• Home
  • Kilas Global
  • Siapa sih Carlos Ghosn, Bos Nissan yang Ditangkap Pihak Berwajip Jepang
Selasa, 20 November 2018 07:25:00

Siapa sih Carlos Ghosn, Bos Nissan yang Ditangkap Pihak Berwajip Jepang


DUNIA, - Chairman Nissan Carlos Ghosn akhirnya ditanggkap oleh pihak berwajib Jepang karena diduga melakukan penyelewengan keuangan. Ghosn dituduh melakukan hal tersebut selama bertahun-tahun.

Siapa sebenarnya Ghosn yang merupakan figur penting dibalik kebangkitan Nissan di awal tahun 2000?

Kesuksesan Ghosn menukangi Nissan tersebut membuat dirinya sempat mendapatkan status sebagai hingga kehidupannya diserialkan di salah satu buku komik kartun terkenal Jepang.

Ghosn merupakan keturunan Lebanon yang lahin di Brasil dan tercatat sebagai warga negara Perancis. Ia sempat mengutarakan karena latar belakangnya tersebut, dia merasa berbeda dan membantunya beradaptasi dengan budaya baru.

Di Prancis ia dikenal sebagai Le Cost Killer, komentar tentang pemotongan mendalam yang ia lakukan untuk menghidupkan dan membangkitkan kembali Renault.

Ghosn juga pernah dinominasikan sebagai calon presiden Libanon, namun akhirnya tak terwujud karena dia sudah memiliki "terlalu banyak pekerjaan".

Dalam sebuah jajak pendapat yang diselenggarakan pada 2011 nama Ghosn berada di peringkat ketujuh yang diingginkan orang-orang Jepang ingin menjadi pemimpin mereka. Perinhgkat tersebut berada di atas Barack Obama yang menempati posisi ke sembilan.

Ghosn juga merupakan Chairman dan CEO dari Renault - Nissan-Mitsubishi Alliance, kemitraan strategis yang memadukan Nissan, Mitsubishi dan Renault melalui perjanjian lintas kepemilikan saham yang unik.

Ghosn juga tercatat sebagai Bos di Renault, dimana Pemerinrah Prancis memiliki 15% saham di perusahaan otomotif tersebut. Renault memegang saham 43,4% di Nissan. Presiden Prancis Emmanuel Macron sempat mengatakan negara itu akan bekerja untuk menjaga stabilitas Renault dan aliansinya dengan Nissan.

"Sebagai pemegang saham ... bagaimanapun, pemerintah Perancis akan tetap sangat waspada mengenai stabilitas aliansi, kelompok (Renault) dan ... karyawannya, yang mendapat dukungan penuh dari negara."

Mr Ghosn telah menjadi titan industri motor selama hampir 20 tahun. Dia bertanggung jawab atas perubahan dramatis di Nissan pada awal 2000-an ketika perusahaan mobil berada di ambang kebangkrutan.

Ghosn dijuluki "pembunuh bayaran" pada 1990-an karena memotong pekerjaan dan menutup pabrik, reputasinya dipateri setelah strateginya berhasil.

Ghosn memulai karirnya di Michelin di Perancis, pindah ke Renault. Dia bergabung dengan Nissan pada 1999 setelah Renault membeli saham pengendali dan menjadi chief executive pada 2001. Mr Ghosn tetap di pos itu sampai tahun lalu.

Skandal itu terjadi hanya beberapa bulan setelah paket gaji 7,7 juta euro Ghosn dari Renault untuk tahun lalu disetujui pemegang saham. (cnbc/ind/net/*).

Share
Berita Terkait
  • 2 tahun lalu

    Gilee, Waw! Gaji Bos Nissan di tahun 2016 Rp11 Miliar Per Bulan?

    YOKOHAMA - Pertemuan tahunan Nissan di Yokohama, Jepang, sekitar bulan Juli 2016 yang lalau, mengungkap, pendapatan CEO perusahaan, Carlos Ghosn, tahun itu mencapai 1,07 miliar

  • 2 tahun lalu

    Chairman Nissan Ditangkap, Manipulasi Keuangan Bertahun-tahun

    DUNIA, - Chariman Nissan Carlos Ghosn akhirnya ditahan karena diduga melakuakan tindak pidana keuangan berdasarkan hukum Jepang. Ghosn dan direktur perseroan Greg Kelly diduga s

  • 3 tahun lalu

    Nissan and Mitsubishi Motors Team Up on Spare Parts Warehousing in Japan's Kanto Region

    Companies also join forces on delivery for increased synergies
     
    TOKYO, Apr 24, 2018 - (JCN Newswire) - Nissan Motor Co., Ltd. and Mitsub
  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.