• Home
  • Kilas Global
  • Dari 11,9 juta Hektar Lahan Sawit, Baru 16,7% Bersertifikat ISPO
Sabtu, 02 September 2017 14:54:00

Dari 11,9 juta Hektar Lahan Sawit, Baru 16,7% Bersertifikat ISPO

EKONOMI, - Dirjen Perkebunan Kementan, Bambang mengatakan dari 11,9 juta hektare lahan sawit di Indonesia,baru 16,7% yang sudah bersertifikat ISPO.
 
Untuk itu, diperlukankesungguhan dari pelaku perkebunan kelapa sawit dalam memenuhi program sertifikasi Indonesian Sustainable Palm Oil System (ISPO).
 
"Kami terus berupaya meningkatkan komitmen seluruh stakeholder perkelapasawitan nasional dalam mendukung ISPO. Langkah ini juga menjadi media penguatan pengembangan kelapa sawit berkelanjutan, dan membuat produk lebih acceptable, baik di dalam negeri maupun di pasar internasional," katanya dalam keterangan persnya di Jakarta beberapa waktu lalu.
 
Menurutnya, saat ini capaiansertifikasi ISPO baru 14% dan pihaknya menargetkanseluruh Stakeholder sudah bersertifikasiISPO semua agar tidak ada lagi yang mengatakan sawit Indonesia jelek.
 
Karena dengan sertifikasi ISPO, terangBambang, menjadilangkah Indonesia menghadapi tudingan-tudingan negatif yang dialamatkan kepada sawit Indonesia. Isu tersebut, yakni dari perusakan hutan hingga pelanggaran hak asasi manusia.
 
"Para pelaku usaha dan Sekretariat ISPO diharapkan terus melakukan percepatan proses sertifikasi ISPO. Untuk percepatan kita terus membuka diri kepada perusahaan yang ingin memberikan pengabdian terhadap wacana sertifikasi," terangnya.
 
Bambang menambahkan, percepatan penerapan sertifikasi ISPO sangat penting. Hal ini mengingat hingga saat ini kelapa sawit masih menjadi komoditas emas perkebunan.
 
"Kelapa sawit ini sebagai sumber devisa memberikan kontribusi yang sangat besar untuk pembangunan nasional dan sawit juga menjadipenyedia lapangan kerja cukup banyak,"pungkasnya. (Cm/Imq/IND)
Share
Berita Terkait
  • 7 tahun lalu

    Dukungan dana BPDP, Pemerintah Siapkan Peremajaan 30.000 Hektar Lahan Sawit?

    NUSANTARA, - Pemerintah segera melakukan proyek awalan (pilot project) 'replanting' atau peremajaan 30.000 hektare lahan perkebunan kelapa sawit un
  • 7 tahun lalu

    Masyarakat Pertanyakan Lahan Sawit Program CPCL

    SIAK- Ketidakpuas masyarakat Merempan Hulu terhadap kebun kelapa sawit seluas 487 Ha yang dikelola oleh kelompok Tani Suka Maju menuai protes, pasalnya persoalan lahan ters
  • 8 tahun lalu

    Gubri Desak Kementerian Tutup Perusahaan Sawit Langgar Aturan

    PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melimpahkan sepenuhnya masalah 52 perusahaan sawit yang beroperasi di kawasan Taman Nasional Teso Nilo (TNTN) kepada kementer
  • 9 tahun lalu

    18 Ribu Hektare Kebun Kelapa Sawit di Rohil Harus Direvitalasi

    ROHIL, RIAU, - Produksi komoditas sawit di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) terus menurun. Karena itu, kalangan terkait menyerukan 18 ribu hektare kebun sawit di Rohil direvit
  • Komentar
    Copyright © 2012 - 2024 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.Jasa SEO SMM Panel Buy Instagram Verification Instagram Verified