Kamis, 20 Juli 2017 07:54:00

Peradi dukung Perppu Ormas??

NUSANTARA, - Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) mendukung kebijakan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Peraturan Pengganti Perundang-undangan (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 17 Thaun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas).
 
"Perppu Ormas sudah disampaikan Presiden Jokowi. Kami lihat sangat baik untuk menjaga persatuan dan kesatuan," kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Peradi Juniver Girsang di Jakarta, Rabu (19/7).
 
Juniver mengatakan Perppu tentang Ormas itu sebagai janji awal Bangsa Indonesia sehingga perlu dilestarikan sesuai Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.
 
Juniver menuturkan Perppu itu mengatur ormas yang tidak sesuai Pancasila dan UUD 1945 untuk diberikan sanksi.
 
Pengacara senior itu menegaskan Perppu Ormas tersebut tidak mencirikan pemerintah yang otoriter dengan membatasi hak seseorang untuk berserikat atau berkumpul.
 
Namun Juniver mengungkapkan Perppu Ormas masih memberikan kesempatan kepada seluruh pihak yang keberatan dengan mengajukan uji materi ke Mahkamah Konstitusi (MK) atau Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).
 
Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin membantah pandangan sejumlah kalangan terkait penerbitan Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ormas yang dianggap anti-Islam.
 
"Saya kira bukan anti-Islam tapi Perppu-nya mengatur ormas yang anti-Pancasila," tutur Ma'ruf. (ant).
 
Share
Berita Terkait
  • kemarin

    Pejabat Siak Ingatkan Warga Jangan Abaikan Protokol Kesehatan Selama Masa Covid-19

    RIAUONE.COM,SIAK- Masih banyak temuan di lapangan masyarakat tidak menerapkan protokol k

  • 13 jam lalu

    Pertamina Gas Anggarkan Rp135 Miliar untuk Proyek Pipa Gas BOB PT BSP Pertamina Hulu

    NASIONAL, RIAU, - Pertagas baru-baru ini menganggarkan investasi US$ 9,7 juta atau Rp135 miliar untuk pembangunan proyek pipa gas di BOB Siak Pusako, di Kabupaten Siak, Riau.&nb

  • 13 jam lalu

    Kecil, Nilai Paket Sembako yang diserahkan BOB PT BSP Pertamina Hulu ke Pemkab Untuk Warga Terdampak Covid 19 Hanya Rp300 Ribu?

    RIAU, SIAK, - Sekitar Jumat (3/7/2020) Badan Operasional Bersama (BOB) PT Bumi Siak Pusako (BSP) Pertamina Hulu menyerahkan bantuan berupa 100 paket Sembako yang diperuntukkan b

  • 14 jam lalu

    Legislator Riau Hj Farida Sa'ad Reses di Gajah Sakti

    DURI-APBD 2020 sekitar 10.2 triliun saat ini digunakan Pemerintah Provinsi Riau 50 persen untuk penanggulangan Covid-19.Agenda yang direncanakan progres pembangunan ini masih be

  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.