Senin, 21 Oktober 2019 08:00:00

TK Islam Tahfidz Baiti Jannati Taja Seminar Parenting Islami

PEKANBARU, - TK Tahfiz Baiti Jannati Pekanbaru sukses mengadakan seminar parenting islami pada Ahad 20 Oktober 2019. Acara yang berlangsung di gedung sekolah TK Islam Tahfidz Baiti Jannati Jalan Todak Ujung Pekanbaru tersebut mengangkat tema "Menjadi Orang Tua Hebat Untuk Anak Dahsyat". 

Hadir sebagai pembicara dalam kegiatan ini adalah dr. Evi Kamelia, Sp.A dan juga ibu Aida Malikha, S.Psi, M.si  sebagai pembicara kedua. 

Dalam penyampaian nya dr. Evi menekankan bahwa pengasuhan anak dimulai sejak orang tua mencari pasangannya, sikap ibu saat sedang hamil, sampai pengasuhan anak ketika sudah lahir hingga beranjak dewasa. 

"Jadi cara2 orang tua bertemu, kemudian menjaga kehamilan, sampai merawat anak harus dilakukan dengan tuntunan yg benar sesuai dgn ajaran islam, krn ini memiliki pengaruh terhadap tumbuh kembang anak," ujar beliau. 

Lebih lanjut dokter yg bertugas di RS Petala Bumi dan RS Syafira ini menyampaikan pentingnya memperhatikan kesehatan anak dalam tumbuh kembangnya. 

"Makanan yang diberikan harus lah yang halal dan baik," tambah beliau. Sementara ibu Aida Malikha dalam penyampaiannya lebih menekankan kepada aspek psikologis semisal pola interaksi anak dgn orang tua, pentingnya komunikasi nyaman dengan anak, serta kembali mengarahkan aspek religius dalam mengasuh anak. 

"Setiap anak itu unik, yg satu beda dengan yg  lain, untuk itu orang tua harus memahami karakter anak dengan mengembangkan komunikasi yang baik, pendampingan sepanjang waktu, serta mengapresiasi setiap capaian anak" ujar beliau. 

Pembicara yg juga merupakan dirut Humanika Pshicology Center dan pegiat Rumah Keluarga Indonesia ini menambahkan pentingnya sinergisitas antar ayah dan ibu dan menerapkan pola komunikasi positif di lingkungan keluarga. "Anak2 itu terlahir suci, orang tua lah yg menentukan arah mereka" tambah beliau.

Dalam kegiatan ini, tampak para peserta sangat antusias mendengarkan materi dari pembicara. Selain itu mereka juga aktif berdiskusi terkait cara-cara mengasuh anak dalam hal kesehatan fisik dan juga perkembangan psikis. 

"Materinya sangat menarik, banyak ilmu baru yang saya dapatkan sebagai orang tua, saya mengharapkan kegiatan seperti seminar parenting ini rutin dilaksanakan, " ujar Anisya, salah satu peserta.

Kegiatan ini diikuti oleh puluhan peserta dengan berbagai latar belakang berbeda. Mulai dari mahasiswa, ibu rumah tangga, guru, hingga dosen. Sirajuddin,S.Pd selaku kepala sekolah dan penanggung jawab acara mengatakan bahwa kegiatan seminar ini bertujuan untuk menguatkan silaturrahim antar pihak sekolah dan masyarakat, selain itu juga bertujuan sebagai sarana promosi sekolah dan tentunya fasilitator majelis ilmu untuk peserta. 

"Kegiatan ini tidak hanya sekedar berhenti disini, kedepan kita ingin mengadakan kelas-kelas rutin  untuk para ibu membahas berbagai hal tentang parenting dan keluarga. Kita berharap kegiatan ini dapat bermanfaat dan sekolah juga berperan dalam masyarakat, semoga dari agenda-agenda keilmuan seperti ini kita dapat mencetak generasi kuat secara fisik dan karakter serta keagamaanya", ujar Sirajuddin. (*).

Share
Loading...
Berita Terkait
Komentar

Copyright © 2012 - 2019 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.