• Home
  • Kilas Global
  • Usus Bayi yang Lahir Normal dan Caesar Ternyata Berbeda? Berikut Penjelasan-nya
Selasa, 10 September 2019 15:04:00

Usus Bayi yang Lahir Normal dan Caesar Ternyata Berbeda? Berikut Penjelasan-nya

KESEHATAN, - Bagaimana cara bayi dilahirkan ternyata memainkan peran penting dalam perkembangan susunan bakteri di dalam usus yang dapat mempengaruhi kesehatan pencernaan dan pernapasan mereka, terutama selama tahun pertama kehidupan bayi.

Sebuah penelitian terhadap 120 bayi di Eropa mengungkapkan bahwa anak-anak yang dilahirkan melalui operasi caesar memiliki keterlambatan dalam perkembangan susunan mikrobioma usus --kumpulan mikroorganisme kompleks yang hidup di saluran pencernaan-- dan lebih banyak mempunyai bakteri yang berpotensi berbahaya, dibandingkan dengan bayi yang lahir secara normal.

Perbedaan susunan mikrobioma ini pula yang diduga membuat bayi yang lahir dengan jalan operasi caesar lebih rentan mengalami infeksi pencernaan dan pernapasan. Marta Reyman, dokter dari Rumah Sakit Anak Wilhelmina di Utrecht, Belanda, yang turut berpartisipasi dalam penelitian ini mengatakan, “Dibandingkan dengan bayi yang dilahirkan secara normal, anak-anak yang lahir dengan bedah caesar memiliki lintasan yang berbeda dari kolonisasi bakteri, yang dapat berimplikasi pada kesehatan pernapasan di masa depan.”

Ada lebih dari 1.000 jenis bakteri hidup di usus, masing-masing mempunyai peran penting dalam kesehatan kita, misalnya membantu mencerna makanan, merangsang pengembangan sistem kekebalan tubuh, dan melindungi tubuh dari infeksi. Dan gangguan perkembangan normal mikrobioma usus telah dikaitkan dengan berbagai penyakit termasuk penyakit usus, asma, alergi, dan kanker.

Namun setelah lahir, bayi perlahan-lahan membangun sistem kekebalan tubuh mereka sampai keadaan yang relatif stabil tercapai. Sehingga perbedaan susunan mikrobioma usus pada bayi yang lahir dengan cara normal dan bayi yang lahir melalui operasi caesar akan berkurang seiring bertambahnya usia mereka. (*).

Share
Loading...
Berita Terkait
  • 3 tahun lalu

    Bayi Usus Diluar Sudah Selesai Jalani Dioperasi RSUD Arifien Achmad

    PEKANBARU, - Bayi asal Indragiri Hilir dengan usus di luar sudah menjalani operasi. Hal itu disampaikan oleh Humas RSUD Arifien Achmad, Masriyah Jum'at (13/1/17).
  • 3 tahun lalu

    Bayi Laki-laki di Inhil Riau ini Lahir dengan Usus di luar

    RIAUONE.COM, TEMBILAHAN HULU - Seorang bayi laki-laki asal Kelurahan Tembilahan Hulu, Kecamatan Tembilahan Hulu, lahir dengan usus berada di luar, Selasa (3/1/2017).
  • 3 tahun lalu

    Meninggal Dunia, Bayi Usus di Luar Perut Dimakamkan di Meranti

    SELATPANJANG, RIAU, - Fajar, bayi umur satu bulan yang lahir dengan usus berada diluar perut, asal Desa Lukun, Kepulauan Meranti, akhirnya meninggal dunia di RSUD Arifin Ac
  • 3 tahun lalu

    Setelah Bengkalis, kini Bayi Dengan Usus di Luar Terjadi di Inhil Riau

    RIAUONE.COM, TEMBILAHAN - Beberapa hari kemarin kasus serupa terjadi di Bengkalis, anak dari pasangan Firnando dan Rina, warga Desa Sungai Pakning, Asal Kecamatan Buki
  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2019 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.