• Home
  • Kilas Global
  • Penting lho ya Pengguna Android Disarankan Hapus 17 Aplikasi Ini
Kamis, 16 Januari 2020 17:21:00

Penting lho ya Pengguna Android Disarankan Hapus 17 Aplikasi Ini

TEKNO, - Google Play Store menjadi platform yang sangat populer pengguna Android. Pasalnya toko aplikasi Android ini menyediakan beragam aplikasi dan game bagi para penggunanya.

Namun tim peneliti dari perusahaan cyber security, Bitdefender merilis daftar 17 aplikasi yang menggunakan beberapa trik, untuk menampilkan iklan yang tidak diinginkan pengguna. Aplikasi-aplikasi itu pun disarankan untuk dihapus dari ponsel.

Total jumlah download/unduhan dari ke-17 aplikasi tersebut dikatakan mencapai 500.000. Kabarnya 17 aplikasi itu menggunakan taktik seperti menampilkan iklan secara acak dan menyebarkan kode mereka di beberapa file.

Meski sering mendapatkan laporan, Google dianggap belum mampu meningkatkan keamanan Play Store, dari pengembang-pengembang yang berlaku curang seperti di atas.

Iklan yang ditampilkan memang disebut tidak berbahaya, namun taktik ini dilakukan pengembang aplikasi ini menyerupai cara kerja malware.

"Mereka menunggu 48 jam sebelum menyembunyikan kehadiran mereka di perangkat, membagi kode-kode aplikasi ke berbagai file, dan menunda diri untuk menampilkan iklan hingga 4 jam setelah aplikasi diisntall," tulis Bitdefender.

Tak hanya itu, dalam laporan tersebut juga mencakup sejumlah keluhan dari pengguna di Google Play Store setelah mencoba menginstall beberapa aplikasi tersebut, pengguna mengklaim jika baterai mereka terkuras secara tiba-tiba.

Hal itulah yang membuat mereka menyarankan pengguna lain untuk menghapus aplikasi yang memberi efek buruk bagi perangkat. Berikut daftar 17 aplikasi tersebut:

1. Car Racing 2019

2. 4K Wallpaper (Background 4K Full HD)

3. Backgrounds 4K HD

4. QR Code Reader & Barcode Scanner Pro

5. File Manager Pro - Manager SD Card/Explorer

6. VMOWO City: Speed Racing 3D

7. Barcode Scanner

8. Screen Stream Mirroring

9. QR Code - Scan & Read a Barcode

10. Period Tracker - Cycle Ovulation Women’s

11. QR & Barcode Scan Reader

12. Wallpapers 4K, Backgrounds HD

13. Transfer Data Smart

14. Explorer File Manager

15. Today Weather Radar

16. Mobnet.io: Big Fish Frenzy

17. Clock LED

Beberapa pengembang aplikasi sebenarnya telah menemukan cara untuk menjaga aplikasi mereka agar tetap berada di bawah perlindungan keamanan Google.

Namun, faktanya Google masih belum dapat menanggulangi celah dari aplikasi yang membuat efek buruk bagi pengguna. (*).

Share
Loading...
Berita Terkait
  • 4 jam lalu

    Tahun ini Ada 12 Lapangan Migas Baru di Indonesia

    NASIONAL, -  Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menegaskan Indonesia masih punya peluang besar mendongkrak lifting atau produksi siap jual minyak d

  • 8 jam lalu

    Mulai terbuka, Ombudsman Sebut Ada Transaksi Aneh Jelang Tahun Politik

    NASIONAL, POLITIK, - Anggota Ombudsman RI Alamsyah Saragih menyebut adanya transaksi saham yang cukup aneh menjelang tahun politik. Ombudsman tak merinci secara jelas, hanya mem

  • 8 jam lalu

    Tandatangani Nota Kesepahaman, Investor Asing Bakal Garap Pariwisata Pulau Rupat

    BENGKALIS, - Bupati Bengkalis diwakili Sekretaris Daerah Bengkalis H. Bustami HY menghadiri acara Rapat dan Penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Investor dari Singapura PT. S

  • 8 jam lalu

    Komisi I Sambangi Mako Satpol PP Kota Batam Terkait PKL dan Pekat

    KEPRI, Batam, - Komisi I DPRD Kabupaten Bengkalis yang terdiri dari Ketua Zuhandi, Wakil Ketua H. Arianto, sekretaris Nanang Haryanto, serta anggota Al Azmi, Sanusi, Febriza Luw

  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.