Sabtu, 11 Juli 2020 19:12:00

Membangun Papua Melalui Media

RIAUONE.COM,SIAK- Membangun Papua melalui media merupakan tema diskusi kedua dalam webinar yang diselenggarakan oleh Komunitas Riau Berbudaya ( KRB). 

Diskusi virtual tersebut mengambil contoh isu Papua sebagai salah satu isu Nasional yang membutuhkan peran media dalam perkembangannya. 

Sebab framming media dapat membangun mindset dan pandangan masyarakat yang tidak melihat langsung kejadian di Papua, berpikir bahwa kejadian tersebut sangat parah atau biasa saja. 

“Benar, media dan dunia jurnalis saat ini memiliki peran besar dalam menggiring opini masyarakat, salah satunya pada kasus papua, beberapa kali contoh adanya pemberitaan peristiwa dipapua yang sangat heboh, namun ketika dikonfirmasi kepada PWI di Papua mereka menyatakan aman saja, dan tidak separah itu” kata Bung Amril Jambak selaku narasumber pada Webinar Riau Berbudaya. Sabtu (11/7/2020).

Kode Etik dan aturan main profesi wartawan selalu dipegang untuk menyajikan info yang aktual, independen dan akurat, namun tidak bisa dipungkiri bahwa bisnis media juga ada yang memiliki kemampuan, sehingga perlu kesadaran dari masyarakat sendiri untuk bertabayun dan memperbanyak sumber literasi agar mampu terhindar dari hoax. 

“Kode etik dan aturan main profesi wartawan juga terus berkembang dan berganti setiap lima tahun sekali, untuk itu memberantas hoax bukan hanya tanggungjawab PWI saja, namun diperlukan juga kesadaran masyarakat agar tidak malas membuka sumber literasi kredibel lainnya” Jawab Ketua PWI Riau saat ditanya oleh audiens tentang langkah PWI mengatasi HOAX. 

Selain menyampaikan peristiwa aktual, peran media juga sangat membantu pemerintah dalam melaporkan pembangunan strategis nasional yang telah berlangsung di Papua maupun melaporkan kondisi daerah lain yang membutuhkan pembangunan.

"Untuk mencapai tujuan itu perlu adanya keselarasan antara Pemerintah dan PWI Pusat agar peran tersebut dapat berjalan optimal," Tutup Amril Jambak.

Laporan : Masroni

Share
Komentar

Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.