/GCG). Arya mengatakan Komisi VI akan melakukan pengawasan secara berkala atas penggunaan dana tersebut agar sesuai dengan rencana bisnis, penjadwalan dan perubahan-perubahannya yang diajukan pada saat rapat kali ini.

Dalam rangka melaksanakan PMN, Kementerian BUMN sebagai pembina BUMN diminta untuk memperhatikan catatan-catatan tersebut.

"Dana pinjaman pemerintah pada BUMN penerima diberikan dalam bentuk Mandatory Convertible Bond (MCB) yang mana untuk Garuda jangka waktunya tiga tahun," jelas Arya. (*).

Share
Berita Terkait
  • 8 bulan lalu

    Duhh Gak Kelar-Kelar Skandal Garuda, Kali Ini 'Bisnis Lendir' Coy!

    NASIONAL, - Menteri BUMN Erick Thohir baru saja memberhentikan Dirut PT Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra (Ari Ashkara) lantaran dirinyalah dalang di balik pen

  • 8 bulan lalu

    Jangan Kaget, IKAGI Sebut Gaji Petinggi Garuda Indonesia Rp1,7 Miliar per Bulan

    NASIONAL, - Ketua Ikatan Awak Kabin Garuda Indonesia (IKAGI), Zaenal Muttaqin, menyebut gaji petinggi PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk. mencapai Rp 1,7 miliar per bulan. Gaji

  • 8 bulan lalu

    Carut Marut Garuda, Menteri Erick Kaget Ari Askhara Cs Rangkap Jabatan di Anak dan Cucu Usaha Garuda

    NASIONAL, - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku terkejut terkait mantan direksi PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk yang juga menjabat sebagai komisaris d

  • 8 bulan lalu

    Perusahaan Penerbangan Nasional Garuda punya Cucu

    Erick tergelitik mengetahui ada cucu perusahaan Garuda Indonesia bernama Tauberes

    NASIONAL - "Tauberes adalah solusi pengiriman kamu" Demikian kalimat pembuka jika Anda me

  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.