• Home
  • Kilas Global
  • Harga BBM beberapa Negara Menurut Bloomberg? Indonesia masih yang Termurah?
Kamis, 28 Desember 2017 13:29:00

Harga BBM beberapa Negara Menurut Bloomberg? Indonesia masih yang Termurah?

shell SPBU migas
DUNIA, - Harga BBM di Indonesia termasuk salah satu yang termurah di dunia. Data yang dihimpun oleh Bloomberg memperlihatkan negara dengan harga bahan bakar termurah di dunia pada Q3 tahun 2017. Data ini mengurutkan harga bahan bakar dari 61 negara di dunia.
 
Berikut ulasannya melansir Bloomberg:
 
10. Pakistan
 
Harga BBM: US$ 0,68 atau Rp 9.218 per liter (kurs 1 US$ = Rp 13.561)
 
Walau memiliki harga bahan bakar yang cukup murah, membeli bahan bakar di Pakistan tidaklah mudah bagi para pekerja. Apabila di rata-ratakan mereka harus menghabiskan lebih dari upah setengah hari kerja agar mampu membeli bahan bakar.
 
Oleh karena itu, penduduk Pakistan lebih memilih menggunakan gas alam terkompresi (compressed natural gas) sebagai bahan bakarnya.
 
baca juga : Riau Penghasil dan Pengolah Migas, tapi BBM paling Mahal di Riau Se Indonesia?
 
9. Indonesia
 
Harga BBM: US$ 0,64 atau Rp 8.675 per liter
 
Pengemudi di Indonesia rata-rata menghabiskan BBM sebanyak 118,98 liter per tahun. Ini berarti mereka menggunakan 1,96 persen dari gajinya untuk membeli bahan bakar.
 
8. Malaysia
 
Harga BBM: US$ 0,52 atau Rp 7.049 per liter
 
Subsidi bahan bakar yang digencarkan oleh Pemerintah Malaysia membuat harga BBM di negara ini jadi salah satu yang termurah. Negara ini mengubah dirinya dari pengekspor bahan baku ke ekonomi yang lebih terdiversifikasi. Namun pendapatan negaranya masih sangat bergantung oleh sejarah subsidi untuk bahan bakar, gula dan kebutuhan lainnya.
 
7. Uni Emirat Arab
 
Harga BBM: US$ 0,52 atau Rp 7.049 per liter
 
Sejak ditemukannya minyak di UAE pada tahun 1960-an, negara ini telah berkembang dari daerah miskin pemerintahan ke negara modern yang kaya dengan standar kehidupan yang tinggi.
 
Selama beberapa dasawarsa, milyaran dolar telah dikeluarkan pemerintah UAE untuk memberikan subsidi bahan bakar setiap tahunnya.
 
6. Nigeria
 
Harga BBM: US$ 0,42 atau Rp 5.694 per liter
 
Nigeria adalah produsen minyak di Benua Afrika. Namun sayang, negara ini masih menghadapi kekurangan bahan bakar akibat penimbunan dan kebijakan yang tumpang tindih.
 
Negara ini mengandalkan minyak untuk 75 persen sumber pendapatan pemerintah dan menggunakan keuntungannya untuk mensubsidi kebutuhan lain seperti gas.
 
5. Mesir
 
Harga BBM: US$ 0,37 atau Rp 5.016 per liter
 
Negara berpenduduk paling banyak di dunia Arab tersebut telah melakukan pemotongan subsidi minyak dalam jumlah besar. Negara ini juga merupakan rumah bagi kilang minyak terbesar di Afrika.
 
4. Kuwait
 
Harga BBM: US$ 0,35 atau Rp 4.745 per liter
 
Kuwait merupakan negara yang memberikan subsidi bahan bakar paling besar di dunia. IMF telah memperingatkan negara tersebut jika terus menerus memberikan subsidi akan membuang begitu banyak pendapatan negaranya.
 
3. Iran
 
Harga BBM: US$ 0,32 atau Rp 4.338 per liter
 
Peringkat ketiga ditempati oleh Iran dengan harga BBM US$ 0,32 atau Rp 4.338 per liter. Rata-rata penduduk Iran harus mengeluarkan 2,46 persen pendapatan per harinya untuk membeli bahan bakar.
 
2. Arab Saudi
 
Harga BBM: US$ 0,24 atau Rp 3.253 per liter
 
Penduduk di Arab Saudi hanya perlu mengeluarkan 0,44 persen pendapatannya dalam sehari agar bisa membeli bahan bakar. Tingkat keterjangkauan harga bahan bakar di negara ini menempati posisi kedua di seluruh dunia.
 
1. Venezuela
 
Harga BBM: US$ 0,01 atau Rp 135 per liter
 
Harga bahan bakar termurah dipegang oleh Venezuela. Harga bahan bakar di negara ini dibanderol US$ 0,01 atau Rp 135 per liter. Venezuela juga menempati peringkat pertama sebagai negara dengan harga bahan bakar paling terjangkau untuk penduduknya. (l6/*).
Share
Berita Terkait
  • 3 tahun lalu

    BUMN dorong penerapan "BBM Satu Harga"

    NUSANTARA, - Gabungan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendorong penerapan kebijakan "BBM Satu Harga" di Provinsi Kepulauan Bangka Beli
  • 3 tahun lalu

    Program BBM Satu Harga Sudah Ada di 21 Daerah

    NUSANTARA, --  PT Pertamina (Persero) mengungkapkan perkembangan program BBM Satu Harga sampai dengan semester satu 2017 masih menunjukkan kemajuan. Sampai saat ini, s
  • 3 tahun lalu

    Menteri ESDM Minta BBM Satu Harga Tepat Sasaran & Tak Boleh Gagal

    NUSANTARA, - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan pada Senin (5/6/2017) melantik dan mengambil sumpah lima pejabat pimpinan tinggi pratama di lingku
  • 5 tahun lalu

    Penyesuaian Harga BBM akan Diumumkan Awal April

    JAKARTA,, - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said menyatakan penyesuaian harga baru bahan bakar minyak akan diumumkan pemerintah pada awal April.
  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.