• Home
  • Kilas Global
  • Harga Barang dan Obat-obatan Berpotensi Naik Akibat Rupiah Rp15.200.00
Senin, 08 Oktober 2018 13:57:00

Harga Barang dan Obat-obatan Berpotensi Naik Akibat Rupiah Rp15.200.00

Loading...
NASIONAL, -- Nilai tukar rupiah yang bergerak melemah hingga menembus Rp14.920 per dolar AS berpotensi mengerek harga sejumlah barang. Kenaikan harga terutama terjadi pada produk yang diimpor maupun yang menggunakan bahan baku impor. 
 
Ketua Asosiasi Peritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicholas Mandey menjelaskan pelemahan rupiah tak akan berdampak pada kenaikan harga barang ritel dalam waktu dekat. Pasalnya, mayoritas barang ritel saat ini merupakan produk domestik. 
 
"Saat ini produsen masih menggunakan stok barang 3-4 bulan lalu. Selagi produsen tidak menaikkan harga, kami tidak akan menaikkan harga," ujar Roy baru-baru ini.
 
Kendati demikian, menurut Roy, kenaikan harga barang kemungkinan bakal terjadi pada semester dua. Saat itu, peritel kemungkinan sudah memperbarui stok barang yang harganya berpotensi mengalami penyesuaian akibat harga bahan baku yang naik seiring pelemahan dolar AS.
 
"Saat ini sebagian besar peritel itu produknya lokal sesuai aturan Menteri Perdagangan sekitar 80 persen, maksimal produk impor hanya 20 persen. Kecuali peritel yang single brand store atau stand alone brand store," terang Roy. 
 
Perkiraan barang-barang yang akan mengalami kenaikan harga di semester 2 karena bahan bakunya masih diimpor, antara lain: 
 
1. Beras
 
2. Gula Pasir
 
3. Daging sapi
 
4. Mentega dan Susu
 
5. Kosmetik
 
6. Obat
 
7. Handphone
 
8. Elektronik (cnn/indonesia/net).
Share
Loading...
Berita Terkait
  • -35380 detik lalu

    Bahaya, Tidur dengan Lampu Menyala Berisiko Sebabkan Depresi

     
    KESEHATAN, - Ladies, tidur merupakan saat dimana tubuh kita beristirahat dan meregenerasi sel-sel tubuh. Saat tidur kita diharapkan beristirahat denga
  • -31300 detik lalu

    Ini Dia 5 Manfaat Kesehatan Posisi Tidur Menyamping

    KESEHATAN, - Tidur yang cukup dibutuhkan siapa saja, bukan hanya untuk menjaga kesehatan fisik secara umum, namun juga menjaga suasana hati yang baik setiap hari.
  • -20260 detik lalu

    Sedang Berjerawat? Ini Tips Makeup yang Pas Untukmu Ladies!

    KECANTIKAN, - Jerawat memang jadi momok yang menyeramkan. Tampilan flawless yang diidamkan pun tak akan terwujud jika ada jerawat yang terpampang nyata di wajah. Belum lagi
  • -12820 detik lalu

    Terlalu Kurus, Begini Cara Menaikkan Berat Badan yang Tepat

    KESEHATAN, - Segala sesuatu yang berlebihan faktanya tidak baik. Terlalu gemuk atau terlalu kurus, sama-sama punya dampak yang tidak baik untuk kesehatan. Jika selama ini r
  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2018 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.