• Home
  • Kilas Global
  • Mobil Menabrak Masjidil Haram dan Bagaimana Itu Bisa Terjadi?
Sabtu, 31 Oktober 2020 23:57:00

Mobil Menabrak Masjidil Haram dan Bagaimana Itu Bisa Terjadi?

LUARNEGERI, - Aparat keamanan Makkah telah menangkap pengemudi mobil yang nyelonong dan menabrak Masjidil Haram. Insiden itu terjadi akibat pengemudi kehilangan kendali saat mengendarai mobil sedan Hyundai-nya dalam kecepatan tinggi.

“Mobil menabrak salah satu pintu Masjidil Haram akibat terhanyut saat melakukan perjalanan dengan kecepatan tinggi di salah satu jalan yang mengelilingi alun-alun selatan Masjidil Haram,” demikian pernyataan resmi yang dikeluarkan.

Tidak ada korban luka dalam insiden yang terjadi pada Jumat (30/10) pukul 22.30 waktu setempat atau pukul 02.30 WIB, Sabtu (31/10) itu.

“Pengemudi merupakan warga negara Arab Saudi dan dalam kondisi tidak normal,” imbuhnya. Tidak dijelaskan apa yang dimaksud “tidak normal” tersebut.

Saat ditangkap, pengemudi yang memakai baju ihram seperti halnya orang hendak umrah itu diikat kakinya dan diborgol tangannya. Dia akan dihadapkan ke jaksa untuk dituntut.

Bagaimana Bisa Mobil Menabrak Masjidil Haram?

Mengutip Haramain Sharifain, berdasarkan sumber-sumber, mobil tersebut nyelonong memasuki halaman Masjidil Haram saat melaju dengan kecepatan tinggi di Jalan 15.

Jalan ini merupakan jalan utama yang langsung mengakses ke halaman area Perluasan King Fahad, salah satu sisi Masjidil Haram yang berhadapan langsung dengan Zam-zam Tower dan hotel-hotel bintang 5 lainnya.

Jalan 15 biasanya ramai dan hanya digunakan untuk drop off dan menjemput jemaah sebelum dan sesudah salat. Di jalan ini juga terdapat Istana Kerajaan Safa dan kantor Presidensi Umum Dua Masjid Suci pimpinan Syeikh Sudais.

Barrier atau penghalang pada titik ini cukup minimal dan terdapat ruang di antaranya untuk keselamatan jemaah. Hal ini karena banyak jemaah yang melewati area ini selama jam sibuk.

Barrier di pintu masuk halaman masjid juga sangat minim dan dapat dengan mudah diempas oleh kendaraan yang tidak terkendali, seperti yang terjadi pada Jumat malam WAS.

Mobil sedan itu melaju dari Jalan 15 lalu memasuki halaman luar King Fahad, lalu menabrak pintu masuk 89. Jarak dari mulai nyelonong hingga menabrak sekitar 230 meter.

Saat peristiwa terjadi, terdapat sejumlah jemaah umrah di area tersebut. Namun, karena jemaah di Masjidil Haram dibatasi akibat pandemi corona, jumlahnya tidak terlalu banyak. (kpr/*).

Share
Komentar

Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.