Jumat, 28 Februari 2020 11:15:00

Wabah Corona, Iran Tiadakan Shalat Jumat

DUNIA, IRAN, - Pemerintah Iran mengambil langkah-langkah pencegahan menyusul penyebaran virus corona (COVID-19) yang masif di negara tersebut. Salah satu langkahnya adalah meniadakan salat Jumat pekan ini.

Diberitakan Reuters, Jumat (28/2), angka kematian akibat virus corona di Iran telah mencapai 26 orang, sementara jumlah penderita berada di angka 245 orang.

Di antara yang tertular COVID-19 adalah para pejabat, di antaranya wakil presiden untuk perempuan dan urusan keluarga Iran Masoumen Ebtekar dan Wakil Menteri Menteri Kesehatan Iraj Harirchi.

Peniadaan salat Jumat dilakukan agar masyarakat tidak berkumpul di satu ruangan dalam satu waktu. Langkah ini diumumkan oleh pemerintah 23 kota di 31 provinsi Iran, termasuk di antaranya ibu kota Teheran dan kota suci Syiah, Qom.

Selain itu, Iran juga melarang warga China masuk ke negara mereka. Warga Iran juga diimbau untuk tidak bepergian dulu, baik di dalam maupun ke luar negeri.

Peningkatan jumlah penderita dan angka kematian di Iran sangat pesat, padahal kasus pertama baru tercatat pada 19 Februari lalu.

"Dalam 24 jam terakhir, kami mengkonfirmasi ada 106 kasus baru. Angka kematian mencapai 26 orang," kata juru bicara Kementerian Kesehatan Iran, Kianush Jahanpur.

Menteri Kesehatan Iran Saeed Namaki mengatakan ada larangan baru di Qom dan Mashhad, kota suci umat Syiah. Dalam larangan itu, peziarah di situs-situs suci diharapkan segera keluar setelah beribadah.

"Dilarang berkumpul di dalam situs-situs," kata Namaki.

Presiden Hassan Rouhani mengatakan pada Rabu lalu bahwa Iran tidak akan melakukan karantina dan isolasi terhadap kota-kota dengan penderita virus corona. Namun pemerintah Rouhani telah membatalkan beberapa turnamen olahraga, pagelaran budaya, dan konferensi dalam beberapa pekan ke depan. (*).

Share
Berita Terkait
  • kemarin

    Sebarkan Indentitas Pasien Covid-19 Bisa Berujung Terjerat Hukum

    ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Untuk menjaga ketenangan umum, juga mengurangi beban mental da

  • 3 hari lalu

    Update: 1 Orang Positif Virus Corona Di Rohul, 2.176 Orang ODP Dan 4 Orang Status PDP

    ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Pasien positif terinfeksi virus corona di kabupaten Rokan Hulu (Rohul) 1 Orang, sedangkan Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 2.176 Orang, Pasien Da

  • 3 hari lalu

    Menteri Luhut Sebut Virus Corona Tak Kuat dengan Cuaca Indonesia

    NASIONAL, - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa Virus Corona alias COVID-19 diperkirakan tidak kuat dengan kondisi cuac

  • 4 hari lalu

    TNI, POLRI, UPIKA Dan Puskesmas Pendalian Lakukan Penyemprotan Massal Dalam Upaya Pencegahan Covid-19

    ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Menindaklanjuti surat edaran yang ditanda tangani oleh Bupati H. Sukiman pada tanggal 9 Maret 2020, ditujukan kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten R

  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.