• Home
  • Kilas Global
  • Sekarang, Pemerintah Boleh Bongkar Data Rekening Nasabah Perbankan
Senin, 22 Mei 2017 19:24:00

Sekarang, Pemerintah Boleh Bongkar Data Rekening Nasabah Perbankan

NUSANTARA, -- Pemerintah akan melaksanakan sistem keterbukaan dan akses pertukaran informasi (Automatic Exchange of Information/AEoI) terhadap data keuangan nasabah perbankan, baik dalam maupun luar negeri untuk kepentingan pemeriksaan perpajakan yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu). 

Dengan pelaksanaan sistem AEoI tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa DJP akan memiliki wewenang untuk membuka data keuangan nasabah dengan batas saldo atau nilai rekening sebesar US$250 ribu atau setara Rp3,32 miliar. 
 
"Dari sisi peraturan internasional, batas saldo yang wajib dilaporkan adalah US$250 ribu. Maka, kami gunakan konteks batas saldo itu harus dilaporkan, harus sesuai dengan aturan internasional," kata Sri Mulyani, kemarin (19/5). 
 
Namun, batas saldo tersebut merupakan batasan nilai rekening yang disepakati dalam perjanjian internasional bila antar negara yang menganut sistem AEoI ingin saling bertukar data keuangan nasabah perbankan. 
 
Sedangkan, untuk batas saldo bagi nasabah perbankan dalam negeri, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, ada batasan saldonya tersendiri. Sayangnya, Darmin belum ingin membagi informasi terkait batas saldo untuk nasabah perbankan domestik tersebut. 
 
"Nanti dikeluarkan lebih dulu aturan pelaksanaannya. Pasti ada batasannya tapi nanti saja kalau aturan pelaksanaannya dibuat," kata Darmin, Jumat (19/5). 
 
Sementara, berdasarkan informasi yang didapat CNNIndonesia.com, disebutkan bahwa data batasan saldo nasabah perbankan domestik yang wajib dilaporkan secara otomatis oleh lembaga jasa keuangan, baik perbankan maupun perasuransian sebesar Rp500 juta.  (*).
Share
Berita Terkait
  • 10 jam lalu

    Alfedri : Alhamdulillah Curva Kasus PDP Covid-19 di Siak Menurun

    RIAUONE.COM,SIAK- Selama 13 hari pemberlakuan PSBB di Kabupaten Siak sejak 15 Mei 2020 l

  • kemarin

    Plh. Bupati Ikuti Silaturrahmi Idul Fitri Online Dengan Gubri dan Bupati/Walikota Se-Riau

    BENGKALIS, - Meskipun ditengah pandemi Covid-19, bukan menjadi penghalang bagi kita untuk tetap bersilaturahmi antar sesama. Dengan memanfaatkan teknologi yang ada. 

  • kemarin

    GeTS helps GEODIS to simplify cross-border trade declarations and Customs connectivity through CALISTA

    SINGAPORE - 26 May 2020 - Global eTrade Services (GeTS), a global trade platform company, announced the onboarding of GEODIS Regional HQ -- Asia Pacific (GEODIS), a global suppl

  • kemarin

    Bupati Kerinci Lepas Kepulangan Pasien Covid19 02 Sembuh

    JAMBI, KERINCI, -  Bapak Ngajito (53 thn)  pasien positif Covid 19 asal Desa Tangkil,  Kec. Gunung Tujuh,  kabupaten Kerinci Propinsi Jambi yang sudah dirawa

  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.