• Home
  • Kilas Global
  • Kalau Listrik naik pemerintah Pakai kata " Tarif listrik disesuaiakan " biar rakyat gak Kaget
Sabtu, 04 Januari 2020 08:00:00

Kalau Listrik naik pemerintah Pakai kata " Tarif listrik disesuaiakan " biar rakyat gak Kaget

Daftar Tarif Listrik Terbaru 2020 yang Resmi Diberlakukan Kementerian ESDM

NASIONAL, - Ini besaran tarif listrik tahun 2020 yang resmi ditetapkan Kementerian ESDM buat rumah tangga, bisnis, dan industri

Besaran tarif listrik yang dikenakan ke konsumen telah diatur ketentuannya oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral atau Kementerian ESDM. Penetapan tarif tenaga listrik berbeda-beda buat tiap-tiap golongan tarif.

Menurut Peraturan Menteri ESDM No. 31 Tahun 2014 dan No. 9 Tahun 2015, ada 12 golongan yang besaran tarif tenaga listriknya naik (disesuaikan). Kenaikan tariff adjustment yang biasanya diumumkan setiap tiga bulan sekali kini pengumumannya dilakukan tiap bulan.

Kenaikan atau penyesuaian besaran tarif ini dilakukan setelah melalui kajian berdasarkan nilai tukar dolar Amerika Serikat terhadap rupiah, harga minyak mentah atau Indonesian Crude Price (ICP), dan inflasi. 

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, PLN dan Kementerian ESDM perlu membuat kenaikan atau penyesuaian tarif tenaga listrik. Adanya kenaikan atau penyesuaian ini bertujuan agar PLN bisa mempertahankan kelangsungan perusahaan penyediaan tenaga listrik, meningkatkan kualitas pelayanan, meningkatkan elektrifikasi, dan mendorong subsidi listrik yang lebih tepat sasaran. (*)

Share
Loading...
Berita Terkait
  • 6 bulan lalu

    Mati Listrik di Pulau Jawa Kemarin Konsumen dapat Kompensasi lho? Total Rp865 M

    PLN siapkan ganti rugi yang dibayar September 2019

    NASIONAL, - Sebagai konsekuensi semua persoalan yang ada, PT PLN (Persero) menyiapkan anggaran Rp 865 miliar sebagai kom

  • 3 tahun lalu

    Menteri Jonan : Tarif Listrik Tak Akan Naik, Malah Akan Turun

     
    JAKARTA -- Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan kembali menegaskan, bahwa tarif tenaga listrik tidak akan naik hingga akhir ta
  • 3 tahun lalu

    Total Kapasitas Terpasang Pembangkit Listrik PLN Capai 79 Persen

    NUSANTARA, -- PT PLN (Persero), selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN), memiliki tiga segmen bisnis, yaitu pembangkit listrik, transmisi, dan distribusi.
  • 3 tahun lalu

    Pemerintah Bisa Saja, Katanya Data Pengguna Listrik Daya 450 ada orang Kaya?

    NUSANTARA, - Tarif dasar listrik (TDL) golongan 900 VA kembali naik kemarin (1/5). TDL yang mesti dibayar 19 juta pelanggan itu kini naik Rp329 per kWh menjadi Rp1.352.
  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.