Senin, 12 Februari 2018 14:00:00

Impor Beras? Produksi padi Sultra 2017 lebih 700 ton

Loading...
NASIONAL, - Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Sulawesi Tenggara menyebutkan produksi padi tahun 2017 di daerah itu mencapai 700 ribu ton gabah kering giling.
 
"Produksi itu hanya naik sedikit dari produksi padi 2016 yang mencapai 669 ribu ton gabah kering giling," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Sultra, Muhammad Nasir, di Kendari, Minggu.
 
Ia mengatakan, meskipun mengalami kenaikan produksi tetapi tidak signifikan karena persentase kenaikan tidak mencapai 1 persen.
 
"Salah satu penyebabnya karena dipengaruhi musim hujan yang terjadi mulai dari Januari sampai Mei sehingga mneyebabkan produksi gabah turun," katanya.
 
Meskipun peningkatan produksi padi tidak maksimal kata Nasir, tetapi sudah surplus atau melebihi dari kebutuhan konsumsi warga Sultra.
 
Ia mengatakan, luas tanam padi di Sultra saat ini mencapai 135 ribu hektare yang tersebar hampir diseluruh kabupaten kota.
 
"Hampir semua kabupaten kota di Sultra memproduksi padi, kecuali Kabupaten Wakatobi hanya bisa sebagian padi ladang," katanya.
 
Disebutkan, daerah yang merupakan sentra produksi utama padi di Sultra adalah Kabupaten Konawe, Konawe Selatan, Kolaka, Kolaka Timur, dan Bombana. (ant/*).
Share
Loading...
Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Menteri Perdaganggan Pastikan Impor Beras Tidak Rugikan Petani? Menurut Petani?

    Cirebon, - Menteri Perdaganggan, Enggartiasto Lukita mengatakan impor beras dipastikan tidak merugikan petani, karena nantinya Bulog akan menyerap gabah mereka ketika meman
  • 2 bulan lalu

    Impor-nya? Panen 400 Hektar di Sambas Siap Penuhi Cadangan Beras Pemerintah

    Sambas- Ketua Pelaksana Serapan Gabah Nasional, Agung Hendriadi, yang juga Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian melakukan kunjungan ke lokasi panen raya di D
  • 4 bulan lalu

    Ini Pemenang Tender Asuransi Pengangkutan Impor Beras

    NASIONAL, – Perusahaan Umum (Perum) Bulog telah menetapkan PT Estika Jasatama Insurance Brokers & Consultans sebagai pemenang tender asuransi pengangkutan impor b
  • 4 bulan lalu

    Penuhi Kebutuhan Industri Mamin, Kemendag Izinkan Impor Raw Sugar Sebanyak 1,8 Juta Ton

    NASIONAL,  - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menerbitkan izin impor raw sugar atau gula mentah sebanyak 1,8 juta ton untuk memenuhi kebutuhan industri makanan minum
  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2018 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.