• Home
  • Kilas Global
  • Sebanyak 3 Miliar Warga China Akan Mudik untuk Rayakan Tahun Baru Imlek
Sabtu, 11 Januari 2020 12:12:00

Sebanyak 3 Miliar Warga China Akan Mudik untuk Rayakan Tahun Baru Imlek

DUNIA, BEIJING, - Tahun baru Imlek akan jatuh pada 25 Januari 2020. Di China, perayaan Imlek identik dengan mudik atau pulang kampung.

Tak tanggung-tanggung, diperkirakan 3 miliar warga China akan mudik atau berpergian dari 10 Januari sampai 18 Februari 2020, naik tipis dibandingkan Imlek tahun lalu.

Sebagian besar akan berpergian menggunakan transportasi umum. Kondisi ini akan membuat otoritas dan operator transportasi sangat sibuk melayani penumpang.

Juru bicara Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional, Zhao Chenxin, seperti dikutip dari Xinhua, Ahad (11/1/2020), mengatakan, diperkirakan akan ada sekitar 440 juta perjalanan hanya menggunakan kereta saja, naik 8 persen dibandingkan pada 2019. Penerbangan udara naik 8,4 persen dan jalur air naik 9,6 persen.

Menurut dia, naiknya pengguna kereta karena dipicu bertambahnya jalur operasional kereta cepat.

Imlek kali ini jatuh pada 25 Januari, lebih awal dibandingkan tahun lalu, sehingga memberikan tantangan lebih besar bagi sistem transportasi. Pasalnya, arus balik akan bersamaan dengan kembalinya mahasiswa.

Badan Penerbangan Sipil China menjanjikan kemampuan transportasi lebih besar untuk menghadapi tekanan lalu lintas udara, dengan jadwal 17.000 penerbangan setiap hari, naik 13,3 persen.

Wakil Manajer Umum China State Railway Group Li Wenxin mengatakan, untuk memenuhi permintaan perjalanan yang meningkat, total 5.275 layanan kereta dua arah dijadwalkan setiap hari sebelum Imlek, naik 7,7 persen dan merupakan rekor tertinggi.

Selama periode puncak, sebanyak 157,5 rangkaian kereta berkecepatan tinggi tambahan akan dioperasikan setiap malam, 52 rangkaian lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya.

Sebanyak 1.020 stasiun di seluruh China diperkirakan akan mengadopsi sistem e-ticket yang memungkinkan penumpang bisa naik kereta menggunakan kartu identitas yang valid atau kode QR, sehingga dapat mengurangi kepadatan penumpang selama arus mudik.

Selain itu sekitar 790.000 bus dan 19.000 kapal akan dioperasikan selama periode tersebut.

Sejumlah departemen terkait di seluruh China akan meningkatkan kontrol keamanan dan pencegahan penyakit menular guna menjamin keselamatan para pemudik Imlek tahun ini. (iN/net).

Share
Berita Terkait
  • 2 tahun lalu

    China Perintahkan toko untuk menghapus simbol Islam dan Arab sebagai identitas agama

    Politik Penghapusan Identitas Islam di Cina Berlanjut

    LUARNEGERI, BEIJING - Pemerintahan Cina terus memerintahkan toko untuk menghapus simbol Islam dan Arab sebagai identi

  • 2 tahun lalu

    Dubes Cina Kunjungi Muhammadiyah dan Jelaskan Kondisi Uighur Saat ini Baik?

    NASIONAL, - Duta Besar Cina untuk Indonesia Xiao Qian bertemu dengan Ketua Umum Muhammadiyah Haedar Nashir, Jumat (28/12). Xiao Qian menyambangi Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah

  • 2 tahun lalu

    Ribuan Demonstran Pro-Uyghur Shalat di Depan Kedubes China

    Demonstran menentang penindasan otoritas Cina terhadap minoritas Uighur.

    DUNIA, - Ribuan demonstran dukung Uighur melaksanakan ibadah shalat ashar berjamaah di depan Gedun

  • 6 tahun lalu

    Bupati Rohil Hadiri Perayaan Tahun Baru Imlek 2566

    RIAUONE.COM, ROHIL, ROC, - Kota Bagansiapiapi meriah menyambut Tahun Baru Imlek 2566. Prosesinya dihadiri langsung Bupati Rohil Suyatno.
     
    Bup
  • Komentar
    Copyright © 2012 - 2021 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.