Sabtu, 22 Juni 2019 18:55:00

Gini ni Kecanduan Ponsel Pintar Buat Tengkorak Benjol?


NASIONAL, - Waktu berjam-jam yang dihabiskan bersama ponsel pintar diketahui berpengaruh terhadap kerangka tengkorak. Penggunaan telepon pintar mengembangkan tulang di bagian leher di bawah tengkorak seperti benjolan

Benjolan di tulang tengkorak ini dikenal juga dengan tonjolan osipital eksternal yang dapat berukuran sangat besar. Anda dapat memeriksanya dengan menekan jari di pangkal tengkorak.

"Saya telah menjadi dokter selama 20 tahun, dan hanya dalam dekade terakhir, saya menemukan bahwa pasien saya memiliki pertumbuhan ini [benjolan] di tengkorak," kata dokter David Shahar dari University of Sunshine Coast, Australia, dikutip dari Live Science.

Hingga saat ini, masih belum diketahui hubungan sebab akibat pertumbuhan tulang tersebut. Namun, para ahli menduga benjolan itu muncul karena seseorang terus-menerus menekuk pada sudut yang tidak nyaman untuk melihat perangkat ponsel pintar.

Menghabiskan waktu dengan melihat ponsel pintar dapat membuat leher tegang. Menekuk dapat meningkatkan tekanan pada titik otot leher yang menempel pada tengkorak. Tubuh cenderung merespons tekanan itu dengan meletakkan tulang baru, yang mengarah pada benjolan.

Pada studi yang dipublikasikan dalam Journal of Anatomy, Shahar dan koleganya menganalisis radiografi pada 218 pasien berusia 18 hingga 30 tahun. Hasilnya, 41 persen pasien memiliki benjolan yang besar dengan ukuran 10 mm dan 10 persen memiliki benjolan yang sangat besar dengan ukuran 20 mm.

Secara umum, lonjakan yang besar sering terjadi pada laki-laki ketimbang perempuan. 

Studi lain pada 1.200 partisipan usia 18-36 tahun mendapati benjolan itu lebih banyak terjadi pada usia muda. Benjolan terjadi pada 33 persen partisipan yang sebagian besar berusia 18-30 tahun.

Benjolan pada tengkorak umumnya akan terus berkembang. Kendati demikian, gangguan akibat ponsel pintar ini jarang menyebabkan masalah medis. (*).

Share
Loading...
Komentar

Copyright © 2012 - 2019 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.