Jumat, 15 Juni 2018 01:16:00

Ziarah Kubur Habis Lebaran Bidah? Ini Kata Ustaz Abdul Somad

Loading...

RIAUONE.COM, PEKANBARU- Sebagian umat Islam di Indonesia gemar melaksanakan ziarah kubur sebelum ramadhan juga lebaran. Karena tradisi ini kerap dilaksanakan pada waktu tertentu, sehingga ada pula yang ragu akan dalilnya. 

 

Seperti yang ditanya seorang jamaah kepada Ustaz Abdul Somad (UAS). Apa hukumnya ziarah kubur ramadhan atau lebaran?" tanyanya seperti dalam video @UASTV.

 

Mendapat pertanyaan itu, Ustaz Abdul Somad sampaikan bahwa ziarah kubur bukannya tidak ada waktu khusus. "Ziarah tak ada waktunya. Mau hari raya, sebelum hari raya, atau sesudah hari raya," kata dosen hadis di UIN Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau. 

 

UAS pun sebut penyebab banyak yang berziarah pada hari raya Idul Fitri. "Kenapa banyak yang ziarah sewaktu hari raya? Karena libur balik kampung, cuit. Itu saja alasannya," tambahnya. 

 

"Saya sudah buat dibuku 30 fatwa seputar ramadhan. Download di internet. Sudah ditulis, kemana saja selama ini. Lalu amalan yang sampai ke orang tua baca doa, tahlil, baca Alquran, dan bersedekah," jelasnya. 

 

Jika masih penasaran ada banyak tanya jawab menarik bersama Ustaz Abdul Somad di instagram atau youtube. Hanya saja ditonton sampai usai agar tidak terjadi salah paham. 

 

Share
Loading...
Komentar

Copyright © 2012 - 2018 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.