• Home
  • Kilas Global
  • Sekitar Tahun Baru, Warga Banda Aceh Dilarang Rayakan Malam Tahun Baru, Tak Sesuai Syariat Islam
Rabu, 30 Desember 2020 22:15:00

Sekitar Tahun Baru, Warga Banda Aceh Dilarang Rayakan Malam Tahun Baru, Tak Sesuai Syariat Islam

JAZIRAH, - Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Banda Aceh, Aceh, mengeluarkan seruan bersama yang berisi larangan perayaan malam tahun baru 2021. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, larangan ini dilakukan karena perayaan malam pergantian tahun dinilai tidak sesuai dengan syariat Islam dan adat istiadat Aceh.

"Kepada warga kota Banda Aceh agar pada malam pergantian Tahun Baru Masehi 1 Januari 2021, tidak melakukan perayaan apapun seperti pesta kembang api. mercon/petasan, meniup terompet, balap-balapan kendaraan dan permainan/kegiatan hura hura lainnya yang tidak bermanfaat serta bertentangan dengan syariat Islam dan adat istiadat Aceh," demikian bunyi poin pertama seruan bersama itu seperti dilihat acehkini, Rabu (30/12).

Di poin lainnya, masyarakat juga dilarang memperjualbelikan terompet, petasan, dan sejenisnya. "Dilarang melakukan kegiatan yang menimbulkan kerumunan massa dan senantiasa melaksanakan protokol kesehatan (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak)," bunyi poin ketiga dalam seruan bersama itu.

Selain itu, Forkopimda Banda Aceh juga mengajak untuk memperkokoh kesatuan dan persatuan serta kerukunan umat beragama guna memelihara perdamaian, keamanan dan, ketertiban di dalam kehidupan masyarakat.

"Mari kita bersama meningkatkan kepedulian dalam menegakkan syariat Islam dengan tidak melakukan berbagai kegiatan yang melanggar peraturan perundang-undangan dan qanun syariat Islam, serta menjaga jati diri warga kota Banda Aceh yang gemilang dalam bingkai syariah," demikian bunyi pada poin lima.

Kepala Bagian Humas Pemko Banda Aceh, Said Fauzan, membenarkan seruan bersama itu. Menurutnya, untuk menegakkan penerapan poin dalam seruan itu, petugas akan melakukan razia saat malam pergantian tahun. "Ada (razia) seperti tahun-tahun sebelumnya," katanya, kepada acehkini. (*).

Share
Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Walikota Sungai Penuh Keluarkan Surat Edaran Peniadaan Kegiatan Tahun Baru

    JAMBI, SUNGAIPENUH, - Walikota Sungai Penuh Asafri Jaya Bakri dengan resemi mengeluarkan surat edaran (SE) walikota yang ditandatangani oleh Wakil Walikota Drs. H. Zulhelmi, S H

  • tahun lalu

    Sebanyak 3 Miliar Warga China Akan Mudik untuk Rayakan Tahun Baru Imlek

    DUNIA, BEIJING, - Tahun baru Imlek akan jatuh pada 25 Januari 2020. Di China, perayaan Imlek identik dengan mudik atau pulang kampung.

    Tak tanggung-tanggung, diperkirakan

  • 2 tahun lalu

    Tak ada Perayaan Tahun Baru di Tanah Suci Makkah


    Oleh: Uttiek M Panji Astuti, Penulis Buku dan Traveller dari Madinah

    Karena selalu pergi di akhir tahun, saya beberapa kali melewati pergantian tahun di Tanah S

  • 2 tahun lalu

    Majelis Ulama Indonesia Serukan kaum Muslimin Sambut Tahun Baru dengan penuh keimanan

    NASIONAL, -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyerukan kepada kaum Muslimin agar menyambut Tahun Baru Islam 1440 Hijriah dengan penuh keimanan, ketakwaan dan keikhlasan sert
  • Komentar
    Copyright © 2012 - 2021 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.