• Home
  • Kilas Global
  • Indonesia Peringkat Pertama Dalam Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Pemerintahnya? Apa Iya??
Rabu, 19 Juli 2017 08:45:00

Indonesia Peringkat Pertama Dalam Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Pemerintahnya? Apa Iya??

Unujuk rasa/demontrasi di indonesia.
NUSANTARA, - Berdasarkan data yang Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) dalam publikasinya Government at a Glance 2017, yang dipublikasikan pada 13 Juli 2017, Indonesia menduduki peringkat pertama untuk Trust and Confidence in National Government.
 
“Indonesia menduduki ranking pertama dalam hal Trust and Confidence in National Government berdasarkan Gallup data,” kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati usai melaporkan kepada Presiden Joko Widodo, di Jakarta, Selasa (18/4/2017).
 
Sri Mulyani menjelaskan, laporan tersebut merangkum berbagai indikator pencapaian sektor pubik (pemerintah) dari negara-negara yang tergabung dalam OECD serta beberapa negara lain, termasuk Indonesia.
 
Salah satu bab dalam laporan tersebut, kata Menkeu, mengangkat tema pencapaian program kerja pemerintah yang ditunjukkan oleh indikator tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.
 
“Terkait hal tersebut, OECD menggunakan hasil survei yang dilakukan oleh salah satu lembaga survei internasional yang berbasis di Amerika Serikat yaitu Gallup World Poll (GWP),” kata Sri Mulyani sebagaimana dikutip  Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden (Setpres) Bey Machmudin dalam siaran persnya Selasa (18/7/2017) petang.
 
Berdasarkan hasil survei ini, Indonesia menduduki ranking tertinggi untuk kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah bersama Swiss.
 
“Tingkat kepercayaan terhadap pemerintah dipengaruhi oleh apakah masyarakat menganggap pemerintah dapat diandalkan, cepat tanggap dan adil serta mampu melindungi masyarakat dari risiko-risiko dan memberikan pelayanan publik secara efektif,” ujar Sri Mulyani.
 
Menurut Menkeu,tingkat kepercayaan terhadap pemerintah Indonesia merupakan angka yang tinggi jika dibandingkan dengan negara-negara maju yang tergabung dalam OECD (Amerika Serikat 30 persen, Inggris 31 persen, Jerman 55 persen, Prancis 28 persen) maupun negara-negara berkembang non OECD (India 73 persen, Brazil 26 persen, Afrika Selatan 48 persen).
 
“Enam peringkat teratas negara-negara tersebut adalah Indonesia, Swiss, India, Luksemburg, Norwegia dan Kanada,” ungkap Sri Mulyani.
 
Ia menyebutkan, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah Indonesia tahun 2016 adalah sebesar 80 persen, meningkat dibanding tahun 2007 yang hanya mencapai 28 persen.
 
“Kepercayaan terhadap pemerintah adalah pendorong efektivitas pemerintah dan pembangunan ekonomi, serta merupakan ukuran dari hasil kebijakan pemerintah,” kata Sri Mulyani.
 
Hal tersebut merupakan pertanda bahwa pemerintah telah bekerja dengan baik yang diikuti oleh apresiasi masyarakat indonesia yang menaruh kepercayaan terhadap pemerintahnya.
 
“Kepercayaan terhadap pemerintah berhubungan kuat dengan dukungan masyarakat terhadap kepemimpinan negara mereka. Saat pemerintah dipandang memiliki integritas moral yang tinggi lebih banyak masyarakat percaya pemerintah,” ucap Menteri Keuangan.
 
Data Gallup berasal dari Jajak Pendapat Dunia Gallup (Gallup World Poll/ GWP) yang merupakan survei yang digunakan untuk mengukur tingkat kepercayaan terhadap pemerintah.
 
Survei tersebut merupakan satu-satunya yang mengumpulkan data mengenai tingkat kepercayaan kepada pemerintah di negara OECD dan negara-negara besar lainnya. (ind/*).
 
Share
Berita Terkait
  • -13466 detik lalu

    Ketua Komisi I Apresiasi Kinerja Gugus Tugas dan Tenaga Medis

    BENGKALIS, PARLEMEN, -  Ketua Komisi I Zuhandi mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kinerja tim gugus tugas, dinas kesehatan, tim medis dan semua unsur yang

  • -9746 detik lalu

    Coocaa S6G TV breaks e-commerce live streaming record on Lazada Vietnam with 1000 in sales

    Lazada live streaming (LazLive) witnessed new record-high numbers in Vietnam on May 28, drew nearly 5000 views and more than 30.000 likes.

    HO CHI MINH CITY, VIENAM - May 2

  • -5966 detik lalu

    va-Q-tec supports pharmaceutical industry in Asia with worldwide logistics of COVID -19 diagnostic kits

    Leading pharmaceutical companies in Asia use va-Q-tec's temperature-controlled box-and container-solutions for international distribution.

    va-Q-tec's high-perfor

  • 28 menit lalu

    Pemkab Kerinci Gelar Rapid Test di Kantor Bupati dan Sejumlah Pasar Tradisionl Kerinci

    KERINCI - Guna memutus mata rantai penyebaran Covid 19, Pemkab Kerinci mulai melakukan rapid test bagi masyarakat Kerinci.

    Pemkab Kerinci menggelar rapid test massal ditig

  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.