• Home
  • Kilas Global
  • Selain Sebagai Obyek Wisata Teraphy, Hutan Wisata Air Panas Sebagai Tempat Mandi Warga Di Musim Kemarau
Selasa, 20 Agustus 2019 17:58:00

Selain Sebagai Obyek Wisata Teraphy, Hutan Wisata Air Panas Sebagai Tempat Mandi Warga Di Musim Kemarau

SURYA PATRIANTO

ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Hutan Wisata Air Panas selain sebagai tempat obyek wisata dan teraphy juga dimanfaatkan oleh Warga Desa Airpanas Kecamatan Pendalian IV Koto, Rokan hulu sebagai tempat mandi pada musim kemarau.

Dalam pantauan wartawan Riauone.com di lokasi Hutan Wisata Air Panas pada pukul 4:30 WIB Selasa (20/8/2019) sudah banyak warga berdatangan Ke lokasi tersebut untuk mandi dan berendam, kebanyakan yang datang pada dini hari yaitu para Lanjut Usia (Lansia).

Aktivitas Kedatangan pengunjung ke Hutan Wisata Air panas itu tak ada hentinya hingga pada malam hari sampai sekitar pukul 20:30 WIB  adapun yang datang kesana dengan berbagai tujuan baik yang berwisata untuk melihat 7 titik sumber mata air panas dan rimbunnya pepohonan, juga tak sedikit pengunjung melakukan Teraphy disana dan juga sebagai tempat mandi bagi warga desa Air Panas yang mengalami kekeringan sumurnya.

Terlihat pada pagi hari dan juga sore hari banyak yang berendam di kolam yang dibuat oleh sukarelawan dengan menggunakan dana dari Swadaya masyarakat Desa Air Panas juga didapat dari hasil pungutan uang parkiran yang dikumpulkan untuk membersihkan lahan yang luasnya sekitar 2,7 Hektar are.

Diperkirakan pada saat sekarang jumlah pengunjung rata rata dalam setiap harinya mencapai ratusan orang yang datang ke Hutan Wisata Air panas.

H. Priyo (75) warga RW 05 Desa Air Panas bersama istrinya yang sedang menderita penyakit Stroke sebelum adzan subuh berkumandang, mereka sudah sampai ke lokasi Hutan air panas untuk melakukan Teraphy dengan mandi berendam di Kolam Air Panas.

Begitu juga Sutrisni (34) Warga RW 05 Desa Airpanas bersama keluarganya tiap pagi dan Sore mereka selalu memanfaatkan Hutan wisata air panas untuk mandi dan berendam disana, walaupun jarak antara Rumah dengan Hutan Wisata Air panas  sekitar 1,7 Kilo meter, namun mereka tetap ditempuhnya dengan menggunakan sepeda motor.

Dari pantauan wartawan Riauone.com kebanyakan sumur warga Desa Airpanas mengalami kekeringan pada saat curah hujan berkurang apalagi musim kemarau, sehingga setelah dibukanya Obyek hutan Wisata Air panas sangat membantu bagi warga desa Airpanas untuk digunakan sebagai tempat mandi bagi warga desa Airpanas dan sekitarnya.

Seperti yang dialami Supardi (45) warga RW. 02 Desa Airpanas yang Sumurnya mengalami kekeringan sehingga setiap hari mandi di tempat wisata hutan Air panas, dan pulangnya membawa air yang dimasukan ke jerigen untuk mandi pagi anak anaknya di rumah.

Menurut Joni (56) Tokoh pemuda Desa Airpanas yang juga sebagai koordinator sukarelawan Hutan wisata Air Panas, mengatakan bahwa rata rata pengunjung dari laur desa mencapai ratusan orang dan juga ratusan orang warga desa Airpanas, baik yang melakukan Teraphy maupun yang hanya sekedar mandi.

Nurwiyoto (66) tokoh masyarakat, yang juga setiap harinya selalu standby di Hutan wisata Air panas sebagai pengelola Parkiran dan penggalangan dana untuk kebutuhan perawatan dan pembangunan Obyek hutan wisata air panas.

"Setelah dibukanya Obyek hutan wisata air panas ini sangat membantu bagi warga desa Airpanas yang mengalami kekeringan sumur dirumahnya, untuk mandi disini" Jelas Nurwiyoto.

Nurwiyoto meminta "Harapan kami bagi para sukarelawan agar segera pemerintah turun untuk membangun Lokasi hutan wisata air panas ini, dikarenakan adanya obyek wisata ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, dan juga sebagai sarana mandi warga desa yang mengalami kekeringan sumber mata air sumurnya".***(SUR)

Share
Loading...
Berita Terkait
  • kemarin

    Aksi Demo Ratusan Mahasiswa UPP Ke Kantor Bupati Rohul Dan DPRD Menuntut Penanganan Asap

    ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Aksi demo Mahasiswa Universitas Pasir Pangaraian (UPP) Rokan Hulu, didepan Kantor Bupati Rokan hulu menuntut penanganan, pencegahan dan penanggulangan

  • 5 hari lalu

    Bupati H. Sukiman Merasa Bangga Atas Kemajuan Destinasi Hutan Wisata Air Panas

    ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Bupati Rokan hulu (Rohul) H. Sukiman bersama rombongan mengunjungi Destinasi Hutan wisata air panas Desa Airpanas Kecamatan Pendalaian IV Koto, Minggu

  • 6 hari lalu

    Kabut Asap Membahayakan Pernafasan, Babinsa Dan Anggota Polsek Rokan IV Koto Bagikan Masker

    ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Sertu Arnizam Babinsa Koramil 13/Rokan IV Koto, Kodim 0313 KPR, Peduli dengan kesehatan masyarakat atas tercemarnya udara Akibat Karhutla yang dapat me

  • 2 minggu lalu

    Kadis Dikpora Rohul Sebarkan Surat Edaran Liburkan Siswa Karena Kondisi Kabut Asap Semakin Mengganggu Pernafasan

    ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga (Kadis Dikpora) Kabupaten Rokan Hulu Drs H. Ibnu Ulya M.Si Menyebarkan Surat edaran untuk meliburkan sisw

  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2019 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.