Selasa, 16 April 2019 12:16:00

Lima Makanan Ini tak boleh Disimpan di Kulkas

Loading...

Tidak semua jenis makanan jadi lebih awet saat disimpan di kulkas

KESEHATAN, - Sering kali kita menaruh semua makanan di kulkas agar tetap segar dan tahan lama. Sudah jadi kepercayaan umum  menempatkan makanan di lemari es akan lebih aman dan lebih higienis. Dalam anggapan masyarakat, lingkungan yang lebih dingin menghambat pertumbuhan mikroorganisme dan bakteri.

Akan tetapi aturan ini tidak berlaku untuk semua makanan lho. Ada beberapa makanan yang tidak boleh diletakkan di lemari es. Berikut makanan yang tidak disarankan disimpan di lemari es seperti dilansir Business Times.

1. Kopi

Idealnya, kopi harus disimpan di dapur dan harus disegel di dalam wadah kedap udara. Menyimpan kopi di lemari es tidak memengaruhi kandungan kafein. Akan tetapi menyimpan biji kopi atau kopi bubuk di suhu yang lebih rendah bisa menciptakan dampak negatif pada rasanya.

Scott McMartin, anggota kelompok Starbucks Green Coffee Quality, menjelaskan perubahan struktur sel ketika kopi ditempatkan di lemari es. Ini akan menyebabkan hilangnya minyak yang memberikan rasa serta aroma kopi.

2. Bawang

Bawang harus disimpan di tempat yang kering dan berventilasi sehingga kulkas bukan tempat penyimpanan ideal untuk bawang. Ketika disimpan dalam kondisi dingin atau lembap, pati segera dikonversi menjadi gula membuat bawang menjadi terlalu lunak.

Departemen Pertanian Amerika Serikat merekomendasikan menyimpan bawang pada suhu 45 hingga 50 derajat Fahrenheit. Selain itu, jangan letakkan sayuran di samping kentang karena keduanya melepaskan gas dan uap air yang dapat merusak satu sama lain.

3. Tomat

Tomat merah dan matang harus diletakkan pada suhu kamar selama beberapa hari. Tomat juga harus dijaga agar terhindar dari sinar matahari. Sebuah studi mengungkapkan tomat matang yang dingin dapat mengurangi senyawa rasa lebih dari 65 persen.

Untuk tomat hijau yang belum matang, letakkan di bagian bawah kantong kertas. Tomat yang terlalu matang harus disimpan di kulkas karena lingkungan yang dingin dapat membantu mempertahankan rasa dan tomat bisa bertahan setidaknya selama tiga hari.

4. Roti

Banyak orang menyimpan roti di lemari es agar tetap segar. Tetapi menurut Wayne Gisslen, penulis Professional Baking, menempatkan roti di kulkas bisa membuatnya lebih cepat basi. Roti yang disimpan di kulkas sekitar enam kali lebih cepat basi daripada roti yang disimpan pada suhu kamar.

5. Madu

Madu adalah pemanis cair yang bisa bertahan selama berabad-abad. Jadi, tidak perlu menyimpannya di lemari es untuk memastikan umur madu yang lebih lama. Gwen Pearson dari Universitas Purdue menjelaskan madu mengkristal di dalam sarang ketika suhu turun di bawah 50 derajat Fahrenheit. Madu akan mengkristal dalam wadah ketika ditempatkan di lemari es. (*).

Share
Berita Terkait
Komentar

Copyright © 2012 - 2019 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.