Selasa, 09 Juni 2020 12:50:00

Parah, Rupiah Terseret ke Zona Merah

NASIONAL, BISNIS, - Nilai tukar rupiah pada penutupan perdagangan sore ini terjungkal ke zona merah bila dibandingkan dengan pembukaan pagi.

Mengutip Bloomberg, Senin, 8 Juni 2020, rupiah ditutup melemah ke posisi Rp13.885 per USD dibandingkan perdagangan sebelumnya di Rp13.872 per USD. Gerak rupiah melemah hingga 7,5 poin atau setara 0,05 persen ke posisi Rp13.885 per USD.

Adapun rentang gerak rupiah berada di kisaran Rp13.872-13.986 per USD. Sementara year to date (ytd) return terpantau sebesar 0,14 persen.

Sedangkan menilik data Yahoo Finance, rupiah diperdagangkan di posisi Rp13.672 per USD. Sementara berdasarkan data kurs tengah Bank Indonesia atau Jisdor, rupiah diperdagangkan di posisi Rp13.956 per USD.

Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra sebelumnya memprediksikan hari ini kemungkinan sentimen positif masih akan mendorong penguatan aset-aset berisiko.

"Data tenaga kerja AS, Non-Farm Payrolls (NFP) dan tingkat pengangguran Mei, yang dirilis Jumat malam, yang hasilnya di luar dugaan lebih bagus dari proyeksi, menjadi faktor pemicu baru pembelian aset-aset berisiko," ujar Ariston, dikutip dari Antara, Senin, 8 Juni 2020.

Data NFP AS per Mei menunjukkan pertambahan jumlah orang yang dipekerjakan di luar sektor pertanian dan pemerintahan sebesar 2,5 juta orang, padahal sebelumnya para analis memperkirakan terjadi pengurangan sebesar 7,7 juta. Tingkat pengangguran pun turun menjadi 13,3 persen, dari sebelumnya 14,7 persen.

Menurut Ariston, data tenaga kerja AS yang lebih baik tersebut karena kebijakan AS yang sudah mulai membuka perekonomiannya meskipun masih terkena wabah.

"Pasar pun masih berekspektasi positif terhadap upaya pembukaan ekonomi di negara-negara pandemi yang lain," katanya. (*)
medcom

Share
Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Berita Uang, 6 Pecahan Rupiah Ini Tak Bisa Ditukar Lagi Tahun Depan

    NASIONAL, - Bank Indonesia (BI) menetapkan uang rupiah yang dicabut dan ditarik dari peredaran serta tak bisa digunakan pada 2021 mendatang. Berdasarkan situs resmi bi.go.id ada

  • 5 bulan lalu

    Semalam Rupiah Paling Babak Belur Se-Asia dan Dunia!

    NASIONAL, - Nilia tukar rupiah berhadapan dengan awal pekan yang suram dengan menjadi mata uang paling babak belur, baik di Asia maupun dunia. Kala pembukaan pasar, rupiah masih

  • 6 bulan lalu

    Dari Rp16.310 Rupiah Ancang-Ancang ke Rp16.500, Paling Bobrok Se-Asia dan Dunia!

    NASIONAL, - Lama berdiam diri di level Rp16.310 per dolar AS, rupiah secara mengejutkan bergerak turun hingga nyaris mendekati level Rp16.400 per dolar AS. Dilansir dari RTI, be

  • 6 bulan lalu

    Semalam 1 Dolar AS Rp16.273 Rupiah, Melewati Level Rp16 Ribu Rupiah diprediksi akan terus Melemah

    NASIONAL, BISNIS, - Nilai tukar rupiah melemah terhadap dolar Amerika Serikat. Dalam situs resmi Bank Indonesia, Jakarta Interbank Spot Dollar Rate atau JISDOR mencatat nilai tu

  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.