Minggu, 10 September 2017 18:10:00

Pengunjung Candi Borobudur Turun Hingga 40 Persen

NUSANTARA, - Pengunjung Taman Wisata Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah turun sekitar 40 persen dari hari biasa menyusul  aksi damai dan doa bersama di Masjid An-Nuur Mungkid tidak jauh dari Candi Borobudur.
 
General Manager Taman Wisata Candi Borobudur Chrisnamurti Adiningrum di Magelang, Jumat (8/9/2017) kepada awak media mengatakan penurunan tersebut tercatat pada wisatawan nusantara (wisnus) yang pada hari biasa mencapai 3.000 pengunjung, sedangkan hari ini hingga pukul 14.30 WIB baru sekitar 1.600 wisnus.
 
Namun, untuk wisatawan mancanegara (wisman) justru mengalami kenaikan. Jika pada hari-hari biasa sekitar 500-600 wisman,pada  Jumat (8/9/2017) sampai pukul 14.30 WIB tercatat sekitar 975 orang.
 
Ia mengatakan untuk mengunjungi Taman Wisata Candi Borobudur pada Jumat, pengunjung harus melalui pemeriksaan ketat oleh aparat TNI dan Polri.
 
Pengunjung pun harus memarkir bus maupun mobil pribadinya di beberapa kantong parkir yang ada, tidak langsung masuk ke halaman area candi seperti biasanya.
 
"Pemeriksaan di maingate dilakukan dengan ketat, kemudian parkir di beberapa kantong parkir yang sudah biasa bekerja sama dengan masyarakat," katanya.
 
Berdasarkan pantauan, kendaraan roda dua maupun roda empat ke arah Candi Borobudur maupun ke Masjid An-Nuur Mungkid dilakukan penyekatan oleh aparat keamanan sehingga tidak semua kendaraan bisa masuk.
 
Penyekatan bagi kendaraan tersebut, antara lain dilakukan di Pertigaan Blondo untuk kendaraan dari arah Kota Magelang dan Pertigaan Palbapang untuk kendaraan dari arah Yogyakarta. (ind/*).
Share
Berita Terkait
  • 9 bulan lalu

    Kisah Cinta yang Tak Terekspos di Relief Candi Borobudur

    NASIONAL, SEJARAH, - Candi Borobudur menyimpan ratusan relief yang memiliki jalan ceritanya masing-masing.

    Banyaknya cerita dari relief Candi Borobudur membuat sebagian be

  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.