Jumat, 11 September 2020 14:48:00

Menteri Agama: Dana BOS Madrasah dan Pesantren 2020 Naik

Ilustrasi/belajar di pustaka

NASIONAL, -  Menteri Agama Fachrul Razi memastikan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk madrasah dan pesantren pada 2020 tetap naik. Hal ini ditegaskan dalam Rapat Kerja bersama Komisi VIII DPR, sekaligus memastikan batalnya rencana penundaan kenaikannya diwaktu lalu karena dampak COVID-19.

"Saya tegaskan, dana BOS madrasah dan pesantren tahun 2020 tetap naik Rp100 ribu sesuai rencana awal," kata Fachrul Razi melalui siaran pers, Selasa, (8/9/2020). 

Anggaran BOS madrasah dan pesantren pada Daftar Isian Pelaksanaan Angaran (DIPA) Kemenag 2020 direncanakan mengalami peningkatan unit cost. Madrasah Ibtidaiyah (MI), naik dari Rp800 ribu per siswa pada 2019, menjadi Rp900 ribu per siswa pada 2020. Sementara, Madrasah Tsanawiyah (MTs), naik dari Rp1 juta per siswa pada 2019 menjadi Rp1,1 juta per siswa pada 2020.

Adapun BOS Madrasah Aliyah (MA) dan MA Kejuruan (MAK), naik dari Rp1,4 juta per siswa pada 2019, menjadi Rp1,5 juta per siswa pada 2020. Total kenaikan anggaran BOS Madrasah berjumlah Rp874,4 miliar.

Alokasi yang sama untuk Pesantren Ula (setingkat MI), Wustha (MTs), dan 'Ulya (MA). Anggarannya naik Rp100 ribu untuk setiap santri. Dengan begitu, total kenaikan anggaran BOS Pesantren berjumlah Rp16,47 miliar.

Menurut Fachrul, rencana kenaikan ini sempat tertunda dampak COVID-19. Penundaan terjadi karena adanya refocussing program, anggaran Kemenag mengalami pemotongan sebesar Rp2,6 triliun. Dari jumlah itu, sebanyak Rp2,02 triliun diambil dari anggaran pendidikan Islam. Makanya, ketika itu, diambil kebijakan untuk menunda kenaikan anggaran BOS Madrasah dan Pesantren.

"Penundaan itu kami lakukan, karena saat itu kami tidak memiliki jalan lain. Begitu kami punya jalan, maka rencana kenaikan anggaran BOS akan tetap kami implementasikan. Ini akan segera kita selesaikan, hari ini juga," tegasnya.

Kebijakan ini mendapat respons positif pimpinan Komisi VIII DPR dan para anggota. Selama ini, Komisi VIII bersama Kemenag tidak pernah lelah untuk terus memperjuangkan dukungan untuk pesantren dan lembaga-lembaga pendidikan keagamaan lainnya. (snd/nt/*).

Share
Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Pondok Pesantren Modern Aljauhar Persiapan Menggelar Belajar Daring

    DURI-Menghadapi tahun pelajaran (TP) 2020-2021,Pondok Pesantren Modern Aljauhar Duri,Riau melakukan persiapan giat pembelajaran daring (komunikasi net) untuk seluruh santrinya.<

  • 3 tahun lalu

    Selama Ramadhan, TP PKK dan Muslimat NU Inhil Taja Pesantren Kilat

    RIAUONE.COM, TEMBILAHAN-Bupati Indragiri Hilir HM Wardan memberikan apresiasi kegiatan Pesantren Kilat yang ditaja TP PKK dan Muslimat Nahdhatul Ulama selama bulan Ramadhan
  • 4 tahun lalu

    Bupati Siak Kunjungi Pesantren di Madura

    SIAK, - Bupati Siak Syamsuar  melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Al- Amien, Prenduan, Sumenep Madura, Jawa Timur Jumat (10/3/17).
     
  • 4 tahun lalu

    Bupati Hadiri dan Membuka Peringatan Seperempat Abad Milad Pondok Modern Al-jauhar

    DURI, BENGKALIS, - Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, menegaskan kepada pendiri, pengelola pondok modern Al-Jauhar maupun seluruh elemen terkait untuk senantiasa mengingat s
  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.